Iklan Header

Mengenal IC (Chipset, RAM, PA, RF, dll) Pada Xiaomi Redmi 10 2022 Selene

Dalam sebuah smartphone, terdapat berbagai macam komponen hardware yang saling bekerja sama untuk menjalankan berbagai fungsi dari smartphone tersebut. Salah satu hardware internal yang sangat penting pada sebuah smartphone adalah mainboard atau motherboard. Mainboard berfungsi sebagai pusat pengendali dari semua komponen yang ada di dalam smartphone.

Pada smartphone Xiaomi Redmi 10 2022, terdapat berbagai macam IC atau integrated circuit yang tersebar di berbagai bagian dari mainboard. Setiap IC memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling terintegrasi untuk menjalankan berbagai fitur dari smartphone ini. Namun, meskipun sangat penting, tidak banyak orang yang memahami tentang kode-kode IC pada mainboard smartphone Xiaomi Redmi 10 2022.


Melalui artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang hardware internal pada Xiaomi Redmi 10 2022, terutama tentang kode-kode IC yang ada pada mainboard. Artikel ini akan memberikan gambaran tentang berbagai macam IC pada mainboard Xiaomi Redmi 10 2022 dan fungsinya masing-masing. 

Kode-kode IC ini biasanya diperlukan saat melakukan perbaikan hardware jika ingin mengganti IC yang rusak. Berikut beberapa IC pada Redmi 10 2022:

  1. Chipset: Mediatek MT6769V atau dikenal dengan Mediatek Helio G88. Terletak di dalam kaleng yang bisa dibuka dibalik socket power.
  2. RAM/ROM: eMMC KMDP6001DA SKhynix. Redmi 10 ini ada yang 4+64GB dan 6+128GB, dengan jenis ram LPDDR4X. Lekatknya tentu di sebelah chipset.
  3. IC Power: MT6358VM. Ini terletak di dalam kaleng yang berada di atas socket power atau area socket kamera.
  4. IC RF: MT6177W. Terletak di dalam kaleng dibawah lubang audio jack.
  5. IC PA: PA R7Z0B. Letaknya di dalam kaleng yang sama dengan IC RF diatas.
  6. IC PA: VC7916-36. Masih berdekatan dengan IC RF diatas.
  7. IC Charger: CDDDHW (RT9471D). IC ini lekanya di dalam kaleng bawah slot SIM card sebelah kiri/pojok.
  8. IC WiFi: MT6631N. IC ini terletak di dalam kaleng diatasnya kaleng CPU.

Mungkin itu saja beberapa IC utama dalam Redmi 10 2022. Sebenarnya masih ada beberapa IC lain semisal IC Display, LCD, dan audio, tapi itu IC yang kecil-kecilnya. 

Kerusakan pada smartphone biasanya memang tidak jauh-jauh dari kerusakan pada IC diatas. Semoga artikel ini bisa membantu user maupun teknisi untuk mendapatkan informasi kode IC pada smartphone yang sedang diperbaiki.

Posting Komentar untuk "Mengenal IC (Chipset, RAM, PA, RF, dll) Pada Xiaomi Redmi 10 2022 Selene"