Iklan Header

Smartphone Baru Vivo IQOO Z7: Spesifikasi Pakai Snapdragon 782G

Mulai dari bulan Desember, Snapdragon 8 Gen2 telah tersedia dengan harga 10 jutaan. Saya masih suka bermain dengan IQOO 11 karena performanya yang bagus, dan juga karena tampilannya yang keren. 

Sekarang, adiknya telah hadir, yaitu Z7, dengan menggunakan chipset terbaru Snapdragon 782g. Mari kita bahas tentang unboxing-nya, yang cukup sederhana dengan hanya ada logo IQOO di bagian depan dan detail di bagian belakang. Tidak ada gambar HP atau nama model di bagian depan, tetapi pilihan warna kotaknya menarik dengan kombinasi hitam dan kuning. 

Warna hitamnya tampak seperti ada pattern karbon fiber dan saya suka. Setelah dibuka, saya langsung melihat HP-nya, dengan stiker IMEI, casing transparan, kartu garansi, buku panduan, kepala charger 120 watt, kabel data, dan SIM card ejector.

Nah, sekarang mari kita bahas tentang desain IQOO Z7. Desainnya mirip dengan IQ Eleven, yang mana desain minimalisnya pernah kita lihat pada smartphone flagship Vivo sebelumnya, yaitu Vivo X50, X60 dan X70. 

Meskipun desainnya mirip, saya suka dengan desain ini karena terlihat simpel dan tidak berlebihan. Modul kameranya sedikit menonjol dan ada tulisan OIS photography high definition. Kamera dari IQZ7 menggunakan OIS dan terdiri dari dua kamera, yaitu kamera utama 64mp dan kamera Depth 2 megapixel. Hal ini patut diapresiasi karena pabrikan lain tidak perlu memberikan banyak kamera jika kualitas kamera utama sudah cukup baik.

Selain kamera, chipset yang digunakan juga patut mendapat apresiasi karena IQZ7 menggunakan Snapdragon 782g, yang merupakan penerus dari Snapdragon 778g. Saya belum dapat membagikan hasil benchmark Smartphone ini sampai tanggal launchingnya, tetapi yang jelas chipset ini akan lebih baik dari 778g, terutama dari segi CPU dan GPU. 

Dilihat dari data yang diberikan, terdapat peningkatan performa CPU sebesar 10% dan GPU sebesar 13%. Performa gaming di HP ini juga akan nyaman, karena memiliki fitur layar dengan refresh rate 120hz, 240 Hz sampling rate, X-Axis liner system vibration motion control, dual stereo speaker, dan lain-lain. 

Selain itu, sistem pendinginnya disebut sebagai paket Trike Paper Chamber Liquid cooling yang akan saya bahas di review-nya nanti.

Ada beberapa hal menarik lainnya di IQZ7, seperti lubang IR blaster di bagian atas dan jack headphone. Saya sangat menantikan waktu untuk mengeksplorasi kamera dan chipset ini lebih lanjut.

Fitur lainnya juga sudah cukup lengkap, seperti 5G, NFC, baterai 5000 mAh dengan fast charging 120 watt, RAM 12 GB dengan 8GB extended RAM, dan 256 GB storage. 

Sayangnya, saya belum tahu harganya. Mereka akan memberitahu harga pada acara peluncuran awal bulan April. Kira-kira berapa ya? Silakan tulis di kolom komentar. Saya yakin video ini akan dilihat oleh pihak Vivo, semoga ini menjadi masukan bagi mereka untuk memberikan harga yang oke, seperti masa kejayaan Vivo Z Series, termasuk Z1 Pro.

Sumber: SobatHP.

Posting Komentar untuk "Smartphone Baru Vivo IQOO Z7: Spesifikasi Pakai Snapdragon 782G"