Iklan Header

Perbaikan WiFi, Bluetooth, GPS Tidak Mau Nyala di Samsung Galaxy A10s

Saya menerima HP Samsung a10s di sini, yang masih menyala tetapi mengalami masalah pada bagian wifi. Pengguna mengatakan wifi tidak dapat dihidupkan, dan ketika kami mencoba menghidupkannya, tidak ada reaksi dan akhirnya Wi-Fi mati. 

Kami juga memeriksa bluetooth dan tampaknya mengalami masalah yang sama. Karena wifi dan bluetooth umumnya sepaket dalam IC yang sama, jika satu bermasalah, kemungkinan besar yang lainnya juga akan bermasalah. 

Masalah seperti ini memang biasanya IC Wi-Fi rusak. Tapi sebelum kesana, kita bisa coba dulu me-restart dan me-reset pabrik, jika masalahnya masih sama, fix kemungkinan besar IC Wifi.

Jadi, kami memutuskan untuk membongkar HP-nya dan melihat ke dalam. Mesinnya masih tersegel dan terlihat belum pernah diperbaiki sebelumnya. IC wifi, bluetooth, dan GPS biasanya berada dalam kaleng penutup yang kecil. 

Kami melepasnya menggunakan blower dengan pengaturan panas 380 derajat dan angin 50 untuk mengangkat kalengnya. Sekarang, kalengnya sudah terbuka dan tidak ada komponen yang berpindah posisi atau rusak. 

Karena langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran, saya menggunakan avometer dalam mode buzzer terlebih dahulu agar lebih mudah dan dapat mencari tahu apakah ada komponen yang konslet. 

Setelah melakukan pengukuran pasif, kita menggunakan mode dioda. Jika ada jalur yang konslet, kita mengukur jalur tersebut dan biasanya akan terukur sebagai ground 0,0. Namun, terkadang di area penguat sinyal, hambatannya ada yang tinggi dan rendah sehingga kadang terlihat konslet padahal jalurnya normal. 

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mencoba mengganti IC WiFi dengan MT6631n. 

Kita mencari komponen tersebut dan menemukannya pada rangkaian HP Redmi 6a yang sama dengan HP yang sedang kita kerjakan. IC MT6631n ini bayak kesamaannya seperti pada Xiaomi (Poco M3 Pro, Redmi 10x 4G/6A/9/9A/Note 10 5G), Oppo (A1K/A73s/F5/F7 Youth/Reno 2F/Reno 5F), Realme (3/C2/C20/C21/C25), Vivo (S1/V15/Y12/Y12s/Y17/Y20 MTK/Y21/Y30/Y30i), Samsung A03s.

Kita lepas IC-nya dengan menggunakan mikroskop dan panas 380 serta angin 110.

Mari kita lanjutkan dengan melepas IC bangkaian Redmi 6A. Lalu untuk melepas IC di HP yang sedang kita garap, Saya masih menggunakan panas yang sama untuk melepasnya. Sekarang, kita akan memperbaiki kaki-kaki IC dengan membersihkan sisa timah lalu memberikan timah yang baru. Kita sudah siap untuk memasangnya kembali ke HP yang sedang kita kerjakan. 

Di PCB, Saya akan merapikannya terlebih dahulu dengan menambahkan timah di tepi-tapinya. Yang tengah tidak perlu kita tambahkan. Kita tambahkan timah di tepinya dan bersihkan. Biasanya ketika kita mengganti IC RF atau IC WiFi, kita tambahkan timah di tepi-tapinya dan buang yang tengah. Karena yang tengah adalah ground, terlalu banyak timah justru akan mengganggu proses pemasangan. Saya selalu melakukan ini baik di IC maupun di papan PCB-nya.

Sekarang, kita akan melakukan proses pemasangan dengan memberikan flux terlebih dahulu. Kita harus memastikan posisi pakaian tidak terbalik. Untuk menjepitnya, saya menggunakan pinset agar posisinya tidak berubah. Pada awalnya, sangat mudah bagi kaki-kaki untuk berpindah posisi. Setelah itu, kita gunakan blower dengan panas 380 dan anginnya 50.

Setelah selesai, kita membersihkannya dengan tisu dan thinner atau cairan alkohol. Setelah dibersihkan, seharusnya sudah cukup bersih. 

Sekarang, kita bisa lanjut ke proses pengetesan. Apakah Wi-Fi-nya sudah bisa dinyalakan atau belum? Kita rangkai mesin ke perangkat. Kita baru saja memasang satu baut karena kita harus melakukan pengetesan terlebih dahulu. Back cover harus dipasang terlebih dahulu karena cover ini memiliki antena atau penguat sinyal. 

Mari kita mencoba untuk menyalakan HP ini. Tekan tombol power. Bismillahirrahmanirrahim. Bergetar dan menyala. Mari kita tunggu sampai masuk ke menu. Kemudian, kita akan memeriksa HP ini. HP masih sedang loading, jadi kita akan masuk ke pengaturan. 

Kabar baik, HP sudah menyala. Mari kita periksa WiFi. Sudah aktif, bluetooth juga aktif. Mari kita cek bagian WiFi. Sudah mendeteksi Hotspot dengan baik. Mari kita mencoba menghubungkannya. Sudah bisa terhubung ke jaringan internet Wi-Fi. Bluetooth juga sudah normal. Sudah aktif dan mendeteksi perangkat yang ada di sekitarnya. WiFi dan bluetooth terhubung dengan baik. Sepertinya sudah normal. 

Kesimpulan pada kasus ini, IC WiFi bermasalah, jadi untuk memperbaikinya tinggal ganti IC WiFi saja.

Semoga bermanfaat! Sumber: TeknisiCungkring.

Posting Komentar untuk "Perbaikan WiFi, Bluetooth, GPS Tidak Mau Nyala di Samsung Galaxy A10s"