Vivo S1 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3,5 Jutaan!

Review Singkat Vivo S1


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Vivo S1 ini, sekarang saya mau share rangkuman dari saya pribadi dan beberapa reviewer Vivo S1 dari berbagai sumber. Apakah Vivo S1 seharga Rp. 3.599.000,- bagus dan layak dibeli? Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Display/Layar

 
Credit: Kepointekno

Vivo S1 dilengkapi dengan layar Super AMOLED LCD 6,38 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya FHD+ 1080 x 2340 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 404 ppi.

Layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ nya buat saya pribadi enak banget dilihat. Kombinasi ini memang kebanyakan orang bakal suka, termasuk Elppas pribadi yang lebih suka layar AMOLED dibanding IPS.

Overall tidak akan kecewa dengan layar Vivo S1 ini.

Design


Credit: Kepointekno

Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan.

Walaupun backcover-nya masih berbahan plastik polycarbonate, tapi ini mirip kaca dengan finishing pantulan warna yang meliuk-liuk yang keren dan pinggirannya dipotong 2,5D yang sedikit melengkung.

Untuk feel genggamannya di tangan enak dan terasa kokoh, dengan bobot 179 gram gak terlalu berat dan ketebalan 8,1mm juga sudah pas ditangan.

Selain itu, lis emas di bagian setup kamera juga membuatnya lebih cantik dan elegan.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Vivo S1



Vivo S1 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 4.500mAh, ini cukup besar dan daya tahannya juga sangat baik.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan sampai 1,5 harian. Sedangkan untuk video playback atau menonton video terus-terusan, baterainya dapat bertahan hingga 21 jam 22 menit.

Untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing.

Salah satu kelebihan Vivo S1 adalah kemampuan pengisian cepat Dual-Engine fast charging-nya. Dengan charger bawaan yang memiliki output max 9V~2A (18 watt), HP ini bisa diisi dari low batt 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam, dengan rinician:
  • 30 meint = 0-32%
  • 1 jam = 64%
  • 1 jam 30 menit = 89%
  • 2 jam 3 menit = 100%

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio


Vivo S1 memiliki loudspeaker single di bagaian frame bawah, yang sangat umum di luar segmen high-end. Speaker Vivo S1 ini yang menurut kami cukup bagus walaupun bukan yang terbaik dikelasnya.

Performa/Kecepatan



Vivo S1 ditenagai oleh chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm) - SoC kelas menengah dari seri Performance Mediatek, keluaran tahun 2019. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 147.423.

Score segini sebenarnya sudah setara dengan Helio P70 yang dipakai di Vivo V15 (145.888). Jadi untuk urusan performa, Vivo S1 ini sudah stara dengan kakaknya si V15.

Dengan RAM 4GB dan memori internal yang sebesar 128GB. Ponsel ini sudah bisa diajak ngacir untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari tanpa kendala.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar, dan PUBG juga lancar dengan settingan tertentu dan juga tuning melalui menu Ultra Game Mode, Esports Mode.

Kualitas Foto

 
Credit: Dhiarcom

Vivo S1 memiliki kamera Triple dengan lensa 16 MP, (wide), f/1.78, 1/2.8", 1.12µm, PDAF + 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, depth sensor.

Hasil foto Vivo S1 bisa dibilang bagus, sesuai harga lah. Ada banyak detail yang ditangkap dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh. Selain itu rentang dinamis juga bagus langit terlihat biru.

Yang saya suka adalah kamera wide-angle nya yang sangat berguna untuk mengambil foto di ruang sempit sehingga dapat mengambil bingkai yang lebih luas.

Overall dengan harga 3,5 jutaan dapat kamera Triple yang sudah mendukung fitur Super-wide-angle oke banget lah.

Cuma kalau foto low light atau malam ya lumayan saja, wajar masih ada kelihatan noise..

Credit: Dhiarcom

Potret/Bokeh


Credit: JagatReview

Vivo S1 mengambil potret objek manusia yang sangat bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Vivo S1 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie


Credit: Dhiarcom

Kamera selfie Vivo S1 mengemas sensor 32 MP di belakang lensa aperture f/2.0. Ada segala macam peningkatan beautyfication.

Pokoknya, selfie dengan Vivo S1 banyak detail dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik. Rentang dinamis juga cukup baik walaupun pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik.

Potret selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek sangat kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami.

Rekaman video


Vivo S1 merekam video hingga 1080p. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, sayangnya tidak ada stabilizernya sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan. Salah satu cara untuk mengurangi goncangan, Anda bisa menggunakan lensa ultra-wide.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo S1


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai super awet, layar oke, pokoknya semua oke. Hanya saja mungkin bagi sebagian orang akan menjadi kurang sreg dengan port MicroUSB yang kurang kekinian, dan bagi yang suka rekam video pake HP karena tidak ada fitur stabilizer baik OIS maupun EIS.


Kelebihan:
  • Layar Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ yang banyak disukai
  • Skema warna yang menarik membuat desain yang biasa terlihat cakep, mewah dan elegan.
  • Daya tahan baterai termasuk sangat baik di kelasnya.
  • Pengisian cepat Dual-Engine fast charging juga terbilang cepat dalam mengisi baterai.
  • Triple camera dengan lensa Super Wide-angle. Dengan hasil kamera secara keseluruhan yang bagus.
  • Kapasitas memori tergolong besar RAM 4GB + Internal 128GB.
  • Ada tombol khusus Google Assistant 
  • Dapet earphone di paket penjualan.

Kekurangan:
  • Port masih MicroUSB.
  • Tidak ada stabilizer video OIS atau EIS.

Bagaimana menurut Anda, apakah Vivo S1 bagus? Silahkan berbagi di komentar jika ingin menambahkan atau mau mengkoreksi jika ada kesalahan.

Baca Juga: Tanya Jawab Vivo S1 - Sensors, IR Blaster, NFC, Wireless/Fast Charging, OTG, Score Antutu?

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Vivo S1.

0 Response to "Vivo S1 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3,5 Jutaan!"

Posting Komentar