Cara Hard Reset Samsung Galaxy A50 Untuk Mengatasi Bug, Mau Dijual, atau Hilang

Mengetahui cara mengatur ulang keras pada Galaxy A50 Anda dapat berguna saat Anda memiliki masalah. Hard reset, dikenal sebagai factory reset atau reset ke setelan pabrik, adalah solusi penting yang biasanya dilakukan ketika semua langkah pemecahan masalah dasar tidak berhasil. Anda harus menggunakan solusi ini hanya jika Anda yakin bahwa penyebab masalah terkait dengan software.

Reset pabrik tidak akan memperbaiki masalah perangkat keras seperti ketika Anda menghadapi masalah LCD atau motherboard yang rusak.

Baca Juga: Samsung Galaxy A50 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini

Banyak pengguna Android memperlakukan pengaturan ulang pabrik sebagai solusi yang sangat canggih yang dapat memperbaiki semua masalah. Faktanya adalah, itu hanya terbatas untuk mengembalikan pengaturan perangkat lunak ke pengaturan awal bawaan pabrik. Meskipun ini biasanya efektif dalam memperbaiki bug tingkat rendah, hard reset tidak dapat menyelesaikan masalah pengkodean atau pemrograman sama sekali.

Manfaat lain dari hard reset adalah ketika Anda ingin menjual ponsel, hapus semua data Anda dan semua settingan akan kembali ke awal seperti ponsel baru. Atau ketika ponsel Anda hilang dan tidak ingin data Anda disalahgunakan si pencuri.

Ada tiga cara untuk mengatur ulang Galaxy A50 Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana masing-masing dilakukan dalam panduan ini.

Metode 1: Cara Hard Reset pada Samsung Galaxy A50 melalui Menu Settings


Ini adalah cara termudah untuk menghapus semua data dan pengaturan Galaxy A50 Anda. yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan dan ikuti langkah-langkah di bawah ini. Kami merekomendasikan metode ini jika Anda tidak mengalami kesulitan dalam menu Pengaturan.
  • Buat cadangan data pribadi Anda dan hapus akun Google Anda.
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Gulir dan ketuk Manajemen umum.
  • Ketuk Atur Ulang.
  • Pilih Reset data pabrik dari opsi yang diberikan.
  • Baca informasinya lalu ketuk Atur Ulang untuk melanjutkan.
  • Ketuk Hapus Semua untuk mengonfirmasi tindakan.

Metode 2: Cara mengatur ulang keras Samsung Galaxy A50 menggunakan tombol perangkat keras


Jika kasus Anda adalah bahwa ponsel tidak bisa booting, freeze, hang, atau boot tetapi menu Pengaturan tidak dapat diakses, metode ini dapat membantu. Pertama, Anda perlu mem-boot perangkat ke Mode Pemulihan (Recovery Mode).


Setelah Anda berhasil mengakses Pemulihan, saat itulah Anda memulai prosedur reset master yang tepat. Mungkin perlu beberapa percobaan untuk Anda sebelum Anda dapat mengakses Pemulihan jadi bersabarlah dan coba lagi.
  1. Jika memungkinkan, buat cadangan data pribadi Anda sebelumnya. Jika masalah Anda membuat Anda tidak bisa melakukannya, lewati saja langkah ini.
  2. Juga, Anda ingin memastikan bahwa Anda menghapus akun Google Anda. Jika masalah Anda membuat Anda tidak bisa melakukannya, lewati saja langkah ini.
  3. Matikan perangkat. Ini penting. Jika Anda tidak dapat mematikannya, Anda tidak akan pernah bisa boot ke Mode Pemulihan. Jika Anda tidak dapat mematikan perangkat secara teratur melalui tombol Daya, tunggu sampai baterai ponsel terkuras habis. Kemudian, isi daya telepon selama 30 menit sebelum mem-boot ke Mode Pemulihan.
  4. Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan tombol Bixby secara bersamaan.
  5. Sambil masih menahan tombol Volume Naik dan Bixby, tekan dan tahan tombol Daya.
  6. Menu layar Pemulihan sekarang akan muncul. Ketika Anda melihat ini, lepaskan tombol.
  7. Gunakan tombol Volume Turun hingga Anda menyorot ‘Hapus data / reset pabrik. '
  8. Tekan tombol Daya untuk memilih ‘Hapus data / reset pabrik.’
  9. Gunakan Volume Turun untuk menyorot Ya.
  10. Tekan tombol Daya untuk mengkonfirmasi pengaturan ulang pabrik.

Metode 3: Cara hard reset pada Samsung Galaxy A50 menggunakan Find My Mobile


Find My Mobile adalah layanan Samsung sendiri yang memungkinkan pemilik perangkat Samsung untuk melacak unit mereka dari jarak jauh, membuka kunci layar, mencadangkan data, memblokir akses ke Samsung Pay, atau menghapus semua data (reset pabrik).

Langkah-langkah dalam menyeka perangkat menggunakan Find My Mobile sangat mudah. Hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memastikan bahwa Anda telah mengaturnya. Anda tidak akan dapat menggunakan layanan Find My Mobile jika Anda belum mengaktifkannya di perangkat sebelum kehilangannya.

Jika ini pertama kalinya Anda menggunakan layanan ini, inilah yang perlu Anda lakukan untuk mengaturnya:
  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk ikon ‘Biometrik dan Keamanan’.
  3. Buka ‘Temukan Ponsel Saya.’
  4. Ketuk account akun Samsung. ’
  5. Masukkan detail akun Samsung Anda.

Kami menganggap Anda sudah memiliki akun Samsung yang dibuat sebelum ini. Jika Anda tidak memilikinya, pastikan untuk membuat akun Samsung terlebih dahulu. Kemudian, gunakan informasi Anda untuk mengaktifkan Find My Mobile.

Di masa mendatang, jika Anda kehilangan ponsel dan ingin menghapus datanya dari jarak jauh, inilah yang harus dilakukan:
  1. Di komputer Anda, buka situs Find My Mobile: https://findmymobile.samsung.com.
  2. Masuk menggunakan kredensial akun Samsung Anda. Informasi tersebut harus sama dengan yang Anda gunakan di telepon.
  3. Setelah masuk, cukup klik ikon Hapus data untuk memulai pengaturan ulang pabrik.
  4. Sebuah peringatan akan ditampilkan untuk menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan, jadi klik saja ERASE.

Itulah 3 cara melakukan Hard Reset (reset ke pengaturan pabrik) pada Samsung Galaxy A50, yang dapat berguna untuk mengatasi bug software, menghapus data pada saat ponsel mau dijual, atau menghapus data ketika ponsel Anda hilang.

0 Response to "Cara Hard Reset Samsung Galaxy A50 Untuk Mengatasi Bug, Mau Dijual, atau Hilang"

Posting Komentar