Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Nokia 6.1 Plus

Apabila suatu saat baterai mulai boros, cepat habis, drop atau kembung, maka saatnya ganti baterai. Seperti biasa, Elppas akan selalu memandu untuk membuka backcover (atau tutup belakang atau casing belakang) dan mengganti baterai smartphone Anda.

Untuk  membongkar Nokia 6.1 Plus ini kurang lebih sama dengan membongkar adeknya, si Nokia 5.1 Plus. Nokia 6.1 Plus dibuka dari backcover alias dari casing atau kaca belakang.

Sebelum bongkar, ini peralatan yang perlu disiapkan:
  • SIM Card tray holder
  • Pemanas (heatgun atau hot plate)
  • Suction cup
  • Plastic card atau plastik tipis atau spudger
  • Pinset
  • Obeng Torx

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar.. Kalau mau beli obeng dan tools kit bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Langkah 1: Membuka Backcover Nokia 6.1 Plus


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (power off). Selanjutnya keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan SIM ejector yang diberikan di paket penjualan..


Pembongkaran Nokia 6.1 Plus dimulai dari backcover atau casing kaca belakang. Kaca ini merekat menggunakan lem, sehingga kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh. Gunakan heat gun untuk melelehkan lem supaya mudah dibuka..


Gunakan plastik tipis untuk dimasukkan ke selah-selah back panel, geser ke seluruh sudut untuk merobek lem.. Jika susah, karena lem cukup melebar, gunakan kembali heat gun untuk melelehkan lem..

Hati-hati jangan terlalu dalam memasukkan kartu plastik ketika merobek lem, di sebelah kanan fingerprint sensor ada kabel flexible.


Setelah lem tersobek semua, maka backcover bisa dibuka, tapi hati-hati ada kabel flexible sensor sidik jari yang melintang dari back panel ke mainboard. Konektornya belum bisa dilepas karena terlindungi mid-frame atau plat besi pelindung mainboard.

Buka terlebih dahulu mid-frame dengan melepaskan semua sekrup dengan menggunakan obeng Torx ukuran antara T3-T5..


Setelah mid-frame terbuka, lepaskan konektor flexible fingerprint dengan menggunakan pinset atau prying tool..


Selesai, backcover sudah bisa dipisahkan dari body smartphone ini.

Lanjut ke langkah berikutnya untuk mengganti baterai..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Nokia 6.1 Plus


Baterai sudah terlihat, mid-frame sudah terbuka maka kita bisa mencongkel konektor baterai dengan menggunakan spudger atau prying tool. Lalu lepaskan juga konektor yang menghubungkan mainboard ke subboard..


Catatan: Agar lebih leluasa membuka baterai, Anda bisa melepas dulu motherboard dengan melepas dulu konektor LCD, antena, kamera depan dan proximity sensor. Tanpa membuka mainboard juga baterai bisa dilepas.

Baterai merekat dengan menggunakan 3 jalur lem karet yang memiliki ujung (pull-tab) yang bisa ditarik..


Tarik pull-tab tersebut secara lurus dan datar sangan sampai putus ditengah karena nanti susah buka baterainya. Ada tiga buah lem karet yang perlu disingkirkan..



Setelah lem karetnya disingkirkan maka baterai akan mudah dilepaskan. Silahkan ganti dengan yang baru.

Demikian tutorial cara membuka kaca belakang dan mengganti baterai Nokia 6.1 Plus. Bagaimanapun, kami hanya memberikan gambaran, gunakan panduan ini dengan resiko Anda sendiri :)

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat proses membuka baterai dengan melihat video berikut ini:


Source: ESC Baig.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Nokia 6.1 Plus"

Posting Komentar