Iklan Header

HP Samsung Ada Sinyal Tapi Tidak Terhubung ke Jaringan Provider (Indosat/Telkomsel/XL)

Masalah tidak ada sinyal pada ponsel sudah sering Elppas bahas, ada banyak sekali penyebabnya, diantaranya; kerusakan pada IC WTR, IC PA, dll. Namun, kali ini saya mau cerita sebuah HP Samsung yang saya beli bekas, tepatnya Galaxy A04 yang tidak bisa terhubung ke jaringan penyedia layanan baik itu Indosat, Telkomsel, XL, maupun Smartfren.

Awalnya saya kira ini masalah software, karena penjual mengatakan bahwa ini bermasalah setelah update software. Namun ternyata bukan, HP Samsung Galaxy A04 ini setelah saya reset jaringan tetap tidak bisa tehubung ke jaringan provider. Bahkan setelah saya reset pabrik (factory reset) masih tetap tidak bisa terhubung ke jaringan.

Ternyata setelah reset pabrik, munculah di bagian about phone terdapat keterangan bahwa ponsel ini merupakan perangkat luar negri, yaitu Uni Arab Emirate. Jadi ponsel ini bukan resmi Indonesia, melainkan bawaan dari Arab yang tidak mendaftar ke Bea Cukai untuk bayar pajak saat masuk sehingga IMEI di blokir.

Ciri-ciri HP terblokir IMEI diantaranya:

  • Bar sinyal muncul seperti biasa pada saat dimasukan kartu perdana, namun tidak bisa terhubung ke jaringan.
  • Pencarian jaringan provider normal, namun tidak bisa terhubung ke jaringan.
  • IMEI tidak blank.
  • WIFI normal dapat terhubung.
  • Bluetooth normal.

Berbeda dengan ponsel yang rusak IC WTR, biasanya jika rusak IC WTR sinyal hilang samasekali dengan logo "bulat coret" atau tanda silang merah tak ada sinyal sama sekali.

Jadi solusi jika mendapatkan ponsel yang sinayl muncul tapi tidak bisa terhubung ke jaringan provider, yang kemungkinan terblokir IMEI, maka harus didaftarkan di Bea Cukai, atau jika sudah terlewat masa waktunya maka harus didaftarkan ke KOMINFO.

Hal seperti ini sering terjadi di HP Samsung maupun iPhone. Selain solusi formal, saya pribadi belum tahu cara pintasnya. Jadi untuk saat ini ya digunakan sebgai ponsel "wifi only" saja.

Posting Komentar untuk "HP Samsung Ada Sinyal Tapi Tidak Terhubung ke Jaringan Provider (Indosat/Telkomsel/XL)"