Bongkar Samsung Galaxy J6/J4 Plus, Membuka dan Mengganti Baterai

Sebelumnya Elppas sudah membuat tutorial membongkar atau membuka Samsung Galaxy J6+/J4+, ponsel ini dibuka mulai dari LCD assembly bukan dari casing belakang (backcover).

Sebelum ganti baterai, pastinya harus melalui tahapan membuka LCD terlebih dahulu, jadi silahkan baca dan praktekan dulu panduan di artikel tersebut.

Build Samsung J6+ dan J4+ ini agak susah untuk dibongkar oleh orang awam, jadi kalau mau ganti baterai atau ada kerusakan lain, maka sebaiknya diserahkan pada ahlinya, minimal tukang service HP yang sudah berpengalaman atau langsung saja ke Samsung Service Center.

Tapi kalau mau coba sendiri, silahkan baca sampai selesai..

Spesifikasi Baterai Original Samsung Galaxy J6+/J4+


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Galaxy J6+/J4+ ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.



Berikut spesifikasi baterai ori Galaxy J6/J4+:
  • Type: Li-ion Battery
  • Model: EB-BG610ABE
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Capacity: 3300mAh/12.70Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
Ya, baterai Galaxy J6+ dengan J4+ memiliki model yang sama.
Dimana membeli baterai Samsung Galaxy J4/J6+ yang original? Samsung biasanya jual baterai di SSC (Samsung Service Center) dengan harga kisaran Rp. 300.000,- belum termasuk biaya service kalau mau langsung diganti di sana. Disarankan juga untuk langsung ganti disana, karena mungkin tidak bisa hanya jual baterainya saja.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Kalau mau beli diluar Samsung, saya sendiri lebih memilih OEM yang bermerk seperti Hippo, Rikippanda, Vizz, dll.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Membuka dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy J4+/J6+ 


Setelah LCD assembly dibuka, baterai ponsel ini sudah terlihat sebaigaian, tapi tidak bisa langsung dibuka karena posisinya berada di dalam mid-housing, jadi kita harus membuka mid-housing terlebih dahulu.

Lepaskan semua baut/sekrup mid-housing dengan menggunakan obeng phillips #00 (plus ukuran 1,5mm)..


Setelah semua skrup terlepas, selanjutnya tinggal congkel mid-housing dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, geser ke sekelilingnya untuk melepaskan pengait-pengaitnya dari casing belakang..


Setelah mid-housing terlepas dari casing belakang..


Baterai merekat ke mid-house. Untuk melelehkan lem-nya kita panaskan terlebih dahulu dengan menggunakan heat gun..


Setelah lem meleleh, dorong baterainya dari belakang bagian bawah..


Silahkan ganti dengan yang baru. Semoga bermanfaat! Pic source: movilone.

1 Response to "Bongkar Samsung Galaxy J6/J4 Plus, Membuka dan Mengganti Baterai"