Bongkar Laptop Hp Pavilion Gaming 15 Ryzen 5/7, Upgrade SSD M.2, HDD/SSD 2,5", RAM, dan Ganti Baterai

HP Pavilion Gaming 15 (Ryzen), salah satu laptop atau notebook yang ditujukan untuk gaming dengan harga Rp. 9,9 jutaan (data Oktober 2019). Ini merupakan laptop yang ditenagai AMD Ryzen 5 untuk varian termurah dan Ryzen 7 untuk varian tertinggi!


Berikut spesifikasi singkat Pavilion Gaming 15 EC0001AX:
  • Processor AMD Ryzen 5 3550H
  • DDR4 1x 8GB
  • SSD NVMe PCIE M.2 512GB Intel 660P
  • GPU Discret: Nvidia GeForce GTX 1050 3GB
  • Integrated GPU: Radeon VEGA 8 Graphics
  • Windows 10
  • Backpack
  • Garansi 2 Tahun

Untuk meningkatkan performa notebook ini hanya ada dua pilihan upgrade yaitu, RAM dan SSD M.2.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
Jika belum punya, mau beli obeng set dan tools kit, silahkan cek tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan beberapa buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus..


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Pavilion Gaming 15..


Yang kita bongkar ini adalah HP Pavilion Gaming 15 versi Ryzen 5, untuk varian Intel atau model lain sebenarnya tidak jauh berbeda. Disana ada dua buah cooling fan, ada dua buah slot RAM, ada baterai, ada sebuah slot M.2 yang mendukung SSD NVMe, dan ada juga slot SSD SATA 2.5".

Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Pavilion Gaming 15 Jika Ingin Diganti


Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan dulu konektor baterainya dengan menggunakan spudger ujung runcing, atau gunakan kuku jari Anda.

Jika baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Lalu lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai di sisi atas dan bawah baterai obeng plus, lalu angkat baterainya..


Spesifikasi baterai Pavilion Gaming 15 EC0001AX:
  • Jenis: Li-Ion Battery
  • Model PG03XL
  • Regulatory Model Number: HSTNN-DB9G
  • HP Part Number: L11421-545
  • Rating: 11.55V
  • Typical Capacity: 4323mAh/52.5Wh

Upgrade RAM DDR4 Pavilion Gaming 15


Laptop ini memiliki RAM bawaan DDR4 sebesar 8GB DDR4-3200 (yang berjalan di 2400) yang menempati sebuah slot SoDIMM. Untuk menambah kapasitas RAM, HP menyediakan slot lainnya yang masih kosong.

Spesifikasi RAM bisa di cek dulu menggunakan aplikasi seperti CPU-Z, usahakan tambah RAM dengan spesifikasi yang sama. Beda juga gak masalah, yang penting minimal DDR4-2400.


Kami menambah RAM 8GB DDR4-2666 merk Adata.

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal pasang RAM untuk menambah kapasitas. Maksimal kapasitas RAM yang bisa ditampung adalah 32GB (16GBx2).


Upgrade RAM minimal 16GB cocok untuk multi tasking, editing video, ataupun gaming. Dual channel sangat disarankan untuk sistem berbasis AMD Ryzen karena akan meningkatkan performa yang cukup signifikan.

Ganti/Upgrade HDD/SSD 2,5"/SSD NVMe M.2 Pavilion Gaming 15


Untuk model Pavilion Gaming 15 EC0001AX (Ryzen 5) ini sudah menggunakan storage SSD NVMe M.2 512GB sebagai bawaan. Jadi sudah cukup besar, dan masih mahal juga kalau mau upgrade ke 1TB.

Untuk varian Ryzen 7, SSD NVMe bawaannya hanya 256GB. Silahkan kalau mau upgrade, tinggal lepaskan sebuah sekrup plus beserta bracketnya..


Selain itu, ada slot Harddisk atau SSD 2,5" yang masih kosong pada laptop ini sebagai drive secondary yang bisa Anda tambah baik dengan HDD atau lebih baik lagi dengan SSD SATA.

Untuk varian Ryzen 7, sudah ada HDD 1TB 7200 RPM SATA sebagai bawaannya, silahkan kalau mau di upgrade ke kapasitas yang lebih besar..


Slot M.2 pada laptop Pavilion Gaming 15 ini sudah mendukung SSD SATA3 ataupun SSD NVMe. Perbedaannya hanya di protokol transfer datanya saja, untuk NVMe menggunakan jalur PCIe sehingga lebih cepat untuk transfer data yang besar. NVMe cocok untuk editing foto dan video. Perbedaan fisik ada di interface-nya. Untuk lebih lanjut baca: Penjelasan dan Perbandingan SATA 3 vs M.2 vs NVMe.

Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan notebook Pavilion Gaming 15. Semoga bermanfaat!

Sumber foto: Channel Youtube NerdReviewID dan Jagat Review.

1 Response to "Bongkar Laptop Hp Pavilion Gaming 15 Ryzen 5/7, Upgrade SSD M.2, HDD/SSD 2,5", RAM, dan Ganti Baterai"

  1. Mau tanya dong saya mau beli laptop hp pavilion gaming 15 dan saya mau langsung upgrade ram apakah garansinya masih aman?

    BalasHapus