Keterangan Paket Gagal di Ambil Si Gesit di Tokopedia atau Bukalapak

Di Tokopedia dan Bukalapak sekarang (2019) sudah ada sistem resi otomatis untuk jasa pengiriman SiCepat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah penjual agar tidak perlu mengirim barang ke drop point SiCepat karena kurir yang akan mengambil ke alamat toko penjual.

Kalau di Tokopedia ada pilihan apakah penjual akan mengirim sendiri ke counter SiCepat atau meminta dijemput. Sedangkan kalau di Bukalapak hingga saat saya menulis artikel ini tidak ada pilihan apabila ada orderan dengan tanda "Kurir Harus Sesuai" atau "Wajib Resi Otomatis".


Penjemputan paket ke rumah/toko penjual sebenarnya enak juga, kita tidak perlu repot-repot mendatangi gerai Sicepat, Ada orderan pagi atau siang, langsung request penjemputan maka biasanya akan dijemput dalam waktu 1-2 jam, cepat juga sih mungkin karena Sicepat cukup dekat dengan rumah saya.

Tapi ada beberapa masalah yang menjadi kurang efektif berdasarkan pengalaman saya, diantaranya:
  • Kalau orderan teralu sore dan kita juga otomatis Request Pickup jadi sore/magrib, maka biasanya penjemputan dilakukan keesokan harinya.
  • Bisa juga terjadi paket gagal diambil Si Gesit, karena Si Gesit tidak menemukan alamat penjual, atau si penjual sedang tidak ada dirumah/toko sehingga tidak bisa serah-terima barang. Bagi sebagian orang memang jualan di marketplace terkadang hanya sampingan sehingga jarang ada di rumah juga.

Lalu bagaimana solusinya jika terjadi seperti itu untuk seller?

Saya sendiri kalau misalkan sudah request tapi Si Gesit tidak kunjung datang sampai jam 19 malam, maka biasanya langsung saja saya antar sendiri ke drop point SiCepat.

Hal ini juga sudah saya tanyakan ke operator/sales counter SiCepat, apabila SiGesit gagal ambil atau saya mau kirim saja sendiri ke drop point tanpa menunggu jemputan datang apa boleh? Kata sales counternya sih boleh-boleh saja.

Ada masalah dengan kiriman SiCepat? Silahkan baca juga: Cara Komplain ke SICEPAT Jika Barang Belum Sampai Terlalu Lama.

0 Response to "Keterangan Paket Gagal di Ambil Si Gesit di Tokopedia atau Bukalapak"

Posting Komentar