Iklan Header

Servis HP Vivo Y55 Restart Terus Tidak Mau Masuk Menu, Tapi Sambil di Cas Bisa

Kasus seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali Elppas bahas di blog ini. Ciri-cirinya HP tidak mau masuk menu, lagi loading/booting langsung mati dan restart lagi. Tapi kalau sambil di cas dia bisa ngangkat dan masuk menu.
 
Pic by Teknisi Ndeso

Dalam artikel ini, kami akan membahas solusi dan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah daftar solusi yang dapat Anda coba:
  1. Periksa Baterai

    • Cek apakah baterai yang digunakan adalah baterai asli atau bukan. Jika Anda menggunakan baterai non-asli, segera gantilah dengan baterai dengan yang baru. Kalau masih ori, kemungkinan masih bisa dipaksa dengan jumper R-Fuse.
    • Periksa kondisi baterai. Apakah baterai terlihat bengkak atau rusak? Jika iya, sebaiknya gantilah baterai yang baru.
    • Pastikan baterai terpasang dengan benar dan tidak longgar. Jika baterai tidak terpasang dengan baik, itu dapat menyebabkan masalah restart.
  2. Bypass Resistor Fuse

    • Jika Anda memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang perbaikan smartphone, Anda dapat mencoba mem-bypass resistor yang terdapat pada Vivo Y55.
    • Bypass resistor dapat membantu memperbaiki masalah restart pada beberapa kasus. Namun, pastikan untuk melakukan ini dengan hati-hati dan mengikuti panduan yang tepat.

Pic by Teknisi Ndeso
Pada kasus ini, setelah R-Fuse baterai di jumper/bypass si Vivo Y55 langsung normal kembali. Baterai bertenaga seperti semula.

Namun perlu diketahui bahwa melakukan hal tersebut sebenranya beresiko. Karena fungsi fuse (sikring) tersebut adalah sebagai pengaman jika ada lonjakan voltasi dari cell baterai maka tidak akan tersaring oleh fuse dan bisa berakibat fatal ke mesin, khususnya IC power.

Apalagi kalau umur baterai sudah lama, keluaran tahun 2017, itu jadul terlihat dari layarnya yang belum full. Apalagi setelah ditanyakan ke pemilik bahwa baterainya belum pernah diganti. Umur baterai 5-6 tahun? Sebagai teknisi kita juga harus bijak, ada baiknya disarankan untuk ganti baterai, dijelakan dulu kalau mau jumper R-Fuse tidak perlu ganti baterai tapi beresiko.

Trick ini sebaiknya hanya digunakan untuk penggunaan sementara, untuk memastikan bahwa baterai yang bermasalah. Fix dengan ganti baterai baru.

Posting Komentar untuk "Servis HP Vivo Y55 Restart Terus Tidak Mau Masuk Menu, Tapi Sambil di Cas Bisa"