Iklan Header

Paket Hilang di J&T Express Tidak Pernah Diganti! 3 Bulan Komplain Tak ada Hasil! Tracking Record Sudah Dihapus!

Selamat ulang tahun J&T Express yang ke 8 tahun pada 21 Agustus 2023. Makin sini J&T menurut saya bukan tambah bagus malah makin mundur. Ditandai dengan banyaknya penutupan gerai J&T yang dulu ada dimana-mana, sekarang paling hanya cabangnya saja.

Apalagi paket saya pernah hilang di J&T Express dan tidak pernah diganti, tidak ada tanggungjawabnya, komplain berlarut-larut hingga 2 bulan lebih komplain disuruh nunggu terus, bulan ke-3 saya komplain klaim kehilangan tapi sampai sekarang sudah bulan ke-4 tidak pernah ada kelanjutan lagi soal komplain saya, tidak ada penggantian barang. Bahkan tracking record sudah dihapus!

"Record not found" jika di tracking di website-nya. Untungnya kalau di track di aplikasi masih ada.

Hasil tracking pun hanya satu tidak ada update sama sekali, yaitu hanya pada saat pengiriman saja.

Kronologis:

24 Mei 2023 jam 18:55: Istri saya mengirim paket berisi pakaian kebaya untuk adik saya, karena adik saya mau tunangan bulan Juli. Paket didrop di J&T DC Bojongloa Kaler Bandung, diterima oleh admin atas nama Nizar Aditya Rizki S.

30 Mei 2023: Adik saya WA bahwa barang belum sampe. Komplain melalui WA ke J&T Express Indonesia. Pihak J&T pusat menyatakan bahwa "pesanan JD0242158311, nomor resi kakak terdapat keterngan pengiriman dibatalkan." Aneh padahal, saya sebagai pengirim tidak pernah merasa membatalkan kiriman.

30 Mei 2023: Saya sebagai pengirim komplain melalui WA J&T Express Indonesia (08118466188). Disuruh nunggu informasi selanjutnya, dan disuruh WA ke J&T Express Jabar jika dalam waktu 2x24 jam tidak ada update.

1 Juni 2023: Saya WA J&T Express Jabar. Namun seperti biasa jawabannya hanya, "...akan kami sampaikan ke tim terkait terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan, mohon kesediannya untuk menunggu prosesnya dan pastikan no telepon yang tertera pada resi dalam keadaan aktif."

2 Juni 2023: Saya tanyakan lagi ke WA J&T Express Jabar. Jawabannya kurang lebih sama. Dan tidak ada update informasi setelah 5 hari kemudian.

7 Juni 2023: Saya WA lagi. Jawaban standar template, ".. masih dalam proses investigasi tim terkait mohon ditunggu." Gila tidak? Nunggu sudah seminggu lebih!

10, 11, 16 Juni 2023: Masih saya tanyakan terus.

20 Juni 2023: Baru balas WA saya yang 16 Juni dengan jawaban yang masih sama, suruh nunggu!

21 Juni 2023: "Selamat sore kak, mohon maaf untuk AWB JD0242158311 bisa dibantu untuk contoh/gambar bentukan dan isi paketnya kak", saya jawab dengan foto paket yang serupa.

8 Juli 2023: Ada WA dari J&T Express (081288587199), menanyakan paket sudah diterima atau belum? "kalau di cek di sistem kami sudah di coba antar tgl 27 mei". Lalu tidak ada kelanjutannya!

Keanehan hasil tracking:

  • Dari pihak J&T pusat bahwa paket pengiriman telah dibatalkan. Namun tidak ada bukti apapun ke saya sebagai pengirim. Apakah ada kurir nakal yang membatalkan dan mengambil paket kami?
  • Dari pihak J&T cabang hasil tracking sudah di coba antar tanggal 27 mei. Namun tidak ada bukti apapun ke penerima/alamat tujuan, tarcking pun tidak ada.

hasil tracking di aplikasi, tidak ada update sama sekali selain, hanya 1x update, yaitu paket telah di drop di J&T.

Terakhir, kami komplain kehilangan, sebelum batas waktu 3 bulan. Namun, sampai saya saya nulis artikel ini (22 Agustus 2023) tidak pernah ada kelanjutan lagi. Barang hilang tidak pernah diganti sampai sekarang!

Saya sudah kirim ratusan paket via J&T, memang kebanyakan lancar-lancar saja. Pernah juga kehilangan paket retur, tapi itu diganti karena melalui pihak Shopee. Sayangnya yang ini saya kirim secara manual dan tidak ditangani dengan baik oleh pihak J&T.

J&T mulai jelek di awal tahun 2023, ditandai banyak gerai yang tutup. Jadi untuk saat ini saya putuskan untuk tidak mengirim melalui J&T terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "Paket Hilang di J&T Express Tidak Pernah Diganti! 3 Bulan Komplain Tak ada Hasil! Tracking Record Sudah Dihapus!"