Iklan Header

YouTube Shopping: Cara Menandai & Menjual Produk dari Toko Anda

Fitur YouTube Shopping membuatnya mudah bagi Anda untuk berbagi produk langsung dengan audiens Anda dan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Dalam artikel dan video ini, kami akan menjelaskan bagaimana pencipta yang memenuhi syarat dalam Program Mitra YouTube dapat menghubungkan toko mereka ke saluran mereka dan bagaimana menandai produk dalam video, Shorts, dan siaran langsung. Mari kita mulai.

Hubungkan Toko Anda ke Saluran Anda

Sebagai langkah pertama untuk menggunakan fitur Belanja YouTube, Anda perlu menghubungkan toko Anda ke saluran Anda. 

Mengatur toko dapat dilakukan di luar YouTube dengan platform seperti Shopify, Spring, atau Spreadshop. 

Untuk menghubungkan toko Anda dari ponsel atau desktop, buka YouTube Studio, lalu Pemasukan, kemudian Belanja, lalu Hubungkan Toko. 

Perhatikan bahwa Anda dapat menghubungkan satu atau beberapa toko.

Fitur Belanja YouTube yang Dibuka

Setelah toko Anda terhubung ke saluran Anda, Anda akan membuka tab Toko, penandaan langsung produk tertentu yang ditampilkan dalam konten Anda, dan rak produk. Mari kita jelajahi masing-masing.

Tab Toko

Pertama, tab Toko. Tab Toko akan muncul secara otomatis di saluran Anda setelah Anda menghubungkan toko ke saluran Anda. Di sini, penggemar Anda dapat menjelajahi dan membeli produk Anda kapan saja. Tab Toko akan menampilkan produk dari toko Anda secara otomatis. Tetapi jika Anda ingin menyesuaikan, buka Pemasukan, lalu Belanja, dan pilih Buat Pilihan Sendiri.

Menandai Langsung Produk dalam Konten Anda

Selanjutnya, mari jelajahi bagaimana menggunakan penandaan langsung untuk menjual produk tertentu yang ditampilkan dalam video, Shorts, dan siaran langsung Anda. Jenis penandaan ini memberi Anda kebebasan untuk membuat konten yang secara aktif menyoroti produk tertentu dari toko Anda dengan cara yang sesuai dengan Anda, penggemar Anda, dan tujuan bisnis Anda.

Cara Menandai Produk dalam Video & Shorts

Pertama, bagaimana Anda dapat menandai produk dalam video dan Shorts Anda? Anda dapat menandai produk tertentu yang ditampilkan dalam video atau shorts selama proses unggahan. Dari sini, klik Tag Produk. Untuk menandai video atau Shorts yang sudah ada, buka halaman Detail, lalu Produk. Ketika Anda menandai produk tertentu dalam video dan Shorts Anda, tampilan Produk akan muncul dalam konten Anda. Ketika penonton membuka tampilan tersebut, mereka dapat menjelajahi dan mempelajari lebih lanjut tentang produk yang ditandai secara langsung di YouTube sambil tetap menonton. 

Selanjutnya, bagaimana penandaan produk berfungsi untuk siaran langsung Anda?

Bagaimana Cara Menandai Produk dalam Siaran Langsung

Anda dapat menandai produk dalam siaran langsung Anda dan menampilkan produk yang ditandai dengan menjepitnya ke siaran.

Penonton dapat melihat produk yang ditandai dengan mengetuk ikon Toko dan dapat berbelanja tanpa meninggalkan siaran Anda.

Untuk menandai produk dalam siaran langsung Anda, buka Ruang Kontrol Langsung lalu dalam menu kiri, pilih Siaran atau Kelola.

Di bawah pratinjau siaran langsung, klik tab Belanja. Kemudian klik ikon tambah untuk mencari dan memilih hingga 30 produk.

Untuk menghapus produk, klik ikon Tempat Sampah di sebelah produk.

Anda juga dapat menjepit satu item untuk menonjolkannya dalam siaran langsung Anda. Untuk menjepit produk selama siaran langsung, Pilih satu item untuk dipromosikan. Kemudian klik Pin Produk.

Produk yang dijepit akan ditampilkan dengan jelas selama siaran Anda.

Penonton dapat mengklik overlay untuk melihat lebih banyak detail dan opsi untuk membeli produk.

Periksa Kinerja Produk yang Ditandai

Menandai produk Anda dalam video, Shorts, dan siaran langsung Anda adalah cara yang bagus untuk berbagi produk Anda dengan audiens baru.

Untuk melihat bagaimana kinerja produk yang Anda tandai buka YouTube Studio lalu Pemasukan, kemudian tab Belanja atau untuk informasi lebih lanjut, periksa tab Pendapatan di Analitik YouTube Studio.

Rak Produk

Terakhir, mari kita bicarakan tentang rak produk. 

Ketika Anda memiliki toko terhubung ke saluran Anda rak produk otomatis akan muncul di bawah semua video Anda di mana Anda belum menandai produk tertentu.

Rak produk akan menampilkan produk dari toko Anda secara otomatis berdasarkan hal-hal seperti harga, popularitas, dan ketersediaan.

Namun, Anda dapat menyesuaikan dengan pergi ke Pemasukan, lalu Belanja, kemudian Buat Pilihan Sendiri.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk penjualan pasif melalui konten Anda di mana Anda tidak selalu menampilkan produk tertentu.

Posting Komentar untuk "YouTube Shopping: Cara Menandai & Menjual Produk dari Toko Anda"