Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Realme C1

Membuka casing belakang dan mengganti baterai Realme C1 tidak serumit dan sesulit pada Realme 2 Pro. Backcover Realme C1 full berbahan plastik polycarbonate dan tidak banyak perlindungan waterproof juga tidak ada fingerprint sensor di bagian belakang, sehingga lebih mudah untuk membukanya.

Ok, sebelum bongkar-bongkar, mari kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan untuk buka casing dan ganti baterai si Realmi C1..
  • SIM Card tray ejectoor
  • Opening pick
  • Spudger/Prytool
  • Obeng phillips #00 (obeng plus ukuran 1.5~2.0mm)
  • Pinset (optional)
Jika belum punya, bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Setelah siap, langsung kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Realme C1 


Langkah pertama seperti biasa pastikan smartphone dalam keadaan mati (turn off bukan stand by).

Lalu keluarkan juga SIM card tray dengan menggunakan SIM ejectool yang biasanya diberikan dalam paket penjualan..


Setelah SIM card tray dikeluarkan, kita bisa mencongkel backcover dari sudut bawah dengan menggunakan opening pick atau pick gitar atau plastik tipis..


Geser ke seluruh sudut sehingga semua pengait pada backcover terlepas dari body, sehingga casing belakang dapat dibuka..


Seperti itulah kira-kira cara membuka casing belakang Realme C1. Cukup mudah.

Jika baterai sudah terasa boros, cepat habis, drop dan Anda ingin mengganti baterai, silahkan ikuti tutorial berikutnya.. Tapi sebelum itu, kita bahas dulu spesifikasi baterai original bawaannya.

Spesifikasi Baterai Original Realme C1


Setelah casing belakang terbuka, kita sudah bisa melihat baterai si Realme C1 ini. Baterainya berlogo Oppo karena Realme memang anak perusahaan dari Oppo.

Berikut spesifikasi baterai ori bawaan Realme C1:


  • Jenis: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP673
  • Limited Charge Voltage: 4.4Vdc
  • Rated Capcity: 4100mAh/15.78Wh
  • Normal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 4230mAh/16.28Wh
Belinya di mana? Kalau mau beli yang ori silahkan tanya ke Oppo Service Center. Untuk yang OEM atau KW banyak di jual di marketplace atau toko sparepart HP.

Lanjut ke tutuorial cara mengganti baterainya..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Realme C1


Setelah buka casing belakang, kita tidak bisa langusng mencabut baterainya karena konektor baterai dilindungi oleh bracket atau plat besi sehingga kita harus membukanya terlebih dahulu.

Perhatian! Membuka mid-frame ini akan menghanguskan garansi karena di salah satu sekrup terdapat segel garansi. Tapi, ganti baterai biasanya umur ponsel sudah setahun lebih jadi sudah tidak garansi.


Untuk membukanya, kita harus melepaskan beberapa buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng phillips #00 (obeng plus ukuran 1.5~2.0mm)..


Setelah semua skrup dilepas, silahkan buka plat besi tersebut dengan mengangkatnya dari bagian dekat baterai..


Selanjutnya kita bisa melepaskan konektor baterai dengan menggunakan supdger..


Setelah konektor baterai terlepas, maka baterai bisa dilepaskan dengan menarik pull-tab plastik berwarna hijau.. ada plastik putih yang perlu dikelupas terlebih dahulu..


Setelah baterai terlepas, silahkan ganti dengan yang baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu sebelum memasang semuanya.

Demikian panduan mengganti baterai Realme C1. Silahkan gunakan tutorial ini dengan resiko masing-masing. Sumber foto: Goad digital India & Android Corridor.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Realme C1"

Posting Komentar