Review iPod Touch Generasi ke-7 (2019), Ngacir Pake Processor iPhone 7 (A10 Fusion) di Layar 4 Inchi

Usia iPod Touch belum berakhir. Apple mengejutkan kami semua ketika mengumumkan iPod touch 7, upgrade pertama untuk si pemutar musik dan video portabel sejak 2015.


Dengan tagline "Penuh keseruan, dalam kecepatan penuh", iPod touch yang diperbarui sepenuhnya diarahkan untuk bermain game, dengan rilis yang datang tepat pada waktunya untuk peluncuran layanan Apple Arcade yang memuat 100 games lebih tanpa iklan dan pembelian dalam aplikasi.

Jadi sekarang iPod Touch bukan untuk sekedar mendengarkan musik dan memutar video bersistem iOS? Simak review singkat iPod Touch 7 ini..

Harga iPod Touch Gen 7


IPod touch baru (generasi ke-7) sudah tersedia untuk dibeli, dengan harga bervariasi tergantung pada berapa banyak penyimpanan yang Anda pilih.
  • iPod Touch Gen-7 32GB, $ 199 (Rp. 2.822.000,-)
  • iPod Touch Gen-7 128GB, $ 299 (Rp. 4.241.000,-)
Opsi paling mahal adalah model 256GB $ 399 (Rp. 5.659.000,-) yang merupakan versi yang kami uji untuk ulasan ini.

Desain iPod Touch Gen 7

 
Dari segi desain, iPod touch baru terlihat sama dengan versi sebelumnya, dengan layar empat inci dan bentuk yang ramping dan ringan. Kami menguji versi biru, tetapi si pemutar musik dan video juga tersedia dalam warna space grey, putih, emas, pink, dan merah.

Di bagian bawah iPod touch Anda akan menemukan tombol home; Namun, yang menjengkelkan, itu tidak menampilkan teknologi Touch ID Apple, yang diperkenalkan pada tahun 2013 dengan iPhone 5S. Ini berarti Anda harus mengingat kode sandi enam digit untuk membuka kunci iPod.

Seperti halnya model iPhone sebelum-iPhone X, tombol on/off terletak di bagian atas iPod, sementara Anda akan menemukan tombol volume di sisi kiri layar. Ada juga kamera depan dan belakang - nanti akan dibahas.

Tepi bawah iPod touch memiliki speaker internal, port Lightning, dan berita baiknya ada jack headphone 3,5 mm - padahal Apple menghapus jack headphone pada smartphone-nya yang mendukung port Lightning multiguna sendiri, dengan model terakhir, iPhone 6S dan iPhone SE, dihilangkan pada 2018.

Pada paket penjualannya iPod touch hadir dengan sepasang EarPods Apple yang cukup fenomenal itu, serta sebuah Kabel lightning untuk pengisian baterai.

Dengan berat hanya 88g, iPod touch baru terasa sangat ringan, sedangkan layar 4-inci berarti mudah untuk memegangnya dan menavigasi layar sentuh dengan satu tangan, membuatnya dapat diakses untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Walaupun tampilan ini bukan yang paling canggih yang pernah kami lihat dari Apple (sebenarnya resolusi yang sama dengan iPhone 5 2013), kami menemukan layar Retina LED 326ppi cerah, jelas, dan menarik.

Layar 1136 x 640 piksel jelas merupakan langkah mundur dari layar OLED yang akurat warna yang digunakan oleh iPhone X, tetapi patut diingat bahwa model iPod touch baru termurah hanya 1/5 dari harga smartphone terbaru Apple.

Sistem operasi



IPod touch baru menjalankan iOS 12, sistem operasi terbaru Apple, yang membawa FaceTime group untuk hingga 32 pengguna, Screen Time, dan 70 emoji baru dibandingkan dengan versi sebelumnya, iOS 11.

Namun ini tidak unik untuk iPod touch baru, karena model gen ke-6 juga mendukung iOS 12. iOS 12.3.1 adalah versi stabil terbaru dari sistem operasi seluler yang tersedia untuk pengguna iPod touch, iPhone, dan iPad.

Oleh karena itu, iPod touch generasi ke-7 hadir dengan hampir semua aplikasi yang Anda harapkan akan ditemukan di salah satu iPhone terbaru, kecuali untuk Telepon tentu saja - pada dasarnya, ia dapat melakukan segala hal yang dapat dilakukan iPhone, kecuali untuk membuat panggilan atau mengakses internet melalui jaringan seluler; Anda dapat menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp atau iMessenger melalui Wi-Fi.

Daya tahan baterai iPod Touch 7


Apple tidak menginformasikan kapasitas bateri iPod 7 di halaman spesifikasinya, tapi kemungkinan kapasitasnya tidak jauh berbeda dengan iPod Touch 6 yang sebesar 1043mAh.

Apple mengatakan masa pakai baterai iPod touch (generasi ke-7) hingga 40 jam, dan bagus untuk pemutaran video hingga delapan jam.

Penggunaan moderat selama beberapa hari, termasuk pemutaran musik dan permainan biasa, tidak menghabiskan baterai terlalu drastis, meskipun bermain game yang menuntut seperti PUBG (Player Unknown Battlegrounds), dan streaming video dengan kecerahan penuh, diperkirakan menghabiskan baterai lebih cepat daripada menggunakan lebih banyak aplikasi dasar.

Performa Suara Speaker



Kami memutuskan untuk menguji kinerja audio iPod 7 menggunakan Apple EarPods yang termasuk dalam kotak, dan kami terkejut dengan betapa baiknya mereka menangani musik kami.

Streaming melalui Apple Music, kami mendengarkan Dutch Paman ’Oh Yeah. Kami terkesan dengan render lagu iPod touch yang baru dan mendetail, dengan nada bass yang kencang dan hit perkusi yang presisi. Vokal terdengar halus dan jernih, dari nada tinggi hingga ke nada rendah.

Setelah mencapai generasi ke-7, iPod touch akhirnya mendukung codec Audio Hi-Res FLAC, serta Apple Lossless, memberi Anda lebih banyak pilihan daripada sebelumnya ketika mengakses musik berkualitas audiophile.

Menggunakan aplikasi pemutaran Audio Resolusi Tinggi untuk iOS yang disebut Vox, kami mendengarkan Requiem Mozart di D Minor. Senar memiliki kualitas yang hangat dan alami, sementara duet vokal sopran melonjak manis di atas campuran tanpa pernah terdengar keras.

Namun, hampir tidak ada gunanya mendengarkan Audio Hi-Res dengan EarPods Apple; mereka tidak bisa melakukan keadilan musik. Jadi kami memakai satu set headphone Master dan Dynamic MW65 Active Noise-Cancelling untuk mendengarkan Sahara Spanyol Foals, dan kami dikejutkan oleh seberapa akurat gitar yang dipetik dengan lembut dan vokal yang lembut terdengar.

Headphone yang Anda gunakan dengan iPod touch akan memiliki dampak besar pada seberapa baik musik Anda terdengar; sepasang headphone over-ear audiophile akan selalu mengungguli in-ear murah yang Anda beli.

Kami juga menguji speaker built-in di bagian bawah iPod touch, suaranya sangat baik walaupun bukan untuk mendengarkan musik Hi-Res.

Performa iPod Touch 7 (Game)


Dengan chip A10 Fusion Apple tertanam, iPod touch baru dioptimalkan untuk gaming, termasuk apa yang Apple sebut, "Augmented reality (AR). Pengalaman menggunakan yang lebih hidup.". Chip ini sama dengan yg digunakan di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Dalam hal bencmark Antutu, iPod Touch 7 berada sedikit diatas iPhone SE yang menggunakan chip Apple A9..


Rilis iPod touch baru juga datang tepat pada waktunya untuk peluncuran layanan game baru, Apple Arcade, (Apple mengatakan akan datang "musim gugur ini" jadi antara bulan September dan November), yang berarti bahwa gaming benar-benar berada di jantungnya.

Untuk menguji kemampuan AR iPod touch, kami mengunduh AR Dragon dari App Store. Game ini meminta Anda untuk menetaskan telur, dari mana muncul bayi naga imut yang dapat berinteraksi dengan dunia nyata melalui keajaiban AR.

Saat Anda melihat 'melalui' layar Anda melalui aplikasi Kamera, Anda dapat melihat naga Anda berinteraksi dengan benda-benda di sekitar Anda. Proses load game berjalan dengan cepat.

Kami juga menguji iPod touch generasi ke-7 pada sesuatu yang lebih sederhana: Whale Trail dari ustwo Games adalah selebaran tanpa akhir yang berwarna-warni, dan itu terlihat fantastis di layar LED iPod touch, dan kami tidak mengalami masalah latensi.


Selain itu, kami mencoba game PUBG yang cukup berat. PUBG dikenal karena banyak menuntut dari perangkat yang dimainkannya dalam hal kecepatan prosesor, kinerja GPU (unit pemrosesan grafis), dan kapasitas RAM.

Menurut Ars Technica, GPU built-in chip A10 Fusion memberikan "sekitar 56% kinerja A12", chip yang digunakan dalam iPhone XS terbaru, tetapi kami tidak mengalami masalah latensi saat memainkan game yang agak rumit ini, dan kami menemukan grafiknya berjalan dengan lancar, dengan layar iPod touch yang terang dan tajam menangani grafis gaya militer PUBG yang realistis sama halnya dengan grafis berwarna dan kartun dari Whale Trail.

Plus, dengan dua kali lipat RAM dari pendahulunya (tepatnya 2GB), iPod touch generasi ke-7 memiliki lebih banyak memori untuk menjalankan games yang semakin kompleks yang tersedia untuk gamer seluler.

Kamera iPod Touch 7


Salah satu aplikasi yang terintegrasi adalah aplikasi Kamera. Perangkat keras kamera itu sendiri persis sama dengan pendahulunya: di bagian depan iPod touch adalah kamera 1.2MP FaceTime HD, sementara bagian belakang menampilkan kamera 8MP yang lebih canggih yang mendukung autofocus, stabilisasi gambar otomatis dan aperture f / 2.4.

Kemewahan modern seperti perekaman video 4K dan Mode Potret (bokeh) tidak ditemukan di iPod touch, yang terasa seperti langkah mundur.

Bahkan, dibandingkan dengan iPhone SE kami yang relatif tua, kameranya mengecewakan - foto tidak setajam atau sedetail iPhone SE, dan perangkat kerasnya belum meningkat dibandingkan iPod touch sebelumnya.

iPhone SE (kiri) vs iPod Touch 7 (kanan) - foto by TechRadar

Apakah iPod touch 7 bisa digunakan untuk FaceTime atau memotret biasa? Tentu bisa. Tetapi bukan untuk memotret dengan efek-efek kelas potografi.

Kesimpulan


Secara keseluruhan, kami terkesan dengan iPod touch (generasi ke-7). Dengan harga yang relatif jauh lebih murah dibanding iPhone, Anda bisa mendapatkan berbagai aplikasi dalam iOS 12. Asal jangan dibandingkan dengan Android.

Dalam hal desain, beberapa orang terutama anak-anak mungkin akan menyukai layar 4 inci, dan adanya jack 3.5mm akan memudahkan. Namun disisi lain kami kurang menyukai kamera jadul dan absennya Touch atau Face ID.

Memutar musik di iPod touch mulus, dan umumnya terdengar sangat bagus, dengan dukungan baru untuk FLAC cenderung menarik bagi audiophiles.

Berbeda dengan pendahulunya, Apple menekankan kemampuan gaming dari iPod Touch baru di atas kemampuan pemutaran musiknya - dan menangani permainan dengan luar biasa. Dari games klasik hingga game battle royal yang berat kami tidak mengalami masalah latensi, dan games AR bejalan sama baiknya berkat chipset A10 Fusion.

Ini akan menempatkan Apple sebagai pengganti yang baik dalam hal melepaskan Apple Arcade, layanan streaming game yang akan datang - lagipula, iPod touch akan menjadi cara termurah untuk bisa mengakses ke layanan tersebut untu mereka yang belum memiliki iPhone.

Kelebihan:
  • Cara murah untuk mengakses kemampuan iOS Apple
  • Chipset Apple A10 Fusion yang kencang setara iPhone 7
  • Bagus untuk bermain game
  • Cocok untuk anak-anak
  • Jack headphone 3,5mm

Kekurangan:
  •  Tidak ada Touch-ID/fingerprint sensor
  •  Kamera terasa jadul

Bagaimana menurut Anda, apakah iPod Touch 7 layak untuk dibeli? Ingat jangan dibandingkan dengan ponsel Android, karena ini khusus pcinta Apple atau iOS. Kalau mau bandingkan paling dengan iPhone SE (second) mengingat harga dan performanya mirip-mirip.

Sekian review iPod 7, mohon maaf jika banyak kekurangannya.

0 Response to "Review iPod Touch Generasi ke-7 (2019), Ngacir Pake Processor iPhone 7 (A10 Fusion) di Layar 4 Inchi"

Posting Komentar