Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 ini memiliki baterai dengan kapasitas yang besar, yaitu 5000 mAh. Jadi sepertinya akan lama sekali masa penggunaan baterainya.

Bagaimanapun suatu saat mungkin Anda perlu mengganti baterinya ketika baterai rusak, boros, drop atau kembung, dan masalah baterai lainnya.

Pada artikel ini Elppas akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Samsung Galaxy M20/M10/M30.

Baca Juga: Unboxing dan Kesan Pertama Samsung Galaxy M20, 2 JUTAAN, Bagus Gak? Smartphone Baru 2019

Peralatan, obeng, dan tools kit yang diperlukan:
  • SIM Card tray ejector
  • Opening tools
  • Spudger
  • Kartu plastik tipis
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
Peralatan bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langkah 1: Cara Membuka Casing Belakang


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (turn off). Lalu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan menggunakan ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Selanjutnya bisa mulai congkel-congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar atau prying tool yang lebar seperti ini..


Untuk pertama kali bongkar mungkin akan agak susah karena casing belakang selain ada pengaitnya juga merekat menggunakan lem.

Seperti biasa, congkel dan geser ke sekeliling bezel untuk melepaskan pengait-pengait casing sampai casing bisa dibuka.. Hati-hati ada kabel flexible fingerprint sensor yang terhubung dari casing belakang ke mainboard.. Gunakan spudger untuk melepaskan konektor kabel flexible tersebut..


Casing belakang sudah terbuka dan bisa dipisahkan dengan body-nya.

Untuk mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original Samsung Galaxy M20


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Galaxy M20 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Galaxy M20:
  • Type: Li-ion Battery
  • Model: EB-BG580ABN
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 4900mAh/18.8778Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 5000mAh/19.25Wh

Dimana membeli baterai Samsung Galaxy M20 yang original? Samsung biasanya jual baterai di SSC (Samsung Service Center) dengan harga kisaran Rp. 300.000,- belum termasuk biaya service kalau mau langsung diganti di sana.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Rekomendasi baterai:

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Samsung Galaxy M20


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya. Namun baterai belum bisa dilepas karena konekotrnya tertutup oleh mid-frame atau bracket penutup motherboard. Untuk membukanya, lepaskan beberapa skrup yang mengencangkannya dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..


Setelah plat plastik tersebut dibuka, maka kita bisa melihat konekotr baterai, display dan sub-board. Lepaskan ketiga konektor tersebut dengan menggunakan spudger dimulai dari konektor baterai terlebih dahulu agar lebih aman dengan memutus aliran listrik..


Setelah itu, untuk melepas baterai Galaxy M20 yang merekat dengan lem, kita harus sodok dan robek lemnya dengan menggunakan plastik tipis sampai semua lem terkoyak dan baterai bisa dilepaskan..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Baca Juga: Tanya Jawab Samsung Galaxy M20 - LED Notification, OIS/EIS, AMOLED, NFC, Score AnTuTu?

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Samsung Galaxy M20. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! Pics source: BCD Technology & ESC Baig.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy M20"