Iklan Header

Bagaimana Cara Awam dan Teknisi Mengatasi HP Kemasukan Air?

Ponsel jatuh ke dalam toilet, ketumpahan segelas air, kehujanan, kecebur got, kolam renang, atau diemut bayi sampai basah kena air liur? Dan banyak cara lainnya HP mu tak sengaja kemasukan air. Yuk bahas tuntas solusinya!

Sebenarnya kebanyakan ponsel modern kelas menengah keatas seperti iPhone baru, Samsung Galaxy, Vivo dan Oppo sudah dilengkapi dengan fitur tahan air.

Seberapa baik telepon dapat menahan air diukur pada skala IP (atau Ingress Protection). Jika teleponmu memiliki peringkat angka tinggi, seperti perlindungan IP67 atau IP68, kemungkinan besar tidak akan terjadi kerusakan! 

Tetapi jika peringkatnya rendah atau tidak memiliki sertifikasi waterproof sama sekali, maka air akan mudah masuk dan merusak mesin.

Jadi ketika teleponmu jatuh ke dalam air, panik, kamu mungkin akan mulai melap ponsel dari air untuk mengeringkannya dan berusaha mengeluarkan air dari beberapa lubang. Ya betul, tapi jangan lakukan yang lain dulu..

Jangan Lakukan Hal-hal ini Saat HP Kemasukan Air

Beberapa tindakan tidak boleh dilakukan karena dapat merusak handphone. Sebaiknya berhati-hati dengan apa yang dilakukan.


Berikut ini cara mengatasi hp kemasukan air yang salah:

  • Jangan berusaha menyalakan handphone saat ponsel masih basah. Saat menekan tombol power maka baterai akan menyalurkan tegangan ke berbagai komponen ponsel, jika komponen dialiri listrik dan air kemungkinan akan terjadi konselt yang mengakibatkan kerusakan.
  • Jangan menekan tombol apapun. Ini dapat mendorong air lebih jauh ke dalam telepon.
  • Jangan meniup ke dalam perangkat. Ini juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama hindari menggunakan pengering rambut.
  • Jangan memberikan panas apa pun ke ponsel. Ingat, panas yang berlebihan juga dapat merusak ponsel.
  • Jangan mengisi daya ponsel sampai Anda yakin sudah kering. Mengisi daya perangkat dengan cairan masih ada di dalamnya, atau di dalam portnya, dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Apple menyarankan untuk menunggu setidaknya lima jam setelah ponsel terlihat kering sebelum mengisi daya (atau sampai peringatan hilang).

Berikut adalah cara yang benar untuk menyelamatkan smartphone yang terkena air.

Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Pertama-tama, jangan langsung meletakkan ponsel Anda dalam wadah berisi beras. Beras yang bisa mengeringkan ponsel antara mitos dan cara yang kurang baik karena akan meninggalkan bekas air. 

Sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut sebagai tindakan preventif agar HP tidak rusak lebih parah:

  1. Ambil teleponmu sesegera mungkin. Semakin lama berada dalam cairan, semakin besar kemungkinan terjadi kerusakan.
  2. Matikan perangkat segera dan jangan menekan tombol apa pun atau memuat aplikasi apa pun, matikan saja.
  3. Lepaskan casing jika ada. 
  4. Jika ponsel Anda tahan air dan Anda telah menumpahkan atau merendamnya dalam cairan kopi/sirup/soda/selain air, baik Apple maupun Samsung merekomendasikan untuk membilasnya dengan merendamnya dalam air keran yang tenang (tetapi tidak di bawah air yang mengalir, yang dapat menyebabkan kerusakan).
  5. Lap ponsel dengan kertas tisu atau kain yang lembut penyerap air.
  6. Goyangkan perangkat dengan lembut untuk menghilangkan air dari port charger, tetapi hindari goyangan yang keras karena ini dapat memperluas cairan di dalamnya.
  7. Keluarkan slot SIM/MicroSD card dan keringkan dengan lap.
  8. Keringkan lubang charger dan audio jack dengan tisu kering.
  9. Jika teleponmu memiliki baterai yang bisa dilepas, lepaskan baterainya. Kamu harus memutus daya di perangkat secepat mungkin untuk mencegah kemungkinan terjadinya korsleting. Sebagian besar smartphone saat ini tidak memiliki baterai yang bisa dilepas, tetapi beberapa model yang lebih lama, atau model baru yang dibangun dengan perbaikan dalam pikiran seperti Nokia 1.3, memungkinkanmu melepaskan baterai.
  10. Maukan ponsel Kamu dalam wadah kedap udara (Tupperware) disertai dengan silica gel (paket kecil yang Anda dapatkan di dalam sepatu dan tas baru), atau bahan pengering lainnya. Ini membantu menyerap kelembaban dibanding beras.

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu dan ponsel Anda masih mati total, maka kemungkinan ada kerusakan pada komponen dalam. Saatnya teknisi bertindak. 

Mengeringkan HP Kemasukan Air dengan Beras?

Jika Anda mencari di internet atau bertanya pada teman, nasihat umum yang akan Anda dengar adalah memasukkan perangkat Anda ke dalam sebuah kantong berisi beras. 

Memang betul cara ini bisa dilakukan oleh siapapun, dan seringkali terbukti HP bisa hidup kembali.

Meskipun metode ini mungkin bisa membantu, tetapi ada kelebihan dan kekurangannya, diantaranya:

  • Meskipun beras dapat menyerap air, ia tidak dapat menyerap semua kelembaban yang tersembunyi di dalam ponsel Anda, sehingga dapat meinggalkan jejak air di dalam perangkat. 
  • Partikel-partikel kecil beras bisa masuk kedalam lubang ponsel dan mengendap didalam. 
  • Waktu pengeringan lama 1-2 hari.

Anda dapat membungkus ponsel dengan tisu kering sebelum menempatkannya di dalam beras, tetapi ini tetap bukan pilihan terbaik untuk Anda.

HP Tidak ada Suara (Masuk Mode Headset) Setelah Kemasukan Air

Dalam beberapa kasus, setelah HP kecemplung kena air khususnya di area headphone jack, ketika air masuk kedalam lubang Audio Jack biasanya akan terjadi konslet di bagian tersebut sehingga ponsel mendeteksi seperti Anda mencolokan headset sehingga speaker eksternal tidak menyala.

Lihat di bagian status bar, biasanya ada icon headset, padahal kita tidak mencolok headset. Hal itu terjadi karena konselt.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan tisu kering, dilinting dan masukkan kedalam lubang jack audio untuk mengeringkannya.

Suara Speaker Sember Kemasukan Air

Coba tips berikut untuk mengeluarkan air dari speaker iPhone atau ponsel Android Anda:

  • Ambil kapas dan dengan lembut gosok daerah di sekitar speaker.
  • Matikan perangkat dan letakkan dalam posisi tegak untuk mengeringkannya, dengan speaker menghadap ke bawah. Melakukan ini akan mendorong air berlebih untuk keluar.
  • Mainkan musik beat seperti Miroh dari Stray Kids yang bisa menggetarkan air untuk keluar.

Prosedur Teknisi HP dalam Perbaikan HP Kemasukan Air

Kalau urusannya sudah dengan teknisi, maka kemungkinan HP kamu sudah rusak semisal mati total, suara speaker bermasalah, dll.

Masalahnya bisa bebagai macam, karena air bisa masuk ke area mana saja sehingga bisa merusak komponene apapun.

Berikut prosedur yang biasanya dilkaukan oleh teknisi HP untuk kasus rusak kemasukan air:

  • Dalam memperbaiki ponsel mati karena kemasukan air hal yang paling utama untuk dilakukan teknisi adalah membongkar untuk melihat ke mainboard dan komponen.
  • Cek stiker tanda air apakah menjadi merah atau tetap putih. Jika putih maka di area tersebut kemungkinan aman, jika merah maka menandakan area tersebut sudah kemasukan air. Stiker tanda air ini biasanya ada di maiboard dan subboard.
  • Lepaskan konektor baterai, dan semua konektor karena korosi sering terjadi di bagian konektor. 
  • Selanjutnya perhatikan semua part apakah terdapat korosi atau tanda-tanda bekas air secara kasat mata.
  • Lalu bersihkan bekas-bekas korosi atau kotoran bekas air dengan menggunakan isoprofil alkohol dan kapas.
  • Selanjutnya cek komponen apakah ada komponen yang konslet atau tidak.

Dalam beberapa kasus, ada yang beruntung setelah pembersihan korosi HP nyala normal kembali. Namun di beberapa kasus ada yang menglami kerusakan komponen sehingga harus diganti komponennya.

LCD Kemasukan Air

Ada juga kasus dimana LCD kemasukan air sehingga tampak tanda air di dalam LCD, apakah bisa diperbaiki?

Ada yang bisa ada yang tidak. Pada assembly LCD berjenis IPS biasanya terdiri dari beberapa lapis, air biasanya masuk ke lapisan backlight film. Lapisan tersebut harus dibuka dan dibersihkan.

Bagaimana jika dibiarkan? Tunggu saja beberapa hari, apakah bisa kering atau tidak. Dan jika kering dengan sendirinya kemungkinan akan meninggalkan bekas.

Cara lainnya yaitu dengan mengganti LCD assembly secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara mengatasi HP kemasukan air. Jika tidak parah, maka sebagian besar bisa diatasi oleh orang awam. Tapi kalau sudah masuk ke mesin dan membuat korosi, maka perbaikan hanya bisa dilakukan oleh teknisi.

Bagaimana jika ponsel masih dalam masa garansi? Untuk kasus kemasukan air biasanya tidak tercover oleh garansi. Jadi sebaiknya bawa ke servis center resmi untuk diperbaiki, namun kemungkinan akan dikenai biaya perbaikan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Awam dan Teknisi Mengatasi HP Kemasukan Air?"