Nokia 4.2 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,5 Jutaan!

Review Singkat Nokia 4.2


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Nokia 4.2 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Nokia 4.2 ala orang awam..

Pertama, saya sebutkan dulu harga peluncuran ponsel ini adalah Rp. 2,499,000,- dengan cashback Rp. 300,000,- jadi ya anggap saja Rp. 2,2 jutaan. Dan kedepan mungkin harganya akan turun.

Display/Layar


Nokia 4.2 dilengkapi dengan layar IPS LCD 5,71 inchi dengan poni minimalis setengah lingkaran untuk kamera. Aspek rasio bodi ke layar ~76.6% karena memiliki bezel yang cukup tebal dan "dagu" yang cukup tebal juga dengan logo NOKIA.

Resolusinya HD+ 720 x 1520 pixels pada aspek rasio 19:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 295 ppi. Walaupun layarnya masih HD+ tapi dengan ppi mendekati 300 menurut saya pribadi layarnya cukup tajam dan bening-bening aja jika dilihat pada jarak pandang normal ataupun jarak dekat.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.

Design



Kalau soal design mah ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya simple, classic, dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya terlihat seperti kaca.

Untuk feel genggamannya di tangan enak, tidak terlalu berat ataupun terlalu ringan, ukurannya pun tidak teralu besar ditangan karena hanya mengusung layar 5,71 inchi. Tapi ponsel ini agak sedikit tebal dibanding ukuran ponsel kebanyakan saat ini.

Overall desain dan build quality tampak premium di segmen harga 2 jutaan.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Nokia 4.2



Nokia 4.2 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 3.000mAh, ini bisa dibilang kurang besar mengingat saat ini rata-rata ponsel sejenis memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan seharian. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing.

Salah satu kekurangan Nokia 4.2 adalah kemampuan pengisian baterainya yang cukup lama. Dengan charger bawaan yang memiliki output max 5V~1A (5 watt), HP ini bisa diisi dari low batt 0-100% dalam waktu sekitar 3 jam 10 menit.

Kualitas Earpiece Speaker Telephone


Nokia 4.2 memiliki kualitas speaker yang menurut kami sangat baik, suaranya jelas dan cukup keras.

Performa/Kecepatan



Nokia 4.2 ditenagai oleh chipset Snapdragon 439 (12 nm) - SoC kelas pemula/entry-level dari Qualcomm. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 76.524.

Spesifikasi ponsel ini memang bukan untuk menjalankan aplikasi berat atau bermain games berat. Tapi untuk pengguna kasual yang lebih sering menggunakan ponsel untuk sosmed, chat, browsing, dan sejenisnya.


Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih lancar-lancar saja tidak ada kendala. Apalagi sistem operasi yang digunakan adalah Android One yang lebih ringan daripada Android custom.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lumayan lancar, dan PUBG juga cukup lancar hanya sedikit lag tapi dengan setting yang paling rendah. Sekali lagi, ponsel ini bukan buat Anda yang intens main game.

Kualitas Foto



Nokia 4.2 memiliki kamera Dual: 13 MP, f/2.2, 1/3", 1.12µm, PDAF + 2 MP, depth sensor.

Hasil foto Nokia 4.2 bisa dibilang lumayan bagus, rata-rata saja, sesuai harga lah. Menurut kami agak kurang detailnya dan dynamic range nya juga kurang. Semoga saja ada perbaikan secara software kedepannya untuk mengatasi kekurangan tersebut.


Di harga 2 jutaan masih ada ponsel dengan kamera yang lebih baik

Selfie


Kamera selfie Nokia 4.2 mengemas sensor 8 MP, 1/4", 1.12µm di belakang lensa aperture f/2.0.

Untuk hasil selfie juga bisa dibilang lumayan bagus. Yang memberi nilai lebih adalah sudut pandang yang cukup lebar 74° sehingga bisa mengambil frame yang lebih luas, cocok buat wefie.

Rekaman video


Nokia 4.2 merekam video hingga 1080p pada 30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus. Untuk range harga 2 jutaan memang biasanya tidak ada stabilizernya sehingga terlihat banyak goncangan ketika membuat video sambil bergerak atau berjalan.

Fitur


Nokia 4.2 ini memiliki fitur yang agak berbeda dari ponsel lain pada range harga 2 jutaan, yaitu NFC untuk Anda yang suka menggunakan e-money pasti akan sangat membantu, seperti cek saldo e-toll atau sejenisnya.

Selain itu, fitur lain yang unik adalah ada LED Notification yang terletak pada tombol power.. Tombol power akan menyala ketika ada pesan atau notifikasi..


Di sisi lain ada tombol khusus untuk Google Assistant yang akan sangat berguna untuk Anda yang sering menggunakan bantuan Google. Tapi untuk market Indonesia sepertinya masih jarang penggunanya.

Tiga fitu inilah yang mungkin menjadi nilai jual Nokia 4.2, dimana ponsel lain sudah menghilangkan LED Notification dan tidak memberikan fitur NFC.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 4.2


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE, desain dan build quality oke, kamera oke, layar oke, pokoknya semua oke, hanya pengisian baterainya saja yang agak lama kalau menurut saya.


Kelebihan:
  • Build quality sangat baik.
  • Ada NFC
  • Ada LED Notification yang unik
  • Ada tombol khusus untuk Google Assistant
  • Kamera selfie dengan Wide-angle 74°.
  • Layar 5.71" tidak terlalu besar, bisa menjadi pilihan buat yang mencari ponsel compact. 
  • Android One yang ringan dan lebih cepat update.
  • Dapet earphone di paket penjualan.

Kekurangan:
  • Pengisian baterai dari 0-100% dengan charger bawaan lama, sekitar 3 jam.
  • Harga kurang bersaing, tunggu harga turun dulu atau cari cahsback lewat promo.

Ponsel ini bukan soal spesifikasi, sepertinya Nokia mencari celah untuk berbeda dari yang lain seperti NFC yang tidak dimiliki ponsel lain pada range harga tersebut. Jadi ini soal pilihan.

Mohon maaf jika banyak kekurangan, silahkan tambahkan di komentar jika Anda sudah menjajal ponsel ini dan ada review yang mau ditambahkan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Nokia 4.2.

Baca Juga: Vivo Y17 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,9 Jutaan!

Source(s): Youtube.

0 Response to "Nokia 4.2 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 2,5 Jutaan!"

Posting Komentar