Iklan Header

Studi Kasus Youtube: Bagaimana Sam Sulek Mengubah YouTube, 2 Juta Sub Tanpa Thumbnail Tanpa Edit

Pertumbuhan YouTube Sam Sulek

Menciptakan peningkatan, itulah yang kita semua inginkan. Inilah Sam Sulek, seorang binaragawan berusia 21 tahun, dan dia mendapatkan peningkatan dalam lebih dari satu hal. 

Pada bulan Maret tahun ini, dia memiliki sekitar 8.000 subscriber, dan hari ini dia berada di angka yang luar biasa, 1,8 juta. Tapi tunggu, ketika saya menulis ini, sekarang, 2 hari kemudian saat saya sedang mengedit, dia sudah mencapai 1,9 juta. Jadi, dia mendapatkan sekitar 100.000 subscriber dalam 2 hari. 

Pertumbuhannya begitu cepat dan eksponensial sehingga lebih dari 1 juta pelanggan bergabung dalam 2 bulan terakhir.

Apa yang membuat Sam begitu istimewa? Apakah karena dia sangat besar? Yah, meskipun begitu, itu bukanlah satu-satunya alasannya. 

Jika Anda mengunjungi saluran Sam dan melihat kontennya, hal pertama yang Anda perhatikan adalah thumbnailnya hanya tangkapan layar dari videonya

Hal berikutnya yang Anda perhatikan adalah setiap video memiliki durasi lebih dari 30 menit, dan beberapa bahkan lebih dari satu jam. 

Jadi, apa rahasianya? Apakah nilai produksinya luar biasa? Apakah pengeditannya sangat hebat sehingga penonton tidak bisa berhenti menonton? Tidak, tidak sama sekali.

Analisis Konten

Tidak peduli video mana yang Anda tonton, Anda akan menemukan bahwa video Sam hampir tidak diedit. Ada sangat sedikit potongan, sehingga terasa seperti Anda sedang berkumpul dengan seseorang di mobil yang pergi ke gym, memeriksa kemajuannya, dan kemudian pulang. 

Pada dasarnya, terdengar agak membosankan, bukan? Jadi, siapa yang akan menonton ini selain penonton yang tertarik pada kebugaran dengan kesabaran ekstra? Ya, penonton seperti itu memang ada, tetapi 1,8 juta? Luar biasa.

Saya tahu ada sesuatu yang berbeda. Jadi saya menonton beberapa video Sam dan saya melihat sesuatu, kemudian saya membaca beberapa komentarnya, dan semuanya mengkonfirmasi apa yang saya pikirkan. 

Dia adalah orang asli apa adanya, dia hanyalah seorang pria biasa menjalani harinya, dan saya kira itu adalah barang langka di YouTube sehingga penonton tidak bisa mendapatkannya cukup. 

Sebagian besar audiensnya mungkin ada di sana untuk informasi, tetapi sebagian besar dari mereka juga hanya ingin bersantai. 

Mereka memutar video sebagai latar belakang dan mendengarkan orang nyata melakukan hal-hal nyata, berbicara tentang hal-hal yang penting bagi mereka. 

Terlepas dari minat Anda, Anda mendengarkan dan terhubung, dan dalam momen itu, Anda tidak sendirian.

Apa yang membuat Sam istimewa adalah apa yang membuat Sam menjadi Sam. Dia penuh gairah, menghibur, kadang-kadang kasar, tetapi kuncinya adalah bahwa penonton merasa bahwa mereka akan mendapatkan pengalaman yang sama jika mereka bertemu dengan Sam di pompa bensin atau toko kelontong. 

Jadi tidak mengherankan bahwa video yang paling banyak ditonton di saluran ini bukan yang menampilkan dia sedang berolahraga, tetapi video berbincang.

Jadi, bagaimana dia melakukannya selain fakta bahwa dia adalah orang yang sangat keren? Semuanya bermuara pada satu strategi: konsistensi

Tentu, autentisitasnya penting, tetapi tak ada yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal Sam tanpa konsistensinya. Dia mengunggah setiap hari, dan komunitasnya telah belajar bahwa ini adalah sesuatu yang bisa mereka andalkan dan yang layak untuk diinvestasikan waktu. 

Misalnya, jika Anda mencari Sam di TikTok, hanya satu dari mereka adalah akun Sam yang asli. Semua yang lain adalah akun penggemar, dan akun penggemar ini memiliki jumlah pengikut yang cukup besar. 

Saya belum pernah melihat yang seperti ini, dan YouTube juga belum pernah melihatnya, berkat Sam, niche kebugaran meledak seperti tidak pernah sebelumnya.

Jadi, kita semua seharusnya mengambil catatan karena dengan konsistensi dan autentisitas, seorang pencipta dalam setiap niche dapat melakukan hal yang sama. 

Jadi, apakah semua yang telah kita pelajari tentang YouTube salah? Apakah kita tidak lagi memerlukan pemotongan dan pengeditan yang bagus serta thumbnail yang hebat? Apakah kita semua hanya bisa menyalakan kamera dan menjalani hari kita dan mendapatkan jutaan pelanggan? Tidak ada jawaban yang benar untuk ini. 

Itu tergantung pada individu Anda. Jumlah subscriber Anda tidak akan tergantung pada seberapa banyak potongan yang Anda miliki dalam video Anda, tetapi akan tergantung pada seberapa baik penonton Anda dapat terhubung dengan Anda (engagement) dan dengan apa yang Anda gairahkan. 

Jadi, lakukan apa pun yang Anda bisa untuk meningkatkannya, itu adalah keputusan yang benar. Selain itu, jika saya sangat bersemangat dan mencari kesenangan, apakah saya akan mengklik video ini? Ada sesuatu untuk setiap jenis penonton di YouTube, jadi Anda harus bertanya pada diri sendiri, siapa penonton ideal Anda, dan apa yang membuat mereka ingin menonton Anda. 

Butuh waktu lama bagi saya untuk menemukan jawaban untuk diri saya sendiri, tetapi pada akhirnya saya melakukannya. Ini adalah kisah itu, dan ini adalah bagaimana Anda juga akan menemukan tempat Anda. 

Anda dapat belajar banyak tentang YouTube, tetapi pada akhirnya, kita semua harus belajar pelajaran paling berharga, yaitu menjadi diri sendiri.

Poin-poin pentin, Pelajaran dari Channel Sam Sulek

  1. Sam Sulek adalah seorang YouTuber dengan pertumbuhan yang sangat cepat, dari 8.000 pelanggan pada Maret menjadi 1,9 juta dalam beberapa bulan.

  2. Penyebab kesuksesan Sam bukanlah produksi video yang rumit, tetapi autentisitas dan konsistensi dalam kontennya.

  3. Video-video Sam jarang diedit dan berdurasi panjang, menciptakan pengalaman seolah penonton berada di sekitar kehidupannya.

  4. Kesuksesan Sam didorong oleh keterhubungannya dengan penontonnya, yang mencari relaksasi dan konten yang bisa mereka dengarkan seperti berbicara dengan seorang teman.

  5. Pentingnya autentisitas dan konsistensi dalam membangun komunitas penggemar dan pertumbuhan saluran YouTube.

  6. Dalam era YouTube, gaya konten yang lebih sederhana dan autentik semakin diminati, bahkan oleh pembuat konten besar seperti Mr. Beast.

  7. Tidak ada aturan kaku dalam konten YouTube; yang terpenting adalah seberapa baik Anda dapat terhubung dengan penonton Anda dan menjalani gairah Anda.

  8. Anda perlu mengidentifikasi siapa penonton ideal Anda dan apa yang membuat mereka tertarik untuk menonton konten Anda.

  9. Kesuksesan tidak hanya tergantung pada tampilan visual dan editing, tetapi pada kemampuan Anda untuk menciptakan hubungan dan koneksi dengan audiens Anda.

  10. Pesan terpenting adalah menjadi diri sendiri dan fokus pada apa yang Anda gairahkan untuk menarik penonton yang autentik dan berkomitmen.

Jadi intinya: 

  • autentic (asli, apa adanya), 
  • konsistensi upload tiap hari, 
  • semangat dan menghibur, 
  • menciptakan hubungan komunikasi dengan subscriber.

Namun, walaupun terlihat sederhana tetap saya kira nilai jual Sam tidak hanya itu, tapi bentuk tubuh yang luar biasa juga menjadi faktor penting. Ya harus ada lah nilai jual tersendiri.

Dan walaupun terlihat spontan sebenarnya tetap ada unsur-unsur yang masuk dalam strategi membuat video viral walau tanpa disadari alias secara natural.

Posting Komentar untuk "Studi Kasus Youtube: Bagaimana Sam Sulek Mengubah YouTube, 2 Juta Sub Tanpa Thumbnail Tanpa Edit"