Bongkar Samsung Galaxy J6/J4 Plus, Membuka dan Mengganti LCD Assembly

Kali ini Elppas mau share cara bongkar smartphone Samsung Galaxy J6+ atau Samsung Galaxy J4+ karena ini desainnya sama bahkan baterainya juga sama. Untuk membongkar ponsel ini bukan dibuka dari casing belakang (backcover), tapi mulai pembongkarannya dari depan atau dari LCD assembly. Mirip dengan cara membongkar Samsung Galaxy A3/A5.

Jadi untuk ganti LCD -jika pecah kacanya atau rusak digitizernya dan touchscreen tidak berfungsi- akan relatif mudah. Tapi disisi lain jika ingin mengganti baterai -jika sudah mulai boros, drop, kembung atau kerusakan baterai lainnya- ini akan menyulitkan.

Persiapan alat/tools kit dan obeng yang diperlukan:
  • SIM Card tray ejector
  • Mesin pemanas atau heat gun
  • Mesin pengangkat LCD atau suction cup
  • Pinset
  • Opening tools, spudger, plastik tipis
Langsung aja kita bongkar..

Membuka LCD Assembly Samsung Galaxy J6+/J4+


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (turn off). Lalu lepaskan dua buah slot SIM card dan tray memori eksternal dengan menggunakan SIM ejector..


Selanjutnya, untuk membuka LCD assembly, karena LCD ini merekat ke frame menggunakan lem, maka kita harus memanaskannya terlebih dahulu untuk melelehkan lemnya dengan menggunakan mesin pemanas (mobile dryer) pada suhu 82 derajat Celcius selama 8 menit..

Kalau di tempat service profesional atau di Samsung Service Center ya biasanya pakai mesin-mesin karena lebih efektif dan efisien.


Setelah lem meleleh, selanjutnya gunakan alat pengangkat LCD..


Untuk cara lainnya, bisa menggunakan heat gun atau melting bag yaitu dengan cara memanaskan di sekeliling LCD lalu gunakan iSlack atau suction cup untuk memangkat LCD dan membuat celah untuk memasukkan plastik tipis atau opening pick..


Gunakan plastik tipis untuk merobek lem di sekeliling LCD sampai bisa dibuka.. Hati-hati ada kabel flexible layar yang terhubung dari LCD assembly ke mainboard..


Setelah itu, buka pelindung konektor yang terbuat dari bahan plastik dengan mencongkelnya menggunakan pinset atau spudger. Lalu congkel konektor layar dengan spudger untuk melepaskannya.. Sodok kabel felxible yang merekat ke body..


Setelah konektor display dilepas, maka LCD display assembly bisa diganti, jika ingin menggantinya.. LCD Galaxy J6+/J4+ ini menggunakan panel IPS bukan Super AMOLED, jadi kemungkinan jika rusak biaya gantinya tidak akan semahal panel AMOLED, tapi ya tetap saja lah kalau Samsung original harganya tidak murah juga..

 
Seperti itulah cara membuka/membongkar Samsung Galaxy J6 Plus dan J4 Plus, dimulai dari Display assembly bukan dari casing belakang.

Silahkan kalau mau bongkar sendiri, tentunya dengan resiko sendiri. Jika masih awam sebaiknya ke ahli service saja. Lebih baik lagi langsung saja ke Samsung Service Center.

Selanjutnya akan kita bongkar lebih lanjut di artikel lainnya, membuka dan mengganti baterai Galaxy J6+/J4+.

Sumber foto: MovilOne.

0 Response to "Bongkar Samsung Galaxy J6/J4 Plus, Membuka dan Mengganti LCD Assembly"

Posting Komentar