Iklan Header

HATI-HATI Refurbish! Baru Beli HP OPPO A57 2022 Tidak Mau Di-cas, Pas Dibongkar Sparepart KW!

Al kisah (kisah nyata) konsumen servis HP baru beberapa bulan tiba-tiba tidak bisa di cas..

Halo, sobat elppas! Kali ini saya kedatangan HP Oppo A57 2022 tidak bisa di cas. Menariknya, ada 2 informasi mengenai HP ini yang dapat kita ambil pelajarannya..

Pertama, si A57 2022 ini bermasalah tidak mau ngecas, dikarenakan sebelumnya terjatuh, dan tiba-tiba tidak bisa di cas. Solusinya ternyata sepele..

Kedua, ternyata setelah dibongkar Oppo A57 2022 ini adalah HP rekondisi atau refurbish, dimana sparepartnya sudah banyak yang diganti dengan parts KW.

Kita akan mencoba untuk memeriksanya. Jadi, kondisi HP Oppo A57 versi 2022 ini, saat diisi daya, layar otomatis menyala. Mari kita cek. Saat diisi daya, layar langsung menyala. Ini menunjukkan bahwa terjadi koneksi antara kabel chrger dengan mesin namun tidak sempurna, tidak normal seperti biasanya.

Mari kita di pojok kanan atas. Jika normal, seharusnya ada indikator petir pengisian, tetapi kondisi disini tidak ada. Untuk konsumsi arus saat kita cek dengan smart charger ini hanya sekitar 0,5 ampere, tidak mencapai 1 ampere yang seharusnya dibutuhkan. Namun, saat diisi daya, konsumsi arus hanya sekitar 0,3 ampere, dan tidak ada tanda petir.

Mari kita cabut kabel cas. Saat dicabut, HP masih menyala, yang berarti ini baterai masih bisa dipakai tetapi tidak bisa melakukan proses pengisian.

Kemungkinan penyebabnya bisa bervariasi, seperti konektor cas, soket baterai, atau jalur BSI ID. Kita perlu membuka HP untuk memeriksanya. 

Hat-hati saat membuka bagian belakangnya, jangan menyeset terlalu dalam khususnya dekat tombol power. Saat membuka, ada fleksibel fingerprint yang terhubung dari tombol pewer ke mainboard. Jadi buka di sisi yang besebrangan dengan tombol power.

Selanjutnya mari kita buka baut-baut yang menahan midframenya. Setelah dibuka..

Saat diperhatikan, ada baterai yang terlihat sudah diganti, bukan bawaan aslinya yang biasanya memiliki logo Oppo. 

Mari kita cek bagian baterai ini. Saya melihat adanya ketidakrataan pada konektor baterai. Ya ternyata konektor baterai tidak terkoneksi secara sempurna ke socket-nya. 

Setelah nenekan konektor baterai, HP sudah normal kembali dan siap digunakan. Pada konektor baterai biasanya memiliki 3 pin, : positif, negatif, dan ID.

Namun, saya curiga bahwa HP ini adalah versi refurbish atau rekondisi yang dijual online sehara 850 ribuan. Ini terlihat dari beberapa indikasi, seperti simbol Cina yang terlihat di bagian papan induk.


Ketika saya memeriksa kembali bagian bawahnya, saya melihat bahwa papan bawahnya tidak asli dan tidak memiliki komponen-komponen kecil yang seharusnya ada pada HP asli.

Selain itu juga terdapat kejanggalan lain, yaitu modul kamera palsu yang tidak memiliki lensa, hanya plastik kosong, jadi hnya sebgai modul kamera pajangan yang tidak memiliki fungsi apapun.


Kesimpulannya, penyebab HP tidak mau mengisi daya adalah karena konektor baterai tidak terhubung sempurna pada pin baterry-ID nya.

Demikianlah, teman-teman, jika mengalami masalah serupa, periksa bagian baterai, konektor cas, dan konektor baterai. 

Hati-hati dengan ponsel refurbish banyak beredar di pasaran, baik di marketplace maupun di offline. Jangan sampai tertipu dengan harga murah tapi isinya sudah diganti semua atau sudah diservis dan dirakit kembali.

Terima kasih! Sumber: Tekso.

Posting Komentar untuk "HATI-HATI Refurbish! Baru Beli HP OPPO A57 2022 Tidak Mau Di-cas, Pas Dibongkar Sparepart KW!"