Iklan Header

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G Resmi Indonesia di Harga 4,5 Juta!

Akhirnya Xiaomi resmikan Redmi Note 12 Pro 5G di Indonesia di bulan Maret 2023. Sangat menarik karena fitur-fiturnya yang baru, seperti SoC yang baru yaitu dimensity 1080 5G, layarnya P OLED 120Hz, dan kameranya yang flagship banget dengan IMX766. 

Redmi Note 12 Pro 5G adalah salah satu dari Redmi Note pertama yang secara resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2023 wlaupun di China dan India sudah sejak beberapa bulan lalu. Ada Redmi Note lain yang hadir bersama dengan smartphone ini, nanti kita bahas di lain kesempatan.

Pic by GadgetIn

Paket Penjualan

Baiklah, kita langsung membahas Redmi Note 12 Pro 5G ini. Dalam paket penjualannya, tentunya terdapat unit smartphone-nya, charger dengan kecepatan 67 watt, kabel USB tipe C, case, screen protector yang sudah terpasang di layar smartphone, SIM tray ejector, dan paket dokumen. 

Desain

Untuk desain Redmi Note 12 Pro 5G ini, Xiaomi memilih desain yang sederhana, minimalis, namun terlihat modern. Opsi warnanya adalah sky blue dan Midnight Black. Smartphone ini menggunakan gaya yang serba datar untuk sisi belakang layar dan framenya, sehingga bentuknya kotak-kotak. 

Untuk material framenya, menggunakan polikarbonat yang kokoh, sementara bagian belakangnya menggunakan kaca. Untuk versi biru, bodi belakangnya doff sehingga tidak mudah meninggalkan sidik jari. Namun, untuk versi hitam, seperti kaca atau cermin sehingga mudah meninggalkan sidik jari.

Baiklah, mari kita lanjutkan dengan pembahasan tentang dimensi Redmi Note 12 Pro 5G. Tingginya adalah 162,9 mm, lebarnya 76 mm, dan ketebalannya 7,9 mm, jadi tidak terlalu tebal. Bobotnya sekitar 187 gram, dan Xiaomi mengklaim bahwa bodi smartphone ini sudah tahan percikan air dengan standar IP53, yang telah diuji. 

Namun, smartphone ini tidak secara resmi disertifikasi, jadi meskipun hanya diuji untuk tahan percikan air, itu sudah cukup bagus. Jadi, tidak ada masalah jika terkena hujan. 

Di sisi kanan ada tombol power dan pemindai sidik jari. Ada juga tombol volume up dan down di sisi atas. Seperti biasa, ada Infrared Blaster, mikrofon, speaker, dan jack video 3,5 mm. Ada speaker di atas, dan di sebelah kiri kosong. 

Di bagian bawah, ada slot SIM untuk dua kartu nano saja, jadi tidak bisa menggunakan microSD di sini. Ada mikrofon, USB Type-C, dan speaker lagi. Terlihat bahwa smartphone ini memiliki speaker ganda, yang tentunya akan membuat suara lebih seimbang jika smartphone diletakkan secara horizontal saat menonton atau bermain game. 

Namun, sayangnya kualitas speaker tergolong biasa saja dan kurang memuaskan untuk mendengarkan musik. Untungnya, masih ada jack audio 3,5 mm di sini, sehingga jika kurang puas dengan speaker, dapat digunakan earphone atau headset yang sudah dimiliki. 

Layar

 

Kita beralih ke bagian depan, yaitu layar berukuran 6,67 inci dengan panel P OLED, yang kurang lebih mirip dengan AMOLED. Resolusinya adalah Full HD+ 2400 x 1080 pixel, dan refresh rate-nya mencapai 120 Hz. Saat ada aktivitas seperti slide atau swipe di layar, refresh rate-nya akan naik hingga 120 Hz di home screen, app drawer, dan menu setting. Setelah itu, jika tidak ada aktivitas, ia akan turun ke refresh rate 60 Hz. Refresh rate 120 Hz ini juga dapat dirasakan di beberapa aplikasi seperti Google Play Store, tetapi tentunya tidak semua aplikasi mendukung. Namun, sudah cukup bagus.

Untuk menjelaskan kecerahan layar Xiaomi, layar ini bisa mencapai tingkat kecerahan puncak sebesar 900 nits di luar ruangan, sementara di dalam ruangan bisa mencapai 500 nits. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecerahan layarnya sangat tinggi, yang terlihat dari 3 mode tampilan layar yang dioptimalkan untuk berbagai color space yang berbeda: sRGB, Vivid, dan Adobe RGB. Secara umum, kualitas tampilan layar smartphone ini sangat baik dan mendukung Dolby Vision, dengan perlindungan Gorilla Glass 5 dan bezel yang relatif tipis di keempat sisinya.

Kamera depan

Pada bagian atas layar terdapat earpiece, kamera selfie di dalam punch hole di tengah atas layar dengan kamera 16 megapiksel, fokus tetap, dan perekaman video hingga 60fps slow motion-nya 720p 120fps. Sementara itu, di sisi belakang terdapat konfigurasi triple kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP Sony IMX766 dengan f1.88 dan OIS, Ultra wide 8 MP dengan bukaan f2.2 dan FOV 119 derajat, serta bonus kamera 2 MP untuk macro dengan bukaan f2.4 dan LED Flash. 

Kamera belakang

Kamera utama ini dapat merekam video hingga 4K 30fps atau 1080p 60fps, serta memiliki berbagai fitur seperti portrait mode, night mode, 50 MP foto panorama, Vlog, time-lapse, dan lain-lain. Secara keseluruhan, produk ini memiliki fitur yang lengkap seperti produk-produk Xiaomi lainnya.

Procesor, RAM, dan ROM

Untuk spesifikasi, internal SOC-nya sudah menggunakan MediaTek Dimensity 1080 dengan dukungan 5G dan fabrikasi yang baik. 

RAM-nya sebesar 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB yang menggunakan LPDDR4X untuk RAM dan UFS 2.2 untuk penyimpanan. Smartphone ini tidak mendukung penggunaan microSD, mungkin karena ROM sudah besar.

Baterai

Untuk baterai, memiliki kapasitas 5000 mAh dan mendukung pengisian daya hingga 67 watt. 

Sensor dan Konektivitas

Terdapat berbagai macam sensor, seperti sensor orientasi dan magnet. Untuk konektivitas, Redmi Note 12 Pro 5G tentunya mendukung 5G, 4G, dan 3G dengan maksimum kecepatan 5G mencapai 7.3 Gbps. 

Untuk WiFi, mendukung hingga WiFi 6, bluetooth versi 5.2, NFC, dan USB OTG. Untuk sistem keamanan, terdapat pemindai sidik jari dan Face Unlock. 

Sistem operasi

Sistem operasi yang digunakan adalah MIUI 14 dengan basis bukan Android 14, namun Xiaomi menjanjikan dua kali pembaruan resmi Android dan pembaruan keamanan hingga 3 tahun ke depan, dimulai dari Android 12.

Untuk iklan, masih terdapat di beberapa bagian dalam MIUI, seperti notifikasi, aplikasi bawaan, folder pintasan, dan keyboard bawaan, namun pengguna bisa mematikannya jika mengganggu. Aplikasi yang terpasang secara otomatis dapat dihapus jika tidak diperlukan.

Itulah spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G dan sedikit penjelasannya.

Harga

Xiaomi Redmi Note 12 Pro dibandrol harga Rp. 4.499.000,-

Posting Komentar untuk "Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G Resmi Indonesia di Harga 4,5 Juta!"