Iklan Header

Cara Mengaktifkan/Mematikan Backlight Keyboard Laptop di Windows 10/11

Sebagian besar laptop modern saat ini dilengkapi dengan keyboard backlight atau backlit, dalam bahasa Indonesia artinya lampu latar. 

Keyboard dengan lampu latar dirancang untuk membantu pengguna saat mengetik dalam kondisi cahaya rendah atau gelap. Tidak hanya itu, dalam laptop gaming, backlit ini juga menjadi bagian dari estetika.

Dalam artikel ini akan kita bahas beberapa hal mengenai backlit keyboard laptop, diantaranya:

  • Cara mengetahui apakah laptop Anda memiliki fitur ini.
  • Cara mengaktifkan dan mematikan lampu latar keyboard dengan tombol.
  • Cara mencerahkan dan meredupkan lampu latar keyboard.
  • Mengatasi backlight keyboard tidak menyala di Windows 10.

Mari kita mulai!

Cara Mengetahui Apakah Laptop Anda Memiliki Keyboard dengan Backlit?

Jika Anda tidak yakin tentang fitur-fitur laptop Anda, Anda dapat memeriksa buku panduan yang disertakan dalam dus penjualan untuk melihat apakah laptop Anda dilengkapi dengan keyboard dengan lampu latar. 

Selain itu, Anda juga dapat mencari ikon lampu pada tombol fungsi keyboard Anda.


Anda bahkan dapat mencari model laptop di internet untuk melihat daftar spesifikasinya, yang lebih mudah daripada mencari di buku panduan pengguna Anda.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan tombol dengan icon seperti di gambar atas, kemungkinan laptop tersebut tidak mendukung fitur keyboard dengan lampu latar.

Cara Mengaktifkan/Mematikan Backlit Keyboard Laptop dengan Tombol

Cara pertama untuk mengaktifkan backlight keyboard laptop adalah dengan menggunakan tombol keyboard bertanda seperti cahaya lampu atau tombol keyboard dengan tanda tombol keyboard yang ada garis-garis diatasnya seperti pada gambar berikut:

 

Coba klik tombol tersebut, jika tidak bisa, coba klik tombol Fn (Function) bersamaan dengan tombol yang ada tanda keyboard bercahaya tadi.

Setiap merk atau model laptop biasanya memiliki tombol backlit keyboard yang berbeda posisinya ada yang dibagian atas sejajar/bersatu dengan tombol F3-F10, ada yang di tombol spasi dan ada juga yang di tombol arrow atau panah atas/bawah.

Di beberapa model laptop Asus, tombol fungsi untuk mengaktifkan lampu latar adalah F7, sedangkan pada model lainnya adalah F3 dan F4 atau F9 dan F10. 

Untuk mengaktifkan lampu latar, pengguna harus menekan tombol Fn bersama dengan tombol fungsi yang sesuai. 

Menekan tombol Fn dan F7 secara bersamaan dapat mengaktifkan atau menonaktifkan lampu latar, sementara menekan tombol Fn dan F3/F4 dapat mengatur kecerahan lampu. 

Level Kecerahan Backlit Keyboard

Setiap laptop mungkin memiliki tingkat/level backlit, pada umumnya:

  • 1 level: Nyala/mati saja. Biasanya hanya ada satu tombol dengan icon backlit, misal di F7 saja. Jadi ketika tekan tombol F7 atau Fn+F7 lampu latar menyala, dan ketika ditekan lagi maka lampu latar mati. Biasanya fitur 1 level ini terdapat di laptop kelas bawah.
  • 2-4 level: Laptop kelas menengah keatas biasanya selain on/off, ia bisa diatur tingakt kecerahan atau tingkat terangnya. Biasanya pada keyboard terdapat dua buah tombol pengaturan seperti F3 dan F4 atau F9 dan F10, dimana F9 untuk mengatur on dan menaikan tingkat kecerahan serta F10 untuk menurunkan kecerahan dan mematikan lampu.

Cara Mengaktifkan Lampu Latar Keyboard pada Asus

Jika Anda memiliki laptop Asus, tombol fungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecerahan pencahayaan latar keyboard adalah sama untuk semua laptop Asus.

Asus menggunakan Fn + F4 dan F3, dimana Fn + F4 untuk mengaktifkan backlit dan meningkatkan kecerahan, sementara Fn + F3 untuk meredupkan lampu latar hingga mematikan lampu latar keyboard.

Ada juga laptop asus dengan tombol keyboard backlit di Fn + F7 untuk mengendalikan lampu latar keyboard. 

Pada laptop gaming Asus ada yang menggunakan tombol panah atas dan bawah, Fn + tombol panah keatas untuk meningkatkan kecerahan lampu, dan Fn + tombol panah bawah untuk menurunkan kecerahan lampu latar.


Cara Mengaktifkan Lampu Latar Keyboard pada Dell

Tergantung pada model laptop Dell Anda, Anda dapat mengaktifkan lampu latar laptop Anda menggunakan berbagai tombol pintas. Lihat daftar di bawah ini untuk membantu Anda menggunakan tombol pintas yang berbeda.

Namun, jika Anda tidak melihat simbol ikon lampu pada tombol fungsi yang menunjukkan adanya keyboard dengan lampu latar, laptop Windows Anda tidak dilengkapi dengan fitur ini.

  • Dell Inspiron 15 5000, Seri Dell Latitude: Tekan tombol Fn + F10
  • Dell Inspiron 14 7000, 15, 2016, Seri 17 5000: Alt + F10
  • Dell XPS 2016 dan 2013: F10
  • Dell Studio 15: Tekan tombol Fn + F6

Cara Mengaktifkan Lampu Latar Keyboard pada merk HP

Anda dapat mengaktifkan lampu latar keyboard pada laptop HP dengan melakukan langkah berikut.

Sebagian besar Laptop HP: Tekan tombol Fn + F5

Beberapa model HP mungkin menggunakan tombol pintas yang berbeda untuk mengontrol lampu latar keyboard; dalam hal ini, Anda dapat mencoba Fn + 11 atau Fn + 9. Juga, Anda dapat mencoba Fn + Space jika tidak ada tombol yang disebutkan di atas yang berhasil.

Cara Mengaktifkan Lampu Latar Keyboard pada merk lain, Acer, Infinix, Xiaomi, Lenovo.

Untuk merk lain, kurang lebih sama saja dengan merk-merk diatas, hanya saja mungkin lekanya yang berbeda. 
 
Contohnya pada Acer Nitro 5 menggunakan tombol Fn + F9 dan F10.

Mengaktifkan Lampu Latar Keyboard Menggunakan Windows Mobility Center

Cara kedua untuk mengaktifkan lampu latar keyboard di Windows 10 adalah dengan menggunakan Windows Mobility Center. 

Windows Mobility Center adalah alat bawaan di Windows 10 yang memungkinkan Anda melihat informasi tentang perangkat keras tertentu seperti perangkat audio dan mengontrol lampu latar dan kecerahan keyboard Anda.

Untuk menggunakannya untuk mengendalikan kecerahan keyboard pada laptop Windows Anda, ikuti panduan di bawah ini. 

  1. Tekan tombol "Windows" + "S" pada keyboard komputer Anda dan cari Control Panel. cari control panel
  2. Setelah itu, temukan Windows Mobility Center di dalam Control Panel dan bukalah.
  3. Di dalam Windows Mobility Center, ketuk Keyboard Backlighting.
  4. Terakhir, pastikan Anda memilih 'Turn On' di bawah Keyboard Backlight Settings untuk mengaktifkan pencahayaan keyboard Anda. matikan pencahayaan keyboard otomatis

Anda juga dapat mengatur kecerahan keyboard di Mobility Center bersama dengan pengaturan idle untuk lampu latar. Untuk mematikan pencahayaan keyboard, ikuti langkah-langkah di atas dan pilih 'Turn Off'.

Sayangnya, tidak semua laptop mendukung fitur tersebut, karena biasanya fitur tersebut merupakan custom dari vendor laptopnya.

Gunakan Kontroler Khusus Laptop Anda

Pada laptop kelas atas atau laptop gaming, sebagian besar produsen menyertakan aplikasi bawaan yang memungkinkan pengguna mengendalikan perangkat pada laptop mereka, seperti pengaturan tampilan, pengaturan touchpad, kecerahan dan pencahayaan keyboard.

Jika laptop Anda masih menjalankan Windows 10/11 yang terpasang saat Anda membelinya, kemungkinan besar aplikasi khusus untuk keyboard Anda sudah terpasang.

Lagi-lagi fitur ini hanya ada pada laptop tertentu ya.

Backlit Keyboard Tidak Berfungsi di Windows 10

Jika Anda telah mencoba metode di atas namun tetap tidak berhasil mengaktifkan pencahayaan keyboard laptop Anda di Windows 10, kemungkinan ada masalah dengan keyboard Anda. 

Windows memiliki alat pemecahan masalah yang membantu pengguna mendiagnosis dan memperbaiki berbagai masalah Windows.

Untuk menggunakan alat pemecahan masalah di Windows 10 untuk memperbaiki lampu latar keyboard Anda, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.

  1. Tekan tombol Windows + S pada komputer Anda dan cari Pengaturan Pemecahan Masalah (Troubleshoot Setting).
  2. Setelah itu, klik Buka (Open) untuk meluncurkannya.
  3. Gulir ke bawah dan klik 'Keyboard' di bawah 'Temukan dan Perbaiki Masalah Lainnya'.
  4. Sekarang, klik 'Jalankan Pemecahan Masalah'.
  5. Terakhir, tunggu pemindaian selesai dan ikuti petunjuk di layar untuk memperbaiki keyboard dengan lampu latar Anda di Windows 10.

Setelah Anda telah menerapkan perbaikan yang disarankan untuk masalah ini, restart Windows 10 dan coba gunakan metode yang disebutkan di atas untuk mengaktifkan keyboard dengan lampu latar Anda. Sekarang Anda dapat mengetik dengan nyaman pada laptop Anda bahkan dalam kondisi cahaya rendah!

Tanya Jawab Seputar Backlit Keyboard Laptop

Bagaimana Cara Membuat Keyboard Backlit Tetap Menyala?

Jika Anda tidak ingin lampu latar keyboard Anda mati saat tidak digunakan, Anda dapat mengubah pengaturannya menggunakan Windows Mobility Center dan mengubah opsi tentang bagaimana keyboard dengan lampu latar Anda harus berperilaku saat tidak digunakan.

Lagi-lagi ini masalah fitur dari vendor laptopnya, biasanya fitur ini hanya ada di laptop kelas atas atau laptop gaming. Contohnya pada Acer Nitro 5 ini yang terdapat fitur untuk menyalakan backlit keyboard tanpa mati sendiri:


Di Acer Nitro 5 terdapat software Nitro Sense atau PredatorSense yang memiliki pengaturan Keyboard apakah lampu backlit akan mati sendiri dalam waktu 30 detik atau fitur tersebut dimatikan sehingga lampu keyboard menyala terus.

Dapatkah Saya Mengubah Warna Keyboard dengan Lampu Latar?

Beberapa model laptop Windows, terutama yang digunakan untuk gaming, memungkinkan pengguna untuk mengubah warna lampu latar keyboard mereka menggunakan hotkey atau aplikasi khusus pada Windows 10. 

Anda sering dapat mengubah warna keyboard dengan lampu latar Anda dengan menekan Fn + C pada keyboard Anda. Namun, hotkey tersebut dapat berbeda tergantung pada model laptop Anda.

Pada Windows 10, produsen menyertakan aplikasi terpisah untuk mengontrol warna keyboard Anda.

Mengapa Keyboard Saya Tidak Menyala Ketika Saya Mengetik?

Ada 3 alasan yang mungkin mengapa hal ini terjadi. Pertama, keyboard Anda mungkin tidak memiliki fitur tersebut. Kedua, fitur tersebut mungkin dimatikan, dan Anda mungkin perlu menekan tombol pintas untuk mengaktifkannya.

Terakhir, ini mungkin masalah perangkat keras atau perangkat lunak yang memerlukan beberapa troubleshooting untuk memperbaikinya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan/Mematikan Backlight Keyboard Laptop di Windows 10/11"