Iklan Header

Review AccuBattery: Aplikasi Monitoring Kesehatan Baterai Android! Apakah Akurat?

AccuBattery: "Lacak kesehatan & performa baterai Anda. Akurat. Sederhana. Ilmiah." Begitulah kira-kira tagline-nya. Apakah benar aplikasi ini berdasarkan metode ilmiah dan akurat?

Apa itu AccuBattery?

AccuBattery adalah salah satu aplikasi teratas di Google Play Store untuk performa baterai perangkat Android dan pelacakan kesehatannya.

AccuBattery memiliki metode untuk melindungi kesehatan baterai didasarkan atas penelitian ilmiah. Data-data diperlihatkan kepada pengguna, dan menjelaskan bagaimana angka-angka tersebut dihitung dengan cara-cara yang transparan.

Dengan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store dan rating rata-rata 4.8 dari 5, AccuBattery benar-benar membantu penggunanya untuk memantau baterai mereka dengan lebih akurat dan mendapatkan rincian berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat mereka.

Seberapa Akurat AccuBattery?

Ketika saya menampilkan data kapasitas baterai (mAh) dalam review sebuah baterai di konten Youtube saya dengan aplikasi ini, ada beberapa komentar yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak akurat.

Dalam sebuah forum juga ada beberapa yang mengatakan bahwa aplikasi ini tidak akurat menampilkan kapasitas baterai sebenarnya, beberapa anggota forum meragukan akurasi AccuBattery.

Namun beberapa juga menganggapnya sebagai alat yang berguna untuk memberikan perkiraan kasar tentang kesehatan baterai perangkat mereka.

Menurut saya pribadi, AccuBattery adalah salah satu aplikasi untuk mengukur kapasitas baterai Android paling mendekati akurat. Ya, mungkin tidak 100% akurat tetapi bisa 97-99% akurat asal Anda menggunakannya secara benar.

Kesehatan baterai (battery health) pada AccuBattery dihitung berdasarkan minimal 5x sesi pengisian terakhir. 

Ada beberapa orang yang baru ganti baterai baru ngecas 1-2x dan hasilnya menampilkan battery health jauh dibawah kapasitas aslinya, lalu mengatakan bahwa aplikasi ini tidak akurat!

Aplikasi ini menghitung berdasarkan data masuk (mengisi daya) dan data keluar (pemakaian), sehingga itu sangat tergantung dari input data. 

Alikasi akan semakin akurat setelah lebih dari 5 siklus (5x100%) pengisian dan pemakaian baterai.

Berikut tips agar aplikasi menghitung kapasitas baterai lebih akurat:

  • Gunakan charger dan kabel original bawaan HP Anda.
    Charger dan kabel KW dapat mempengaruhi efisiensi pengisian baterai. Charger berkualitas rendah seringkali menghasilkan arus yang tidak stabil sehingga pengisian baterai tidak optimal. Jadi pastikan gunakan charger original Anda.
  • Gunakan charger fast charging seperlunya.
    Teknologi fast charging memang sangat membantu, namun terkadang dapat menurunkan efisiensi pengisian daya, beberapa energi akan "menguap" saat melakukan pengisian daya, sehingga baterai tidak terisi secara optimal 100%.
  • Lakukan full charge beberapa kali.
    Gunakan charger standar 5V~2A (bukan fast charging), gunakan ponsel hingga low-batt dibawah 15% (1% terbaik), lalu cas hingga 100% full tanpa gangguan agar aplikasi dapat menghitung secara akurat.

Dengan cara-cara diatas, maka kapasitas baterai ponsel Anda akan terbaca lebih akurat. Silahkan dicoba!

Catatan:

Ini soal mindset! Jangan menganggap bahwa baterai dengan label 5000 mAh itu akan terbaca benar-benar 5000mAh oleh aplikasi ini, karena ada toleransi produksi, biasanya antara 4900-5000mAh. 

Lalu sistem operasi Android juga tidak akan menggunakan full 100% isi baterai, artinya ketika low-batt dan HP dimatikan oleh sistem itu bukan berarti isi baterai 0% (habis total), tentunya sistem juga akan membuat cadangan untuk keamanan. 

Jadi jika baterai baru Anda terbaca 4850-5000mAh itu sudah bagus dan wajar!

Fitur-Fitur

Aplikasi pengelolaan baterai ini dilengkapi dengan banyak pilihan lain seperti:

  • Ukur kapasitas baterai sebenarnya (dalam mAh).
  • Lihat seberapa besar keausan yang dialami baterai Anda dengan setiap sesi pengisian daya.
  • Lihat kecepatan pengosongan dan konsumsi baterai per aplikasi.
  • Waktu pengisian daya yang tersisa - ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum baterai Anda terisi.
  • Waktu penggunaan tersisa - ketahui kapan baterai Anda akan habis.
  • Estimasi saat layar aktif atau layar mati.
  • Periksa persentase tidur dalam-dalam, ketika perangkat dalam mode siaga.
  • Pemberitahuan berkelanjutan untuk statistik baterai waktu nyata dengan sekilas.

Accubattery Pro

Sebagian besar fitur aplikasi bisa diakses melalui versi gratis, termasuk alarm pengisian, jumlah keausan, statistik baterai, waktu pengisian, dan sebagainya.

Berikut fitur Pro:

  • Gunakan tema gelap dan hitam AMOLED untuk menghemat energi.
  • Akses ke sesi sejarah yang lebih dari 1 hari.
  • Statistik baterai terperinci dalam pemberitahuan.
  • Tanpa iklan.

Tes AccuBattery Pro di HP Baru

HP baru, baterainya juga pasti baru. Kebetulan saya beli HP baru Infinix Note 30, langsung pada hari pertama saya install aplikasi AccuBattery Pro untuk melihat bagaimana kondisinya. 

Berikut ini hasilnya:

Battery health terbaca 96% di HP baru dan baterai original baru bawaan pabrik. Hal itu sangat wajar, baterai baru terbaca 95-100% di AccuBattery tergolong bagus, karena kalkulasi aplikasi ini dihitung dari pengisian baterai dan pengosongan baterai yang mana pada saat pengisian baterai bisa saja terjadi tinggi rendah efisiensi pengecasan, serta hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas.

Perhatikan juga padda grafik "Battery Capacity Over Time" ada tanda "X" yang bisa menyentuh 100% namun ada juga yang dibawah 95%. Hal tersebut menunjukkan efisien atau tidaknya pengisian baterai, apalagi Infinix Note 30 ini mendukung Fast Charging 45W yang bisa mempengaruhi efisiensi pengisian baterai.

Kesimpulan

Kami merekomendasikan menggunakan AccuBattery yang bisa memberikan Anda banyak fitur berguna terkait baterai pada tablet atau ponsel Anda.

Aplikasi AccuBattery akurat untuk melihat kesehatan baterai, data penggunaan baterai, dan kapasitas baterai (mAh)  jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar.

Posting Komentar untuk "Review AccuBattery: Aplikasi Monitoring Kesehatan Baterai Android! Apakah Akurat?"