Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai Nokia 5

Untuk  membongkar Nokia 5 bisa dibilang gampang-gampang susah, buat yang sudah terbiasa bongkar seperti tukang service HP yang punya alat-alatnya lengkap ya mungkin gampang aja. Tapi bagi pemula dan belum punya alat-alat yang memadai maka bisa dibilang susah.

Sebelum bongkar, ini peralatan yang perlu disiapkan:
  • SIM Card tray holder
  • Pemanas (heatgun atau hot plate)
  • Suction cup
  • Plastic card atau plastik tipis atau spudger
  • Pinset
  • Obeng phillips (plus) ukuran #000 atau 1.5mm

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Membuka LCD Assembly Nokia 5


Cara membongkar Nokia 5 bukan dari casing belakang seperti kebanyakan HP Xiaomi atau Oppo. Ponsel dengan build quality yang kokoh ini harus dibongkar dari membuka LCD karena mainboard dan komponen lainnya menempel di casing belakang.

LCD menempel dengan perekat (tidak seperti iPhone yang menggunakan skrup dan bracket), jadi harus dipanaskan untuk melelehkan lem.

Sebelum itu, tentu wajib mematikannya (power off) terlebih dahulu.

Selanjutnya, panaskan bagian depan (LCD) selama 5 menit pada suhu 80 derajat Celcius..

Melelehkan perekat dengan Heatgun

Melelehkan lem dengan Hot plate

Setelah kira-kira lem meleleh, gunakan suction cup pada LCD untuk mengangat, membuat celah dan menahannya. Lalu masukkan plastik tipis di celah LCD dan body untuk merobek lem di sekelilingnya..


Sisir ke sekeliling LCD untuk merobek lemnya hingga LCD dapat dibuka. Hati-hati ada konektor LCD assembly yang terhubung ke mainboard..

Konektor LCD dan konektor baterai dilindungi bracket atau plat besi yang dikencangkan dengan sebuah sekrup/baut. Silahkan buka skrupnya dengan obeng plus ukuran 1.5mm..


Setelah skrup terlepas maka bracketnya bisa dibuka. Dibawahnya ada dua buah konektor, diantaranya:
  • Konektor LCD (yang terhubung ke LCD dan lebar)
  • Konekotr baterai (disebelahnya yang agak kecil)
Disarankan kamu membuka konektor baterai terlebih dahulu untuk memutus semua aliran listrik! Setelah itu barulah congkel konekotr LCD.

Dan selesailah membuka LCD assembly Nokia 5.

Kalau ingin mengganti baterai Nokia 5, silahkan lanjutkan ke tutorial berikutnya..

Membuka dan Mengganti Baterai Nokia 5


Sebelum bongkar lebih dalam, jangan lupa keluarkan dulu SIM card dan SDcard tray holder dengan menggunakan SIM card tray ejector..


Konektor baterai sudah dilepas kan ya? di atas tadi sudah saya suruh sebelum melepas konektor LCD, kalau belum silahkan lepas dulu konektor baterai..


Lalu ada 18 buah skrup yang perlu dilepaskan untuk membuka mid-frame. Gunakan obeng plus ukuran 1.5mm untuk membuka baut tersebut..


Setelah semua sekrup penahan mid-frame terlepas, kamu bisa congkel frame tengah ini di bagian bawah untuk membukanya..


Setelah mid-frame itu dibuka, baterai Nokia 5 ini menempel di frame tengah tersebut. Dan seperti biasa perekat khusus yang menempelkan baterai memiliki pull-tab yang bisa ditarik untuk melepaskannya..


Silahkan tarik pull-tab nya dengan menggunakan pinset atau jari tangan secara lurus dan jangan sampai putus di tengah jalan.

Baterai akan mudah dibuka, dan silahkan ganti dengan baterai baru. Pasang kembali seperti semula.

Untuk lebih detailnya, bisa kamu lihat di video disassembly Nokia 5 berikut:


Pics sources: Nokia Mobiles & vremonte24.ru
Disclaimer: Silahkan gunakan tutorial ini dengan resiko sendiri. Kami hanya memberikan gambaran cara membuka LCD dan mengganti baterai Nokia 5. Apabila terjadi kesalahan yang mengakibatkan pada kerusakan ponsel Anda, maka itu resiko Anda sendiri.

0 Response to "Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai Nokia 5 "

Posting Komentar