Iklan Header

Bongkar Laptop HP ProBook 430/440/450G6, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

HP ProBook 430, 440, 450 G6, salah satu laptop atau notebook yang ditujukan untuk bisnis dengan harga mulai 11 jutaan keatas.

Untuk meningkatkan performa notebook ini ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM, Harddisk/SSD 2,5", dan SSD M.2.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Jika belum punya, mau beli obeng set dan tools kit, silahkan cek tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 7 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus.. Perhatian! Pada salah satu lubang skrup biasanya ada sticker label garansi.


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan HP ProBook 430 G6..


Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai HP ProBook 430 G6 Jika Ingin Diganti


Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan dua buah skrup yang menahan baterai di sisi atas dan bawah baterai obeng plus, lalu angkat baterainya.

Konektor baterai laptop ini tidak menggunakan socket yang harud si congkel dulu, jadi lebih simple..


Jika baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Spesifikasi baterai HP ProBook 440 G6:
  • Jenis: Li-Ion Battery
  • Model RE03XL
  • Regulatory Model Number: HSTNN-DB9A
  • Rating: 11.55V
  • Typical Capacity: 3900mAh/45Wh

Upgrade RAM DDR4 HP ProBook 430 G6


Laptop ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 8GB DDR4-2400 (tergantung model) yang menempati sebuah slot SoDIMM. Untuk menambah kapasitas RAM, HP menyediakan slot lainnya yang masih kosong.

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal membuka sejenis aluminium foil yang menutup slot RAM, dan silahkan pasang RAM untuk menambah kapasitas..


Upgrade RAM minimal 16GB cocok untuk multi tasking, editing video, ataupun gaming.

Ganti/Upgrade HDD/SSD 2,5"/SSD NVMe M.2 HP ProBook 430 G6


Untuk model yang paling murah dari HP ProBook 430 G6 ini masih menggunakan HDD yang bisa ada ganti dengan HDD kapasitas lebih besar atau dengan SSD 2.5" agar booting Windows dan menjalankan aplikasi lebih cepat.

Berhubung laptop kami sudah menggunakan storage SSD SATA3 M.2 bawaan, maka kami tambahkan SSD 2,5" saja..



Opsi lain jika laptop Anda masih menggunakan HDD (belum ada SSD SATA3/NVMe M.2 bawaan) dan ingin meningkatkan performa, ada baiknya tinggal tambah saja SSD NVMe di slot M.2 yang tersedia.


Slot M.2 pada laptop HP ProBook 430 G6 ini sudah mendukung SSD SATA3 ataupun SSD NVMe. Perbedaannya hanya di protokol transfer datanya saja, untuk NVMe menggunakan jalur PCIe sehingga lebih cepat untuk transfer data yang besar. NVMe cocok untuk editing foto dan video. Perbedaan fisik ada di interface-nya. Untuk lebih lanjut baca: Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe.

Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook HP ProBook 430, 440, 450 G6.

Baca Juga: Ganti HDD ke SSD dan Upgrade Ram Laptop Acer Aspire Z3-451 Tingkatkan Performa

Kalau mau lihat video disassembly-nya, silahkan tonton video berikut dari LaptopMedia:


Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop HP ProBook 430/440/450G6, Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai"