Spesifikasi Huawei Y7 Pro 2019 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,9 Jutaan

Beberapa waktu lalau Huawei telah meluncurkan smartphone terbaru seri kelas budget Y7 Pro (2019). Elppas juga sudah unboxing Huawei Y7 Pro 2019 ini. Sekarang kita akan bahas dari spesifikasi dan harganya terlebih dahulu, lalu kita review bagus gak nih HP?

Spesifikasi Huawei Y7 Pro 2019


Berikut spesifikasi singkat Y7 Pro 2019 yang kita rangkup dari GSMArena:
  • Dimensi  (Lebar: 76,91 mm, Panjang: 158,92 mm, Tebal: 8,1 mm)
  • Berat: 168 g
  • Layar IPS LCD 16M colors, 6.26 inches 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
  • Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm). Processor: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. GPU: Adreno 506.
  • RAM: 3GB
  • Memori internal: 32GB
  • Dual nano SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Baterai 4000mAh
  • Micro USB, GPS, Bluetooth 4.2
  • Dual kamera belakang 13 MP, f/1.8, PDAF + 2 MP, depth sensor. LED flash, HDR, panorama. Video 1080p@30fps
  • Kamera depan 16 MP, f/2.0, HDR, Video 1080p@30fps

Harga Huawei Y7 Pro 2019


Huawei Y7 Pro 2019 hanya memiliki satu varian berdasarkan kapasitas RAM dan Memori Internalnya. Berikut harga kisarannya pada saat rilis..
Dari harga dan spesifikasi diatas kita tahu bahwa ponsel ini merupakan kelas entry-level atau kelas pemula. Jadi untuk me-review-nya disesuaikan dengan harga dan kelasnya.

Review singkat Xiaomi Redmi 6 Pro


Desain

Huawei Y7 Pro 2019 menawarkan desain layar penuh dengan notch yang minim berbentuk seperti tetesan air (dewdrop), sehingga layar tampilan lebih luas.


Ponsel ini dilengkapi dengan SIM card tray dual sim nano dengan plus sebuah tempat Micro SD terpisah, sehingga Anda bisa memasang 2 buah sim card + 1 memori Micro SD yang tentunya ini merupakan nilai positif.


Untuk desain bagian belakang, di pojok kiri atas ada dua buah lensa kamera yang di susun secara vertikal ditemani LED Flash serta tulisan AI Camera.


Build quality ponsel ini cukup baik dengan casing belakang yang berbahan plastik polycaronate tetapi tidak terlihat murahan berkat finishing yang baik.


Secara keseluruhan desain ponsel ini sangat baik dengan build quality yang juga baik. Menurut saya terlihat kece sih, tapi tentunya soal desain tergantung masing-masing, suka atau tidak itu sesuai selera Anda.

Performa

Untuk melihat kinerja kecepatan dari ponsel ini kita lakukan uji benchmark dengan aplikasi AnTuTu 7. Dan hasilnya cukup baik, Huawei Y7 Pro 2019 dapat mencetak skor sebesar 73.209.



Untuk performa UI sepertinya tidak ada masalah, tidak ada lag yang menggangu saat melakukan browsing maupun menjalankan aplikasi-aplikasi umum dan sosial media. EMUI Huawei juga merupakan salah satu UI yang memiliki fitur yang sangat lengkap.

Bagaimana performa ketika bermain games? Perlu diingat bahwa chipset yang digunakan merupakan kelas bawah, jadi untuk game-game berat seperti PUBG mobile atau Asphalt 9, permainan bisa Anda set di medium atau low. Anda masih bisa bermain di seting rendah dan mungkin akan mengalami beberapa lag di permainan.

Jika Anda bukan penggemar game berat seperti PUBG, maka performa ponsel ini sudah sangat baik dan cocok untuk Anda yang nyari HP dengan harga dibawah 2 juta.

Tampilan Layar

Mungkin ini salah satu kekurangan dari Huawei Y7 Pro 2019, tampilan layar ponsel ini menurut saya pribadi, warna yang dihasilkan agak pucat dan kurang natural. Berikut ini foto jika dibandingkan dengan layar ponsel Realme 2 yang memiliki warna lebih natural dan kaya warna.


Kamera Belakang

Huawei Y7 Pro 2019 mengusung kamera belakang dual lens 13MP + 2MP disertai dengan AI yang cerdas untuk mengoptimalkan foto secara real-time.

Yang paling menarik di sektor kamera Y7 Pro 2019 ini adalah aperture yang cukup besar yang sering digunakan di ponsel kelas atas, yaitu f/1.8 sehingga dapat memberikan asupan cahaya yang lebih banyak. Terbukti dapat menghasilkan foto yang bisa dibilang bagus untuk kelas low-end.

Ketajaman, warna dan detail yang dihasilkan kamera belakang Y7 Pro 2019 ini bagus, lebih bagus dari hasil kamera belakang Realme 2 yang harganya kurang lebih setara.

Huawei Y7 Pro 2019 vs Realme 2
Untuk foto bokeh/portrait, walaupun tidak sempurna, tapi Y7 Pro 2019 mampu menghasilkan foto yang detail, warna yang baik dan tidak terlalu banyak melenceng batas pemisah blur dengan yang tidak perlu di blur-nya.

Foto portrait Y7 Pro 2019 vs Realme 2 - by SobatHape
Salah satu kekurangan kamera belakang ponsel ini adalah ketika memotret makanan, hasilnya agak sedikit pucat dan memiliki warna yang tidak natural atau berlebihan.



Selain foto, hasil video juga bisa dibilang bagus untuk kelas dibawah 2 jutaan. Suara yang direkam juga cukup baik dan tidak cempreng.

Kamera Depan/Selfie

Huawei Y7 Pro 2019 mengusung kamera selfie beresolusi 16MP dengan aperture yang cukup besar juga untuk kamera selfie, yaitu f/2.0, yang juga disertai dengan AI yang cerdas untuk mengoptimalkan foto secara real-time.

Hasil kamera selfie dari ponsel ini sangat baik untuk kelasnya, terlihat lebih detail dengan warna yang natural dan vibrant.

Huawei Y7 Pro 2019 vs Realme 2 - pic by SobatHape
Tak jauh beda untuk hasil videonya juga bisa dibilang bagus, dengan dynamic-range yang baik.

Kesimpulan, Kekurangan dan Kelebihan Huawei Y7 Pro 2019


Sementara hanya itu saja review singkat yang bisa kami suguhkan. Kesimpulan menurut pandangan kami Huawei Y7 Pro 2019 bagus dengan harga 1,999 juta bisa mendapatkan smartphone yang fiturnya cukup lengkap dengan layar lebar berponi minimalis.

Baca Juga: Tanya Jawab Huawei Y7 Pro (2019) - USB OTG, Face Unlock, Gorilla Glass, NFC, Score AnTuTu?

Kelebihan
  • Layar lebar dengan takik dewdrop (tetesan air) pada harga dibawah 2jt.
  • Desain body yang menawan dan build quality yang baik
  • SIM tary triple. 2 slot SIM card + 1 slot Micro SD
  • Dual Camera 13MP + 2MP yang memiliki aperture seperti ponsel kelas atas, yaitu f/1.8
  • Kualitas kamera depan dan belakang sangat baik pada harga dibawah 2jt.
Kekurangan
  • Tampilan layar agak sedikit pucat warnanya
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Jika Anda mau menambahkan silahkan berkomentar di bawah.

Sumber gambar dan inspirasi: Sobat HAPE, youtube.

Selnjutnya mungkin akan kita bahas soal jeroan HP ini seperti biasa di artikel membuka casing belakang dan mengganti baterai. Sampai jumpa!

0 Response to "Spesifikasi Huawei Y7 Pro 2019 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 1,9 Jutaan"

Posting Komentar