Iklan Header

Tes Benchmark Antutu dan Games (Genshin, ML, PUBG) di HP Vivo V27e

Pada artikel kali ini, kami akan melakukan tes benchmark Antutu dan beberapa games di smartphone Vivo V27e. Smartphone ini menggunakan prosesor MediaTek Helio G99 dengan RAM dan ROM sebesar 12GB dan 256GB. Kami akan mengevaluasi performa smartphone ini dalam menjalankan aplikasi dan game, sehingga Anda bisa mengetahui apakah smartphone ini layak untuk Anda miliki sebagai alat bermain game atau tidak.

Benchmark Vivo V27e

Baiklah, kita ke Benchmark pertama-tama. AnTuTu 9.0.12.OB mendapatkan skor 367237.

Untuk Geekbench single core di 480 dan multicore di 1705. 

Kemudian, kita melakukan tes CPU Throttling selama 30 menit, dan skornya mencapai 81%.

Untuk 3D Max Slingshot Xtreme Open GL ES 3.1 grafik score di 2412. Untuk 3D Mark Wild live stress test tanpa kipas, base score-nya di 1162 dengan lowest score di 1127, sehingga stabilitasnya tanpa kipas mencapai 97%. 

Hasilnya cukup bagus untuk GFX bench Manhattan 3.1 1080p offscreen, dengan skor 26 FPS, yang terbilang normal untuk Helio G99.

Bagaimana performanya untuk gaming? 

Untuk pengujian gaming, dilakukan dengan mengaktifkan mode Boost di dalam game sidebar overlay yang dapat diakses saat sedang bermain. Di Ultra Game Mode, Vivo juga menyediakan mode prioritas frame rate yang standar, namun kami tidak menggunakannya karena akan menurunkan kualitas visual game. 

Kami langsung mencoba bermain:

  • Genshin Impact dengan setting lowest 60 FPS dan melakukan traveling seperti biasa. Hasilnya, rata-rata frame rate yang didapat adalah 40 frame per detik. Meskipun saat battle, frame rate masih di kisaran 30-an FPS, performanya terbilang cukup tahan lama saat dimainkan setengah jam lebih. Body smartphone juga tidak terlalu panas saat penggunaan, dengan layar terpanas mencapai 39 derajat Celcius dan sisi belakang terpanas di 40 derajat Celcius. Untuk ranking performa, smartphone ini layak mendapatkan ranking C dengan skor yang wajar dan cocok untuk smartphone dengan Helio G99. 
  • PUBG Mobile, setting yang dibuka adalah maximum HD High atau Smooth Ultra. Dalam setting ini, smartphone dapat mencapai 40 FPS yang lancar saat dimainkan selama tiga pertandingan. Namun, setting pada game ini sepertinya tergantung pada developer PUBG-nya. Secara umum, pengujian menunjukkan bahwa G99 settingnya hanya sampai di sini, kecuali jika ada prosesor smartphone yang dapat bekerja sama secara khusus atau membuktikan kepada PUBG bahwa mereka dapat mencapai 60 FPS. 
  • Mobile Legends, setting yang dibuka adalah grafis High dengan refresh rate tinggi, sehingga frame rate mencapai 60 frame per detik. Namun, setting grafisnya tidak terlalu tinggi dan terlalu mudah bagi G99. 
  • Subway Surfer, frame rate tidak dapat melampaui 60 FPS walaupun kita sudah setting refresh rate di 120Hz. 

Meskipun Helio G99 bukan yang tercepat di kelas 4 jutaan, performanya sudah cukup memadai bahkan untuk game berat.

Sumber: JagatReviewTV

Posting Komentar untuk "Tes Benchmark Antutu dan Games (Genshin, ML, PUBG) di HP Vivo V27e"