Iklan Header

Cara Membuka Backcover dan Mengganti Baterai Nokia 5.1 Plus

Apabila suatu saat baterai mulai boros, cepat habis, drop atau kembung, maka saatnya ganti baterai. Seperti biasa, Elppas akan selalu memandu untuk membuka backcover dan mengganti baterai smartphone Anda.

Untuk  membongkar Nokia 5.1 Plus agak berbeda dengan pendahulunya Nokia 5. Kalau Nokia 5 dibuka dari LCD, sekarang Nokia 5.1 Plus dibuka dari backcover alias dari casing atau kaca belakang.

Baca Juga: Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai Nokia 5

Sebelum bongkar, ini peralatan yang perlu disiapkan:
  • SIM Card tray holder
  • Pemanas (heatgun atau hot plate)
  • Suction cup
  • Plastic card atau plastik tipis atau spudger
  • Pinset
  • Obeng Torx

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar.. Kalau mau beli obeng dan tools kit bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Langkah 1: Membuka Backcover Nokia 5.1 Plus


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (turn off). Selanjutnya keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan SIM ejector yang diberikan di paket penjualan..


Pembongkaran Nokia 5.1 Plus dimulai dari backcover atau casing kaca belakang. Kaca ini merekat menggunakan lem, sehingga kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh. Gunakan heat gun untuk melelehkan lem supaya mudah dibuka..


Gunakan plastik tipis untuk dimasukkan ke selah-selah back panel, geser ke seluruh sudut untuk merobek lem.. Jika susah, karena lem cukup melebar, gunakan kembali heat gun untuk melelehkan lem..


Setelah lem tersobek semua, maka backcover bisa dibuka, tapi hati-hati ada kabel flexible sensor sidik jari yang melintang dari back panel ke mainboard. Lepaskan konektor flexible fingerprint dengan menggunakan pinset atau prying tool..


Selesai, backcover sudah bisa dipisahkan dari body smartphone ini.

Lanjut ke langkah berikutnya untuk mengganti baterai..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Nokia 5.1 Plus


Baterai sudah terlihat, tapi konektornya tertutup mid-frame yang juga melindungi mainboard. Selain itu juga ada kabel flexible yang terhubung ke subboard. Oleh karena itu, kita harus melepaskan terelbih dahulu mid-frame. Gunakan obeng torx untuk melepas semua sekrup yang mengencangkan mid-frame..


Setelah mid-frame terlepas maka kita bisa mencongkel konektor baterai dengan menggunakan spudger atau prying tool. Lalu lepaskan juga konektor yang menghubungkan mainboard ke subboard..


Baterai merekat dengan menggunakan lem karet yang memiliki ujung (pull-tab) yang bisa ditarik. Tarik pull-tab tersebut secara lurus dan datar sangan sampai putus ditengah karena nanti susah buka baterainya. Ada dua buah lem karet yang perlu disingkirkan..


Setelah lem karetnya disingkirkan maka baterai akan mudah dilepaskan. Silahkan ganti dengan yang baru.

Demikian tutorial cara membuka kaca belakang dan mengganti baterai Nokia 5.1 Plus. Bagaimanapun, kami hanya memberikan gambaran, gunakan panduan ini dengan resiko Anda sendiri :)

Sumber foto: HU Technology.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Backcover dan Mengganti Baterai Nokia 5.1 Plus"