Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai (Oppo) Realme 2

Hallo guys Elppas disini :) dan di artikel ini saya akan memberikan gambaran bagaimana cara membuka casing belakang dan Mengganti Realme 2. Sebelumnya sudah kita bongkar juga Realme C1 yang mirip-mirip juga tapi di Realme 2 ini ada fingerprint sensor-nya jadi cara membuka casingnya agak sedikit berbeda.

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Opening pick seperti pick gitar atau prying tool
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5~2,0mm
Jika belum punya, obeng dan tools kit bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Realme 


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..


Casing belakang Realme 2 ini terbuat dari plastik polycarbonate seperti pada Realme C1 sehingga kita bisa langsung mencongkel di bagian pinggir antara LCD assembly dengan casing belakang seperti pada foto dibawah ini..


Gunakan opening pick/prying tool atau pakai kuku jika terpaksa..


Geser ke seluruh sudut sehingga pengait-pengaitnya terlepas dan kita bisa membuka casing belakang.. Hati-hati ada kabel flexible yang terhubung dari casing belakang ke mainboard..

Untuk melepaskan konektor pemindai sidik jari, kita harus melepaskan terlebih dahulu sekrup/baut yang mengencangkan bracket pelindung konektornya.. Gunakan obeng phillips #00 atau obeng plus ukuran 1,5~2,0mm..


Setelah sekurp dilepaskan, angkat bracket konektor dengan menggunakan pinset..


Selanjutnya tinggal melepaskan konektor fingerprint sensor dengan menggunakan spudger..


Setelah itu casing belakang (backcover) bisa dipisahkan..


Jika ingin membuka dan mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya.

Spesifikasi Baterai Original Realme 2 Pro


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Realme 2 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Bisa kita lihat pada foto, baterai Realme menggunakan merk Oppo karena Realme ini memang anak perusahaan dari Oppo.

Berikut spesifikasi baterai ori Realme 2 Pro:

  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP673
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 4100mAh/15.78Wh
  • Nominal Voltage: 3.45Vdc
  • Typical Capacity: 4230mAh/16.28Wh
Dimana membeli baterai Realme 2 yang original? Saya sendiri kurang tahu. Mungkin Anda bisa coba tanya ke Service Center Oppo atau Service Center Realme.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Realme 2


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya. Namun baterai belum bisa dilepas karena konekotrnya tertutup oleh mid-frame atau bracket penutup motherboard. Untuk membukanya, lepaskan beberapa skrup yang mengencangkannya dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm..


Setelah plat besi tersebut dibuka, maka kita bisa melihat konekotr baterai. Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku..


Setelah itu, seperti biasa untuk melepas baterai Realme 2, disana ada pull-tab berwarna hijau yang bisa ditarik keatas untuk mengangkat baterai. Tapi jangan lupa kelupas dulu plastik putih yang melindungi baterai..

Tarik pull-tab hijau secara perlahan dan hati-hati..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Baca Juga: Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai REALME 2 PRO

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Realme 2. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! Pics source: Hu Technology & ESC Baig.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai (Oppo) Realme 2"