Iklan Header

Perbandingan Spesifikasi HP Android Go: Samsung Galaxy A2 Core vs Xiaomi Redmi Go vs Asus ZenFone Live (L1), Pilih Mana?

Mencari HP baru dengan budget dibawah 1,1 juta? Bingung mau pilih antara Samsung Galaxy A2 Core vs Xiaomi Redmi Go atau Asus Zenfone Live (L1)? Berikut ini kita bahas perbandingan spesifikasi antar ke-3 smartphone tersebut, supaya Anda lebih mudah menentukan pilihan.

Perlu diketahui bahwa ketiga ponsel tersebut menggunakan sistem operasi Android Go yang berjalan ngacir di ponsel spesifikasi rendah, lebih hemat RAM dan hemat kuota Internet. (Update: Kecuali L1 varian 2GB+16GB).

Catatan: Karena ada update OS Zenfone Live (L1) varian 2/16GB maka perbandingannya bergeser menjadi pesaing Redmi 6A karena menggunakan Android "Normal". Tapi karena harganya lebih dekat ke Galaxy A2 Core, jadi masih layak dibandingkan dengannya.


Display dan Design Samsung Galaxy A2 Core vs Xiaomi Redmi Go vs Asus Zenfone Live (L1)


Secara desain ini relatif, tergantung kesukaan masing-masing, tapi menurut Elppas desain Asus Zenfone Live (L1) lebih terlihat kekinian dengan aspek rasio layar ke body paling tinggi. Sedangkan untuk bagian belakangnya memiliki desain yang cenderung sama, semua casing belakang berbahan plastik polycarbonat dengan finishing warna classic.

Ukuran layar Galaxy A2 Core sama dengan Redmi Go, yaitu 5,0 inchi. Sedangkan Zenfone Live (L1) memiliki lebar layar 5,5 inchi. Asus dan Redmi memiliki resolusi layar HD+ 720p yang terlihat cukup tajam. Sedangkan Samsung hanya memiliki resolusi layar qHD 540 x 960 pixels, 16:9 ratio (~220 ppi density) yang secara teori kurang begitu halus, karena mata manusia normal masih bisa melihat pixel pada kepadatan 220.

Pemenang untuk display dan desain: Asus Zenfone Live (L1)

Kecepatan Processor, RAM & ROM 

Galaxy A2 Core, Redmi Go & Zenfone Live L1


Chipset Galaxy A2 Core (Exynos 7870 Octa (14 nm) vs Redmi Go (Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm) vs Zenfone Live L1 (Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)). Tentu soal performa Galaxy A2 Core dengan Exynos 7870 adalah yang terbaik.

Untuk RAM dan ROM Galaxy A2 Core (1GB+8GB) vs Redmi Go (1GB+8GB) vs Zenfone Live L1 (1GB+8GB atau 2GB+16GB).

Untuk sistem operasinya, semua menggunakan Android Go berbasis Android 8 (Oreo), kecuali Live L1 yang versi 2GB sudah menggunakan ZenUI 5 Android 8.

Pemenang untuk performa: Samsung Galaxy A2 Core

 Kamera Galaxy A2 Core, Redmi Go & Zenfone Live L1


Untuk kamera utama (belakang) semuanya masih single, Galaxy A2 Core dengan resolusi 5MP, sedangkan Redmi Go memiliki resolusi 8MP dan Zenfone live dengan resolusi 8MP atau 13MP untuk varian RAM 2GB.

Untuk kamera selfie semuanya rata menggunakan sensor 5MP.

Pemangan untuk kamera: Asus Zenfone Live L1

Lain-Lain


Di sektor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas baterai. Samsung Galaxy A2 Core menggunakan baterai berkapasitas 2600mAh, sedangkan Redmi Go dan Zenfone Live L1 memiliki baterai yang belih besar, yaitu 3000mAh.

Terakhir adalah soal sensor, semua tentu memiliki sensor dasar Accelerometer dan proximity. Tapi Asus memberikan tambahan dengan sensor Gyroscope dan Ambient Light Sensor yang cukup penting.

Kesimpulan


Pilih Mana antara Samsung Galaxy A2 Core vs Redmi Go atau Asus Zenfone Live L1? Kalau menurut Elppas pribadi sih tentu Zenfone Live L1 pilihan terbaik diantara ketiga ponsel tersebut, tapi jika mempertimbangkan harga maka Redmi Go jadi pilihan kedua, sedangkan Samsung Galaxy A2 Core jika lebih mementingkan performa.


Tetapi semua itu hanya pendapat pribadi saya, semua kembali pada kebutuhan dan kesukaan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Spesifikasi HP Android Go: Samsung Galaxy A2 Core vs Xiaomi Redmi Go vs Asus ZenFone Live (L1), Pilih Mana?"