Iklan Header

ASUS ROG Phone, HP Gaming dari Asus dengan Processor Snapdragon 845

Asus ROG Phone memiliki layar 90Hz, pendinginan uap, dan berbagai aksesori game. Ini adalah upaya teranyar untuk membuat ponsel game terwujud.


Asus memulai dari Computex 2018 dengan mengumumkan spesifikasi tinggi ponsel ROG-nya. Dengan membawa merek Republik Of Gamer dan desain yang berorientasi gamer, ROG Phone adalah jawaban Asus untuk Razer Phone.

Ini adalah ponsel kedua setelah Razer's yang menawarkan layar 90Hz - artinya me-refresh 90 kali per detik, memberikan animasi yang lebih halus - dan Asus memberikan sedikit tambahan kebanggaan gamer dengan SoC kelas atas berkecepatan 2,6GHz Qualcomm Snapdragon 845 yang dipilih secara khusus. Ya, ini pasti akan menjadi Snapdragons tercepat saat ini.

Android belum memiliki game yang cukup menuntut yang dapat membebani Snapdragon 845 standar, apalagi varian overclock dengan pendinginan uap dan aksesori kipas yang dapat ditambahkan, itulah yang ditawarkan oleh ROG Phone.

Apa yang saya lihat di perangkat ini adalah transplantasi aneh dari estetika dan prioritas kinerja PC gamer tradisional ke ranah mobile. Bahkan ketika saya mempertanyakan untuk siapa perangkat ini, saya juga sangat tertarik dengan desain, kustomisasi, dan banjir dari keterikatan gaming-centric.

Asus menawarkan ponsel ini dengan spesifikasi tertinggi, dengan RAM 8GB, Snapdragon tercepat, dan memori yang super lega hingga 512GB.

Spesifikasi Asus ROG Phone


Berikut adalah spesifikasi singkat dari smartphone ASUS ROG:
  • Prosesor: speed-binned 2.96GHz Qualcomm Snapdragon 845
  • GPU: Qualcomm Adreno 630
  • Layar: Panel OLED 6 inci, 18: 9 (2160 x 1080) dengan refresh rate 90Hz dan waktu respon piksel 1ms; termasuk dukungan HDR dan cakupan gamut warna DCI-P3 108,6 persen
  • Dimensi: 158.8mm x 76.2mm x 8.6mm
  • Berat: 200g
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Memori: RAM 8GB
  • Penyimpanan: 128 GB atau 512 GB
  • Nirkabel: 802.11ad Wi-Fi dan Bluetooth 5
  • Headphone jack: Ya
  • Audio: Speaker stereo hadap depan ganda; DAC 24-bit / 192kHz; DTS Headphone: X 7.1-channel virtual surround sound; Dukungan AptX

Untuk mengaktifkan kinerja maksimum chip pada clock tertinggi, Asus ROG Phone memungkinkan Anda beralih ke "X Mode" dengan meremas sisi-sisi ponsel. Petrmsdsn bekerja persis seperti pada sistem Edge Sense HTC, dengan cahaya merah muncul di sisi tempat Anda memberikan tekanan.

Setelah Anda menekannya dengan kuat, seluruh skin UI ponsel berubah dari biru dingin ke merah yang powerfull.


Mode X lebih dari sekadar tampilan, karena secara otomatis mengoptimalkan kinerja untuk game dengan mematikan proses latar belakang dan memprioritaskan apa pun yang Anda mainkan untuk alokasi RAM dan prioritas transfer data. X Mode juga mengontrol AeroActive Cooler, yang disebut Asus sebagai aksesori kipas tambahan yang ditawarkan untuk ponsel ini.

Asus melangkah lebih jauh dengan tepi ponsel yang berinteraksi dengan memberikan apa yang disebut AirTriggers, yang berada di tempat-tempat tombol bahu yang biasa menjadi controller permainan. Ini adalah program yang dapat diprogram dan harus membantu menjaga layar tetap bersih dari kontrol saat bermain game.

Aksesoris Asus ROG Phone


Aksesoris adalah bagian besar dari cerita ROG Phone. Ada pengaturan gamepad klasik, yang menempatkan beberapa stik analog, dua set tombol bahu fisik, dan beberapa tombol game di kedua sisi tampilan lanskap ponsel.

Kontroler Gamevice ini bekerja bersama-sama dengan WiGig Dock secara nirkabel - menggunakan 60GHz 802.11ad Wi-Fi - game Anda ke TV terdekat yang terhubung.

Saya mencobanya dengan gim balap, dan saya tidak melihat adanya jeda yang nyata antara tindakan saya dengan pengontrol dan respons di layar.


Gamepad cukup baik, tetapi saya masih belum melihat lampiran pad ini menjadi benar-benar populer, jadi saya tetap skeptis tentang seberapa banyak penggunaannya.

Kemudian ada juga aksesori clamshell dengan layar kedua yang mengubah Telepon ROG menjadi perangkat layar ganda. Ini disebut Dock TwinView, dan aksesoris ini cukup besar dan tebal, terutama karena baterai 6.000 mAh di dalamnya. Ini memiliki layar 6-inci, resolusi full HD 1080p, sama seperti ROG Phone, dan itu menambah tombol bahu, umpan balik gaya yang ditingkatkan, sistem quad-speaker yang menghadap ke depan, dan pendinginan ekstra.


Pengalaman saya dengan aksesori ini sangat canggung, karena perangkat lunaknya tidak intuitif dan konstruksinya terlalu dini untuk dinilai dalam hal kualitas atau daya tahan.

Asus juga memiliki dock dengan banyak port kabel di bagian belakang, memungkinkan Anda untuk menggunakan ROG Phone sebagai PC pseudo yang terhubung ke monitor, keyboard dan mouse, atau sebagai layar tambahan ke PC biasa Anda.


Ini, seperti semua aksesori lainnya, melampirkan melalui port sisi khusus di ROG Phone (yang berada di bagian bawah perangkat saat diubah menjadi lanskap).

Port ekstra lebar ini berisi konektor USB-C biasa dan Asus proprietary yang berada tepat di sebelahnya. Selain dari semua kemungkinan perangkat, saya sangat menyukai ide untuk mengisi baterai dengan kabel yang terpasang di bagian bawah saat saya menonton sesuatu atau bermain game.

Tidak mungkin untuk tidak terkesan dengan pemikiran dan rekayasa yang dibenamkan Asus ke dalam ROG Phone. Perangkat ini dan ekosistem mini aksesoris yang ramah gamer jelas berfungsi sementara waktu.

Ini adalah salah satu upaya paling tulus dan ambisius untuk menjadikan ponsel game Android sebagai kategori yang sah dalam dirinya sendiri. Saya masih berpikir tugasnya adalah yang menanjak, tetapi Asus layak mendapatkan kredit untuk menempatkan kaki terbaiknya ke depan.

Harga Asus ROG Phone?


Harga Ponsel ROG dan rangkaian asesorisnya tidak diumumkan di Computex, tetapi Asus memberi tahu bahwa ponsel ini akan dijual pada kuartal ketiga tahun ini. Mengingat spesifikasi yang sangat tinggi, kita mungkin harus mempersiapkan diri untuk harga tanpa kompromi mengikuti kinerja tanpa kompromi.

(Sumber: TheVerge)

1 komentar untuk "ASUS ROG Phone, HP Gaming dari Asus dengan Processor Snapdragon 845"

Comment Author Avatar
Kerennn sih, tapi pasti mahal. Mulai nabung dulu. Sip sip..