Iklan Header

Samsung Galaxy A52/A52s/A53 Mati Tidak Mau Menyala? Cobalah Cara Ini!

Pemecahan Masalah HP yang Tidak Bisa Dinyalakan

Samsung Galaxy A series (A52, A52s, A53) mungkin tidak bisa dinyalakan karena dua alasan umum. Pertama, ada kemungkinan bahwa ada masalah dengan perangkat keras yang menghalangi sistem untuk melakukan boot atau dinyalakan kembali. Ini biasanya terjadi setelah perangkat rusak secara fisik akibat terjatuh atau terkena air atau cairan. Alasan kedua adalah bug perangkat lunak.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk mengidentifikasi masalah, baik secara hardware maupun software.

Solusi 1: Periksa Perangkat Keras yang Rusak

Masalah paling umum yang menyebabkan perangkat elektronik atau telepon tidak dapat dinyalakan adalah kerusakan pada perangkat keras. Apakah Galaxy A52 Anda terjatuh atau terbentur sesuatu sehingga mati dan tidak dapat dinyalakan kembali? Jika iya, kemungkinan besar terjadi kerusakan fisik.

Tidak banyak yang dapat dilakukan dalam hal ini dan ponsel Anda mungkin harus dibawa ke servis center. Kebanyakan kerusakan pada perangkat keras yang mengakibatkan kegagalan booting atau ketidakmampuan ponsel untuk dinyalakan kembali adalah masalah serius.

Tidak ada solusi perangkat lunak yang dapat memperbaiki kerusakan fisik. Jika motherboard mengalami kerusakan parah, maka satu-satunya opsi adalah memperbaikinya atau menggantinya.

Jika kerusakan perangkat keras disebabkan oleh air atau cairan, cobalah cara klasik yaitu jangan mencoba menghidupkan ponsel, dan rendam dalam beras selama 2-3 hari untuk mengeringkannya. Setelah itu, coba hidupkan kembali.

Namun, jika Anda yakin bahwa ponsel Anda tidak mengalami kerusakan fisik, seperti terjatuh atau terpapar elemen, atau penggunaan charger KW, namun tiba-tiba tidak dapat dinyalakan, kemungkinan besar terjadi masalah software. 

Dalam kasus seperti ini, lanjutkan dengan langkah pemecahan masalah di bawah ini untuk menemukan akar permasalahannya.

Solusi 2, Galaxy A52 tidak mau nyala: Lakukan Soft/Force Reset

Jika Galaxy A52 Anda mengalami masalah tidak mau nyala, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah melakukan soft reset. Ini seperti mencabut baterai dan memasangkannya kembali, yang mungkin dapat menyelesaikan masalah bug.

 

Untuk melakukan soft reset, cukup tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Turun selama sekitar 10-15 detik. Setelah ponsel merestart, lepaskan tombol tersebut. Biasanya, langkah ini efektif dalam membersihkan bug yang terjadi ketika sistem digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kami menyarankan agar Anda melakukan restart pada Galaxy A52 Anda menggunakan metode ini setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi kemungkinan masalah bug.

Namun, untuk beberapa Galaxy A52, mungkin ada sedikit perbedaan cara untuk mencapai metode yang sama. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Turun selama sekitar 10 detik atau hingga siklus daya perangkat. Biarkan beberapa detik hingga layar Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  2. Dari layar Mode Pemeliharaan Boot, pilih Boot Normal. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menelusuri opsi yang tersedia dan tombol kiri bawah (di bawah tombol volume) untuk memilih. Tunggu hingga 90 detik hingga reset selesai.

Solusi 3: Galaxy A52 tidak bisa nyala, coba sambil di cas

Jika Galaxy A52 Anda masih tidak bisa dinyalakan, cobalah untuk mengisi dayanya terlebih dahulu. Banyak masalah pada Android seperti ini terjadi karena kehabisan baterai. Untuk memeriksa apakah itu masalahnya, biarkan ponsel Anda mengisi daya selama beberapa waktu, 10-20 menit.

Coba tekan tombol power 10-15 detik dalam keadaan sambil di cas, apakah ada tanda-tanda kehidupan seperti bergetar dan menyala normal.

Jika ponsel bisa dinyalakan tapi harus sambil di cas, biasanya masalahnya di baterai. Bisa jumper sikring baterai atau ganti baterai baru.

Solusi 4, Galaxy A52 tidak nyala tapi ada getar dan suara: Cek LCD

Alasan lain yang mungkin membuat ponsel Anda mati saat ini adalah kerusakan pada layar. Jika telepon masih bergetar atau ada suara notifikasi, kemungkinan ada masalah dengan layarnya.

Hal ini biasanya terjadi ketika perangkat jatuh dan layarnya rusak. Pada dasarnya, layar rusak tetapi motherboard masih berfungsi normal. Namun, karena layar adalah pintu gerbang ke sistem, maka layar perlu diperbaiki terlebih dahulu agar Anda dapat terus menggunakan perangkat.

Jika layar tidak menyala sama sekali, Anda harus membawa ponsel Anda ke Samsung untuk diperbaiki. Jika mesinnya masih baik-baik saja, maka telepon Anda akan berfungsi normal setelah mengganti layar LCD.

Solusi 5, Galaxy A52 tidak bisa hidup: Bawa ke Servis Center

Jika tidak ada saran di atas yang berhasil, maka Anda dapat mengasumsikan bahwa penyebabnya bukan masalah pada perangkat lunak. Mungkin ada kesalahan pada perangkat keras yang tidak diketahui yang mencegah ponsel dari menyala.

Beberapa masalah harware yang dapat menyebabkan ponsel tiba-tiba mati dan tidak mau dinyalakan:

  • Baterai drop, masuk sleep mode, voltase dibawah 3V: Suntik baterai atau ganti baterai
  • Ada getar dan suara, LCD rusak: Ganti LCD
  • Tombol power rusak atau korosi.
  • IC Power/Charger rusak.
  • Komponen lain rusak, seperti capacitor dan IC.

Kunjungi Samsung Service Center atau toko Servis HP di dekat Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada ponsel Anda.

Posting Komentar untuk "Samsung Galaxy A52/A52s/A53 Mati Tidak Mau Menyala? Cobalah Cara Ini!"