Iklan Header

Cara Mengatasi Masalah Default Boot Device Missing or Boot Failed Lenovo

Beberapa waktu lalau Elppas mendapat "pasien" laptop dengan masalah Windows 10 yang tidak mau booting, dengan pesan error.. "default boot device missing or boot failed" pada notebook lenovo ideapad ip310s.


Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya gampang saja. Tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini..
  1. Restart/Nyalakan notebook
  2. Masuk ke BIOS (Fn+F2 / Esc / Del / F1 / F2 / F11 / F12) coba satu satu tombol itu karena tidak semua laptop sama cara masuk BIOS-nya. Kalau tidak masuk pake salah satu tombol itu coba cari tombol masuk BIOS laptop Anda apa di buku manualnya mungkin atau cari di Google. Karena kalau tidak bisa masuk BIOS ya gak bisa diperbaiki.
  3. Pilih tab menu BOOT
  4. Pilih Boot Mode, ganti UEFI Boot Type menjadi Legacy Support.
  5. Pindah ke tab Exit, lalu Exit Saving Changes untuk menyimpan setting. 
  6. Pilih Yes untuk konfirmasi.
Dan seharusnya notebook akan booting kembali normal.

Untuk lengkapnya silahkan lihat video berikut ini..


Info tambahan..

Kenapa Masalah itu Bisa Terjadi?


Karena, pada saat menginstall Windows menggunakan skema partisi MBR.

Jika ingin menggunakan UEFI maka Anda harus menginstall dengan format skema partisi GPT pada media installer (USB FlashDrive/DVD-Rom).

Apa Perbedaan UEFI vs Basis BIOS Booting?


BIOS Legacy (dalam bahasa Indonesia: Lawas) tampaknya memudar menjadi tidak relevan. Namun, ketika harus booting komputer Anda, tetap menjadi pilihan. Anda harus mempertimbangkan untuk memilih sistem yang memiliki apa yang Anda inginkan di dalamnya, bukan yang populer.

Legacy telah teruji waktu sebagai sistem boot nomor satu selama lebih dari 25 tahun. Seperti semua hal, akan selalu ada penerus yang datang untuk peningkatan atau perbaikan.

Legacy BIOS telah menjadi kurang populer, sementara UEFI telah mulai mendominasi cara pengguna merancang sistem proses booting. Ini bisa terjadi karena orang sudah muak dengan coding yang hadir ala Legacy, yang berubah menjadi proses yang sangat berantakan, ketinggalan jaman, dan tidak terorganisir. Namun tidak semua perangkat keras dan perangkat lunak Legacy harus segera dilempar. Anda harus selalu mempertimbangkan untuk memaksimalkan apa yang Anda miliki.

Perbedaan antara booting UEFI Boot dan Legacy adalah proses yang digunakan firmware untuk menemukan target boot.

Legacy Boot adalah proses boot yang digunakan oleh firmware BIOS. Firmware menyimpan daftar perangkat penyimpanan terinstal yang dapat melakukan boot (Floppy Disk Drives, Hard Disk Drives, Drive Disk Optik, Tape Drives, dll.) Dan menyebutkannya dalam urutan prioritas yang dapat dikonfigurasi.

Salah satu prosedur POST telah selesai, firmware memuat sektor pertama dari masing-masing target penyimpanan ke dalam memori dan memindainya untuk Master Boot Record (MBR) yang valid. Jika MBR yang valid ditemukan, firmware melewati eksekusi ke kode boot loader yang terdapat di MBR yang memungkinkan pengguna untuk memilih partisi yang akan di-boot.

Jika tidak ditemukan, perangkat akan dilanjutkan ke perangkat berikutnya dalam urutan booting. Jika tidak ada MBR yang ditemukan sama sekali, maka monitor akan menampilkan pesan "Please inserti system disk an press enter"

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) boot adalah proses boot yang digunakan oleh firmware UEFI. Firmware menyimpan daftar volume boot yang valid yang disebut EFI Service Partitions. Selama prosedur POST, firmware UEFI memindai semua perangkat penyimpanan yang dapat melakukan boot yang terhubung ke sistem untuk mendapatkan Tabel Partisi GUID yang valid (GPT).

Tidak seperti MBR, GPT tidak berisi boot loader. Firmware itu sendiri memindai GPT untuk menemukan Partisi Layanan EFI untuk melakukan boot. Jika tidak ada partisi bootable EFI yang ditemukan, firmware dapat kembali menggunakan metode Legacy Boot.

Jika booting UEFI dan booting Legacy gagal, yang terkenal "Please insert system disk and press enter" akan ditampilkan di layar.

Secara umum, boot UEFI lebih diminati karena cenderung lebih cepat.

4 komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Default Boot Device Missing or Boot Failed Lenovo"

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
laptop saya kayak gitu juga gan, udah di ganti ke legacy, tapi pas ke shutdown/mati (cabut batre/batre habis) terus di nyalain lagi kok ke restart ke mode UEFI lagi ya?
Comment Author Avatar
Terimakasih kepada siapa yang membuat blog ini.Karena pada saat saya mengalami masalah tersebut,saya sempat panik karena takut dimarahi oleh ibu saya.Sekali lagi terimakasih