Vivo Z1 Pro HP Gaming Murah? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!

Review Singkat Vivo Z1 Pro


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Vivo Z1 Pro ini, sekarang saya mau share review singkat HP Vivo Z1 Pro..

Display/Layar


Vivo Z1 Pro dilengkapi dengan layar IPS LCD 6.53 inchi. Resolusinya FHD+ 1080 x 2340 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 395 ppi.

Vivo menyebut layarnya sebagai "Ultra O Screen" yang menampilkan layar secara penuh tanpa poni, tapi ada lubang kamera berbentuk bulat seperti "O" di pojok kiri atas. Desain ini mirip Galaxy S10e yang juga memiliki kamera depan "punch hole" di sebelah kanan.

Dengan rasio layar ke bodi 90,77% tampilan depan terlihat hampir layar seluruhnya. Bezel kiri kanannya sangat tipis sekitar 1,59mm.

Walaupun layarnya masih menggunakan panel IPS (bukan AMOLED) tapi reproduksi warna secara default sangat layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat. Untuk layar IPS, ini sudah bagus banget, bukan IPS murahan.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Layar tidak dilindungi Gorilla Glass tetapi memiliki perlindungan 3D Schott Xenation.

Design Vivo Z1 Pro



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing, khususnya pada bagian kamera depan. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan.

Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishing body belakangnya jadi bikin terlihat seperti kaca.

Bagian sisi kiri kanan body belakang agak melengkung 3D yang membuat feel genggaman di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 201 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 8,9mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh.

Ada juga tombol khusus untuk Google Assistant di sebelah kiri.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Vivo Z1 Pro



Vivo Z1 Pro ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan sampai 2 harian. Sedangkan untuk menonton video, ponsel ini bisa bertahan selama 22 jam 30 menit.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing. Semakin banayak aplikasi biasanya semakin boros baterai.

Salah satu kelebihan Vivo Z1 Pro adalah kemampuan pengisian cepat Dual-Engine fast charging-nya. Dengan charger bawaan yang memiliki output max 9V~2A (18 watt), HP ini bisa diisi dari low batt 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam 5 menit, dengan rinician:
  • 30 meint = 0-35%
  • 1 jam = 69%
  • 1 jam 30 menit = 92%
  • 2 jam 5 menit = 100%

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio


Vivo Z1 Pro memiliki loudspeaker single di bagaian frame bawah, yang sangat umum di luar segmen high-end.

Suara umumnya bagus di volume tinggi. Tidak terlalu keras. Suara lubang suara jelas. Tidak ada komplain. Output audio melalui earphone cukup rendah, tetapi jelas. Anda perlu menggunakan volume penuh untuk earphone.

Ada equalizer yang ada di pengaturan aplikasi musik default. Saya harus menggali pengaturan untuk mencari tahu. Meskipun tidak memiliki audio dolby, ia memiliki alternatif yang berfungsi sama.

Performa/Kecepatan Vivo Z1 Pro



Vivo Z1 Pro ditenagai oleh chipset SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) - SoC kelas menengah atas dari Qualcomm. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 184.098.

Ponsel ini memiliki RAM 4GB dan memori internal 64GB. Snapdragon 712 adalah chipset yang bagus. Semuanya berjalan lancar, tidak ada keluhan.

Karena Vivo Z1 Pro ini lebih fokus kepada gaming, maka kita akan coba review beberapa game..
  • PUBG mendapat setting default dengan grafik Smooth dan frame rate Ultra yang menghasilkan permainan yang berjalan dengan halus, walaupun pada setting ini dibatasi frame ratenya hanya di 40fps. Game berjalan lancar juga pada setting grafik HD dengan frame rate High.
    Untuk membuka pembatasan frame rate, kita bisa menggunakan GFX Tool untuk mendapatkan setting Smooth - Extreme sehingga dapat mencapai frame rate 50-58fps.
    Untuk player pengguna gyroscope juga tidak perlu khawatir karena fungsi berjalan lancar, no delay-delay club.
  • Di game Honkai Impact 3 kita bisa mendapatkan setting Medium/All OFF dengan frame rate di 38-51fps. 
  • Di game Injustice 2 ini tanpa setting, langsung jalanin aja dan bisa mendapatkan 59-60fps, sangat lancar sekali bermain game ini.
  • Lalu di game Ashpalt 9 kita mendapatkan setting High dengan frame rate 28-30fps, karena game ini dibatasi frame ratenya hingga 30fps saja.
  • Di game AoV juga muncul setting High-nya dan kita mendapatkan frame rate yang tinggi di kisaran 58-60fps, game ini berjalan dengan smooth dan lancar.
  • Terakhir, game Fortnite kita bisa setting Medium/Render 100% dan mendapatkan frame rate 26-30fps. Game ini memang agak berat dan lebih baik dijalankan di SoC kelas atas seperti Snapdragon 845 atau 855. Tapi di Vivo Z1 Pro kita sudah bisa memainkan game Fortnite dengan nyaman.
Secara keseluruhan performa gaming ponsel ini bisa dibilang tinggi. Cocok buat gmaer budget terbatas.

UI dan navigasi lancar. Tidak ketinggalan. Anda dapat menggunakan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan yang cukup bagus.

Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja tidak ada kendala.

Kamera Z1 Pro



Vivo Z1 Pro memiliki kamera Triple dengan lensa 16 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8", 1.12µm, AF + 8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, depth sensor

Camera UI bagus, ada banyak pilihan seperti Fun Video yang dapat digunakan untuk merekam video dengan musik, night mode dll.

Kamera belakang menghasilkan gambar 16 MP yang terlihat alami tanpa banyak kejenuhan. Mode HDR berfungsi dengan baik. Kualitas kamera lumayan. Gambar tidak terlalu detail dan tidak muncul. Kisah yang sama dengan kamera Super Wide-angle.

Saya sebelumnya memiliki Redmi Note 7 Pro yang memiliki kualitas kamera belakang yang lebih baik dari ini. Jika satu-satunya prioritas Anda adalah kamera, maka ponsel ini bukan untuk Anda.

Karena Vivo Z2 Pro memang lebih fokus ke gaming, sementara untuk ponsel yang lebih fokus pada kamera, Vivo menyediakan seri Vivo S1.

Potret


Vivo Z1 Pro mengambil potret objek manusia yang sangat bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Vivo Z1 Pro juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie


Kamera selfie Vivo Z1 Pro mengemas sensor 32 MP di belakang lensa aperture f/2.0. Ada segala macam peningkatan beautyfication.

Hasil kamera depannya bagus, selfie dengan Vivo Z1 Pro banyak detail dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik. Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik.

Jika mengambil selfie dengan latar langit, sebaiknya aktifkan HDR agar hasil langitnya lebih baik.

Potret selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek sangat kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami.

Rekaman video


Rekaman video bagus. Ada opsi untuk merekam video 4K/30fps. Untuk setting 1080p Full HD dan 720p HD ada pilihan 30fps atau 60fps.

Video slow-mo bagus di siang hari.

Ada fitur stabilisasi video berupa EIS pada ponsel ini yang bekerja lumayan baik menstabilkan rekaman video. Fitur EIS ini hanya ada di rekaman video kamera utama, tidak ada di kamera super-wide.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, stabilizernya berfungsi dengan baik untuk meminimalisir guncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z1 Pro


Kesimpulannya ini ponsel yang bagus jika kamera belakang tidak begitu penting bagi Anda. Satu-satunya ponsel seharga Rp. 3,1 juta yang memiliki kamera punch hole dalam layar.

Performa hebat, sedikit lebih baik daripada Snapdragon 675 dan 710. Tidak ada masalah pemanasan saat bermain PUBG. Memanas tapi minimal. Tidak ada Iklan di UI.

Secara keseluruhan, ini adalah ponsel "gaming" dengan harga dan performa yang sangat baik dari Vivo.


Kelebihan:
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya, cocok buat gaming.
  • Pengisian cepat Dual-Engine fast charging juga terbilang sangat cepat dalam mengisi baterai.
  • Performa dan gaming sangat memuaskan.
  • Kamera depan sangat bagus untuk selfie.
  • Skema warna yang menarik membuat desain yang biasa terlihat cakep, mewah dan elegan.
  • Ada tombol khusus Google Assistant.
  • Paket penjualan lengkap dengan earphone, casing dan pelindung layar.

Kekurangan:
  • Port masih MicroUSB. Sebenarnya tidak masalah selama pengisian baterai cepat, tapi USB Type-C lebih kekinian, high trasfer rate dan daya tahannya lebih baik.
  • Kualitas foto kamera belakang biasa saja. Bisa dibilang bagus, tapi masih banyak yang lebih bagus di range harga 3 jutaan. Semoga ada perbaikan software agar lebih baik.

Sekian review dan kekuranang serta kelebihan Vivo Z1 Pro. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Mari dukung jerih payah penulis yang mengumpulkan info dari sana sini dan mengetik berjam-jam. Silahkan ditambahkan di komentar untuk masukan atau koreksi.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Vivo Z1 Pro.

Baca Juga: Tanya Jawab Vivo Z1 Pro - Sensors, IR Blaster, NFC, Wireless/Fast Charging, OIS/EIS, Score Antutu?

Source foto: GadgetIn, Vivo.com.

0 Response to "Vivo Z1 Pro HP Gaming Murah? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3 Jutaan!"

Posting Komentar