Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo K3/Realme X

Cara membuka casing belakang (backcover) Oppo K3 ini amat sangat mirip sekali dengan cara buka casing Realme X, jadi dibikin sepaket aja.

Pembongkaran agak susah untuk dilakukan oleh pengguna umum karena memerlukan pemanas seperti heatgun atau mesin pemanas khusus.

Sedangkan untuk ganti baterai seperti biasa tidak terlalu susah jika casing belakang sudah dibuka.

Kalau Anda mau coba buka sendiri, siapkan dulu alat-alat berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Heat gun/heat machine
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 (obeng plus ukuran 1,5~2,0mm)
  • Opening pick
  • Spudger
  • Pinset
Jika belum punya, tools kit bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Jika sudah, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Oppo K3/Realme X


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dimatikan dulu (turn off) biar tidak konslet.

Setelah itu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan menggunakan SIM tray ejector yang disertakan dalam paket penjualan Oppo K3..


Selanjutnya kita harus membuka backcover plastik yang menempel pada frame casing belakang dengan menggunakan heating machine atau heat gun untuk memanaskan lemnya supaya meleleh.. panaskan di sekeliling bezel, sekeliling fingerprint sensor dan sekeliling kamera.. hindari bagian lensa kamera..

heating plat machine..


atau heat gun..

Setelah kira-kira lemnya meleleh, gunakan suction cup untuk mengangkat dan membuat celah pada backcover sehingga kita bisa memasukkan opening tool..


Backcover Oppo K3 terbuat dari plastik polycarbonate bukan kaca, sehingga kita tidak perlu khawatir pecah, ini cukup flexible bisa dilengkungkan, walaupun begitu tetap usahakan jangan ditekuk dan bekerja serapi mungkin.

Geser opening tool ke seluruh sudut untuk merobek lem sehingga backcover bisa dibuka..


Selanjutnya kita harus membuka frame casing belakang yang dikencangkan dengan sekrup/baut. Gunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm untuk melepaskan 23 buah skrup..

Catatan: Ada sebuah sekrup yang ditempeli stiker Oppo/Realme sebagai segel garansi, membongkar ini berarti membatalkan garansi.. kalau masih dalam masa garansi, coba lepas dulu segelnya dengan jarum.


Setelah semua sekrup dilepas, buka cover plastik yang menutupi konektor kamera depan,


..lalu lepaskan konektor kamera depan tersebut karena modul kamera depan menempel dengan mid-frame, sehingga wajib melepasnya sebelum membuka mid-frame..


barulah kita bisa mencongkel bagian casing belakang yang masih tersisa dengan menggunakan opening tool..


Geser ke seluruh sudut sehingga terlepaslah mid-frame Oppo K3.Disini kita sudah bisa melihat jeroan ponsel dan baterainya. Selesai membuka casing belakang Oppo K3. Jika ingin mengganti baterai, lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Oppo K3/Realme X


Sebelum ganti baterai, kita bahas dulu spesifikasi baterai original bawaan Oppo K3. Berikut specs-nya:
  • Jenis: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP715
  • Limited Charge Voltage: 4.4Vdc
  • Rated Capacity: 3680mAh/1.16Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 3765mAh/14.49Wh
Beli baterai Oppo original di mana? Biasanya hanya dijual di Oppo Service Center, baterai langsung diganti disana. Biaya sparepart dan pemasangan sekitar Rp. 200-300rb, bawa saja uang yang cukup.

Opsi lain jika ingin mengganti baterai sendiri bisa cari di toko sparepart atau di marketplace online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Tapi perlu hati-hati karena banyak yang palsu/KW. Disarankan beli ori atau minimal OEM yang bermerk seperti Hippo, Vizz, Remax, Rakkipanda dan sejenisnya yang jelas garansinya.

Baca Juga: Ganti Baterai Tanam HP, Pilih KW, OEM Bermerk (Hippo, Rakkipanda, Vizz, dll), atau ORI?

Langkah 2: Cara Mengganti Baterai Oppo K3/Realme X


Setelah buka backcase kita tinggal lepaskan konektor baterai dengan cara mencongkel menggunakan spudger atau kuku juga bisa..


Baterai Oppo bisa dilepas dengan cara menarik pull-tab atau plastik berwarna hijau yang sudah disediakan. Kelupas dan singkirkan dahulu plastik bening yang menghalanginya, lalu tarik plastik hijau dengan hati-hati..


Silahkan ganti baterai dengan yang baru. Tes fungsi baterai apakah nyala atau tidak. Setelah dipastikan berfungsi dengan baik, silahkan pasang kembali semua part seperti semula.

Demikian tutorial membuka casing belakang dan mengganti baterai Oppo A3 atau Realme X. Do it with your own risk.

Jika ingin membongkar seluruhnya, silahkan lihat video Oppo K3 Dissassembly berikut ini:


Semoga bermanfaat. Video and Pics source: Android Corridor.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo K3/Realme X"