Iklan Header

Servis HP Mati Total Samsung A13 Di Cas Tidak Tampil Malah Mesin Panas!

Halo Elppaster, di artikel kali ini, saya akan berbagi pengalaman menarik terkait perbaikan HP Samsung Galaxy A13 yang mengalami mati total setelah jatuh dan menjadi panas saat diisi daya.

User membawa HP tersebut ke konter saya dalam kondisi mati total setelah mengalami kejadian tersebut. Saya mencoba melakukan pengujian cas, namun tidak mendapatkan respons, hanya saja HP tersebut menjadi panas.

Saya memutuskan untuk membongkar HP tersebut guna menemukan sumber panas yang menyebabkan masalah tersebut. Setelah membuka penutup belakang, saya melihat bahwa bagian IC power HP tersebut yang menjadi panas.

Saya ukur dulu dengan multimeter ternyata mesin tidak short tidak konslet, HP saya ukur vbat-nya tidak short ya teman-teman tapi di saat dicas langsung panas di bagian IC power.

Pengalaman sebelumnya mengajarkan saya bahwa masalah serupa bisa disebabkan oleh konslet pada area eMMC. Meskipun pengukuran tidak menunjukkan adanya short atau konslet, saya fokus pada kapasitor di sekitar eMMC yang pernah menyebabkan masalah serupa.

Untuk memastikan sebaiknya gunakan rosin untuk melihat mana kapasitor yang panas. Jika ada thermal camera mungkin akan lebih mudah menemukan kapasitor panas.

Saya mencoba mencabut kapasitor berwarna hitam di samping eMMC, mengingat pengalaman sebelumnya yang berhasil dengan tindakan serupa. 

Hasilnya, setelah mencabut resistor tersebut, HP tidak lagi panas dan mendapatkan tegangan cas yang normal. Alhamdulillah, HP berhasil menyala kembali.

Catatan: Jika mempunyai kapasitor pengganti yang sama, sebaiknya ganti jangan hanya dicabut agar hasilnya lebih baik lagi.

Hal ini menunjukkan bahwa kasus mati total pada HP Samsung A13 yang menjadi panas di bagian IC power bisa diatasi dengan mencabut resistor di samping eMMC. Penyebab mati total memang beragam, namun salah satunya seperti ini,.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Servis HP Mati Total Samsung A13 Di Cas Tidak Tampil Malah Mesin Panas!"