Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 7

Membuka backpanel atau backcover atau casing belakang Redmi 7 ini mirip-mirip dengan cara membongkar Redmi Note 7. Backpanel merekat ke frame dengan menggunakan lem, jadi kita perlu pemanas (heat gun) untuk melelehkan lem, suction cup dan opening tools.

Berikut peralatan atau tools kit yang perlu disiapkan untuk membongkar Redmi 7:
  • SIM Card tray ejector
  • Heat gun
  • iSlack atau suction cup
  • Kartu plastik tipis
  • Obeng plus ukuran 1,5~2,0mm
  • Spudger/prying tool

Obeng dan tools kit bisa di beli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Rekomendasi baterai:

Langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Cara Membuka Backcover Redmi 7


Seperti biasa, sebelum melakukan disassembly atau teardown pastikan ponsel dalam keadaan mati (turned off), lalu keluarkan terlebih dahulu SIM tray dengan menggunakan SIM ejector..


Backcover Redmi 7 ini terbuat dari plastik polycrbonate yang menempel pada frame body menggunakan lem. Jadi untuk membukanya kita perlu memanaskan perekatnya agar meleleh sehingga mudah di buka.

Gunakan heatgun untuk memanaskan backcover bagian bawah.. Panaskan pada suhu 100 derajat sekitar 30~60 detik di bagian sisi bawah dan sisi kiri kanannya..


Setelah kira-kira lem agak meleleh, gunakan suction cup atau iSclack (tang sukcer) untuk mengangkat backdoor sedikit sehingga membuat celah untuk dimasukkan kartu plastik atau opening pick..


Kalau kartunya sudah masuk, tinggal di geser-geser ke sekeliling sudut.. Jika perlu gunakan kembali heat gun untuk melelehkan lem di sisi-sisi kiri, kanan dan atas.. lalu robek lemnya dengan menggunakan kartu plastik tipis..


Setelah semua lemnya terkoyak, maka backcover bisa dibuka seperti ini..


Ada kabel flexible sensor sidik jari yang terhubung dari backcover ke mainboard. Konektor kable tersebut tertutup oleh plastik pelindung mainboard. Jika ingin dilepaskan maka harus melepaskan beberapa sekrup. Bisa juga dilepas di ujung lainnya, di modul fingerprint sensor.

Perhatian! Salah satu baut bracket tersebut ada sticker segel, jadi jika membuka baut tersebut maka garansi akan void.

Jika hanya ingin ganti baterai, lanjutkan ke langkah berikutnya..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Redmi 7


Setelah backcover terbuka, baterai terlihat tapi tidak bisa langsung dicopot karena konektor baterai dilindungi mid-frame plastik. Selain itu juga baterai terhalang dua buah kabel flexible yang merupakan kabel secondboard dan LCD assembly.

Pertama buka terlebih dahulu mid-frame pelindung mainboard dan konektor baterai dengan melepaskan beberapa buah sekrup menggunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm (phillips #00)..


Setelah mid-frame terbuka, lepaskan terlebih dahulu konektor baterai dengan prying tool atau spudger agar aliran listrik terputus sehingga lebih aman.. lalu buka juga konektor yang terhubung ke board bawah dan konektor LCD..


Penghalang baterai sudah terbuka, tapi baterai merekat dengan dua baris lem khusus. Lem ini bisa disingkirkan dengan menarik pull-tab di bagian bawah baterai..


Tarik pull-tab tersebut secara lurus jangan sampai putus ditengah karena akan merepotkan. Bisa juga dengan menggunakan pinset lurus dan menggulungnya dengan pinset tersebut..


Setelah kedua buah perekat tersebut disingkirkan maka baterai bisa dibuka dengan mudah. Silahkan ganti baterainya dengan yang baru. Pasang kembali konektor-konektornya dengan urutan kebalikan dari membongkar. Jangan lupa tes fungsi baterai juga sebelum memasang semuanya.

Baca Juga: Unboxing dan Kesan Pertama Xiaomi Redmi Note 7, Bagus Lah di Harga 2 Jutaan!

Demikian panduan cara membuka backcover (tutup belakang/casing belakang) dan mengganti baterai Xiaomi Redmi 7.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 7"