Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Pocophone F1

Sebelumnya kita sudah membuat artikel tentang membongkar Xiaomi Pocophone F1 walaupun videonya hanya singkat. Kali ini Elppas akan membuat panduan bagaimana cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Xiaomi Pocophone F1.

Untuk persiapan, ada beberapa alat obeng dan tools kit yang diperlukan untuk membongkar ponsel ini, diantaranya:
  • SIM card tray ejector
  • Obeng Torx ukuran T3
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5~2,0mm
  • Opening pick atau pick gitar
  • Prying tool atau spudger
Untuk Anda yang mau bongkar tapi belum punya obeng dan tools kit bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore

Ok, langsung saja kita bongkar..

Cara Membuka Casing Belakang (Backcover) Xiaomi Pocophone F1


Seperti biasa, hal pertama yang wajib dilakukan tentunya mematikan terlebih dahulu ponselnya (turn off). Dan setelah itu, pastikan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan menggunakan pin ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Setelah itu, kita harus melepas terlebih dahulu 2 buah sekrup/baut yang beradai di bagian bawah ponsel di dekat port atau colokan charger/kabel data. Sekrup ini dapat dibuka dengan menggunakan obeng Torx (bintang 6) berukuran T3..


Selanjutnya backcover atau casing belakang bisa dicongkel menggunakan opening pick atau pick gitar..


Geser ke seluruh sudut sampai semua klip pengaitnya terlepas dan casing belakang bisa dibuka..


Casing belakang belum bisa dilepas secara keseluruhan karena ada kabel flexible fingerprint sensor yang tertutup oleh mid-frame atau fram pelindung motherboard.

Untuk membukanya kita harus melepaskan beberapa buah baut dengan menggunakan obeng plus berukuran sekitar 1,5~2,0mm.

Catatan: Ada sebuah sekrup yang dilindungi dengan stiker segel Xiaomi, yang artinya kalau membongkar ini maka garansi tidak akan berlaku.


Setelah dibuka plastik penutup motherboard, maka kita bisa melepaskan konektor baterai, fingerprint sensor, dan kabel flexible penghubung ke board bawah dengan menggunakan prying tool atau spudger atau kuku.. Pastikan untuk melepas konektor baterai terlebih dahulu agar lebih aman dan terhindar dari konslet..


Setelah ini maka casing belakang si Xiaomi Pocophone F1 ini bisa dipisahkan seluruhnya dari body.

Lanjut untuk mengganti baterai.. Jika baterai sudah drop, kembung, boros, cepat habis, maka sudah saatnya untuk mengganti baterai smartphone Anda.

Cara Membuka dan Mengganti Baterai Xiaomi Pocophone F1


Setelah membuka casing belakang dan juga mid-frame atau bingkai plastik pelindung motherboard, serta melepas konektor baterai, maka kita bisa langsung saja membuka baterainya.

Baterai merekat dengan lem ke bagian bawah body.

Ada plastik pull-tab di sebelah kanan baterai yang berfungsi untuk membuka baterai. Tarik ke atas pull-tab tersebut secara hati-hati hingga lemnya tersobek dan baterai terlepas..


Setelah baterai terlepas, silahkan ganti baterai dengan yang baru. Jangan lupa tes fungsinya terlebih dahulu sebelum memasang mid-frame dan casing belakangnya.

Sekian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Xiaomi Pocophone F1. Kami hanya memberikan panduan. Apabila Anda membongkar ponsel Anda tentu resiko ditanggung Anda sendiri :)

Terakhir, sekalian kita bahas spesifikasi baterai original bawaan Pocophone F1 ini..


Spesifikasi baterai original Xiaomi Pocophone F1:
  • Jenis: Lithium-ion Polymer Battery
  • Model: BM4E
  • Charging Voltage Limit: 4.40VDC
  • Rated Voltage: 3.85VDC
  • Rated Capacity: 3900mAh 15.0/15.4Wh(min/typ) 3900/4000mAh(min/typ)
Untuk membeli baterai original Xiaomi Pocophone F1 mungkin bisa tanya ke Xiaomi Service Center. Bisa juga beli di toko sparepart atau toko online yang "OEM" seperti merk Hippo, Rikkipanda, dll. Tapi hati-hati banyak yang KW.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Pocophone F1"

Posting Komentar