Bongkar Laptop Asus VivoBook Pro F570, Upgrade HDD/SSD dan RAM Agak Susah!

Laptop terbaru dari Asus, VivoBook Pro F570 telah dirilis pertengahan Februari 2019.

Untuk pasar Indonesia, ASUS VivoBook Pro F570 tersedia dalam dua varian prosesor yaitu Ryzen 7 dan Ryzen 5. Berikut detail spesifikasi yang ditawarkan.
  • AMD Ryzen 7 2700U | 8 GB RAM | GeForce GTX 1050 4 GB GDDR5 | 256 GB SSD | 1 TB HDD | Windows 10
  • AMD Ryzen 5 2500U | 8 GB RAM | GeForce GTX 1050 4 GB GDDR5 | 1 TB HDD | Windows 10
Kedua varian tersebut sama-sama menggunakan layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Keyboard memiliki Travel Distance sejauh 1,4 mm dengan lampu Backlit warna putih.

Sementara kelengkapan konektor yang disediakan mencakup 1X USB 3.1 Gen 1, 1X Type-C USB 3.1 Gen 1, 2X USB 2.0, 1X HDMI, 1X Audio Jack, 1X MicroSD Card Reader, dan 1X Gigabit Ethernet. Tersedia pula fitur keamanan Fingerprint Sensor pada laptop ini.

Harga jual ASUS VivoBook Pro F570 dengan Ryzen 5 2500U adalah Rp. 11.799.000,- dan bisa di dapatkan dengan bebas di toko komputer seluruh Indonesia. Sementara ASUS VivoBook Pro F570 dengan Ryzen 7 2700U dipatok pada kisaran harga Rp. 13.999.000,- dan dijual eksklusif di JD.ID.

Upgrade SSD M.2 dan RAM Asus VivoBook Pro F570 Agak Susah


Bagi Anda yang berminat dan mau beli laptop ini, Elppas sarankan untuk membeli model Ryzen 7 saja yang sudah memiliki SSD M.2 sebesar 256 GB. Masalahnya, untuk upgrade atau memasang SSD M.2 pada laptop ini agak susah karena harus membongkar motherboard terlebih dahulu.

Sama halnya dengan upgrade RAM, walaupun memiliki dua buah slot SoDIMM DDR4, tapi hanya bisa diakses dengan membongkar motherboard terlebih dahulu.

Untuk membongkar VivoBook Pro F570, kita harus melepaskan beberapa buah sekrup di bagain belakang dengan menggunakan obeng plus..

Tetapi nanti yang dibuka bukan bagian casing belakang, melainkan bagian atas yang bersatu dengan keyboard..


Untuk membuka bagian atas harus melepas empat buah konektor termasuk konektor keyboard, fingerprint sensor, trackpad, dan backlight.

Setelah dibuka, beginilah jeroan Asus VivoBook Pro F570..


Tidak terlihat slot RAM dan SSD M.2/Intel Optane karena ada di bagian bawah motherboard, sehingga untuk upgrade kedua komponen tersebut agak susah.

Upgrade/Ganti HDD/SSD SATA


Yang paling terjangkau untuk upgrade komponen adalah harddisk. Anda mungkin mau ganti HDD dengan SSD atau mau menambah kapasitas HDD?

Caranya hanya tinggal lepaskan empat buah sekrup yang menahan bracket harddisk dengan menggunakan obeng plus.. Lalu dorong/geser untuk melepaskannya dari slot SATA..


Setelah itu, silahkan buka sekrup yang menahan HDD dari bracketnya dengan menggunakan obeng plus.

Baca Juga: Bongkar Notebook Lenovo IdeaPad 330s, Upgrade HDD, PCIe SSD, RAM, dan Ganti Baterai

Demikian cara mengganti HDD bawaan laptop ini. Semoga memberi gambaran untuk Anda yang mau beli laptop ini, ataupun untuk Anda yang sudah beli dan mau upgrade. Namun, jika tidak berani upgrade sendiri, tentunya bisa dibawa ke Asus Service Center saja. Sumber foto: Nerd Reviews ID & Putu Reza.

0 Response to "Bongkar Laptop Asus VivoBook Pro F570, Upgrade HDD/SSD dan RAM Agak Susah!"

Posting Komentar