Iklan Header

Cara Mengetahui Tingkat Kepuasan Penonton Video-mu Agar Youtube Rekomendasikan

Halo Youtuber, rahasia sukses di YouTube saat ini ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kepuasan penonton. Namun, bagaimana cara mengetahui apakah penonton merasa puas atau tidak, dan bagaimana meningkatkan kepuasan penonton? Sehingga video-mu direkomendasikan Youtube, simak terus..


Cara paling mudah untuk melihat kepuasan penonton adalah dengan menggunakan data analitik. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dipastikan adalah bahwa data analitik di channel Anda berkualitas dan valid serta bisa dipertanggungjawabkan. Bagi Anda yang memperoleh Fuse dari hasil manipulasi atau menggunakan cara-cara tutorial set, maaf data tersebut pasti tidak valid.

Kesan yang ditimbulkan hanya membuat channel Anda terlihat populer, padahal isinya kosong. Untuk menganalisisnya, saya akan menggunakan YouTube Studio versi desktop. Bagian pertama yang perlu diperiksa adalah tab "penonton" pada analitik dalam 3 bulan terakhir.

Scroll ke bawah untuk melihat bagian "video yang meningkatkan jumlah penonton Anda". Data ini menunjukkan penonton baru yang datang dalam berbagai tingkatan kepuasan, tergantung pada tinggi, sedang, atau rendahnya jumlah penonton. Jika tinggi, artinya mereka puas dan akan kembali lagi. Jika sedang, biasa saja, dan jika rendah, maka mereka mungkin tidak akan kembali lagi.

Cek topik video di sana, meskipun jumlahnya sedikit, tetapi jika video tersebut bisa membuat orang kembali, maka video tersebut masih berjasa dan bisa dikembangkan. Cari topik yang menarik dan bisa dikembangkan lagi.

Kedua, cek bagian "like" dan "dislike" pada setiap video. Meskipun sepele, kita bisa memperkirakan kepuasan penonton dari jumlah like dan dislike yang diberikan. Data ini bisa dilihat di bagian "interaksi" pada analitik per video. Ambil hikmah dari situ dan kaitkan dengan topik video, editing, dan sebagainya. 

Baca komentar dan tanggapan dari penonton, apakah mereka puas atau tidak dengan ide-ide video yang disajikan.

Ketiga, cek bagian "CTR" dari layar akhir pada setiap video. Cara melihatnya adalah dengan klik bagian "mode lanjutan". Kemudian, saya melihat bagian bawah dan mengklik tanda + untuk memilih jumlah kartu yang ditampilkan, serta mengklik pada teaser kartu ini untuk melihat berapa orang yang bertahan menonton sampai habis dan melihat layar akhir yang saya pasang. 

Setelah itu, saya melihat berapa banyak orang yang mengklik. Jadi, siapa yang tidak pernah memasang layar akhir ini? Pasanglah untuk melihat apakah orang-orang menyimak sampai akhir atau tidak, yang artinya video Anda menarik atau tidak, dan berapa banyak orang yang tertarik untuk menonton video Anda. 

Sudahkah kalian mengetahui bahwa video yang muncul di situ juga akan muncul di bagian rekomendasi bahkan bisa memancing video lainnya? Jadi, jika Anda ingin video Anda muncul di rekomendasi, pasanglah layar akhir. 

Jika ingin layar akhir Anda dilihat banyak orang yang artinya mereka menyimak, apalagi jika mereka mengklik, rekomendasi akan membawa mereka ke mana-mana. 

Jadi, jangan buang-buang waktu dengan cara yang aneh-aneh yang malah akan merusak channel Anda. Jika masih pada nekat, biarkan saja seperti itu dan anggap saja sebagai seleksi alam. Saya sudah lelah memberikan informasi ini kepada kalian yang tetap bersikeras. 

Jadi, tidak perlu melihat bagian rata-rata view super penonton jika masih di mode lanjutan. Klik saja + jika belum ada metriknya, kemudian pilih bagian jangkauan dan klik penayangan rata-rata per penonton. Disitu terlihat secara total rata-rata penonton yang menonton viewmu berapa kali. Angka 2,2 sudah termasuk bagus. Jika masih di bawah 2, kalian harus memperbaiki terutama dalam pemilihan
topiknya orang akan nonton banyak video kalau kita bisa kasih topik sesuai minat mereka.

Coba isi di komen ya berapa kali rata-rata penonton di channelmu rata-ratanya berapa? Selanjutnya ini dari survei YouTube ini nggak bisa kita lihat datanya ya tapi YouTube itu diam-diam nanyain nonton kita loh, puas atau enggak dengan video kita jawaban penonton ini dipakai untuk penilaian sistem rekomendasi mereka.

Nah, apa hikmah dari semua ini yang pada akhirnya penonton real lah, yang bisa menolong channel kita berkembang, penonton yang organik yang bener-bener manusia, video-video yang dirasakan manfaatnya oleh penonton akan jadi penentu nasib videomu selanjutnya. Semoga bermanfaat sampai ketemu lagi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Tingkat Kepuasan Penonton Video-mu Agar Youtube Rekomendasikan"