Iklan Header

11 Tips Menguasai Sosial Media Untuk Memasarkan Bisnis Anda

Halo, saya Elppas. Dalam kursus ini, kami akan mengajarkan Anda cara menguasai media sosial.

Like, Share, Hashtag, Algoritma.
Dunia media sosial terlihat kompleks, tetapi sebenarnya tidak perlu seperti itu!

Pada intinya, media sosial adalah tempat bagi kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Ini tentang membangun hubungan, mengembangkan komunitas orang dengan minat yang sama. Seperti namanya, itu semua tentang menjadi sosial.

Bagi saya, saya suka media sosial karena membangun koneksi.

Ini adalah tempat di mana Anda dapat mengumpulkan orang dari seluruh dunia dengan hasrat dan minat yang sama.

Saya percaya tidak ada tempat atau platform lain di luar sana yang bisa melakukan itu.

Ini memungkinkan Anda untuk membangun hubungan dengan orang-orang dari seluruh dunia yang mungkin tidak Anda kenal sebelumnya.

50% orang lebih mungkin membeli dari merek yang mereka ikuti secara online. Jadi, Anda ingin memberi mereka alasan untuk mengikuti Anda.

Baik Anda baru memulai atau ingin meningkatkan keterampilan media sosial Anda, kuncinya adalah memikirkan di mana Anda berada, di mana Anda ingin berada, dan bagaimana Anda akan mencapainya.

Apakah Anda siap menguasai seni pemasaran media sosial? 

1. Temukan Fokus Anda

Di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda - Instagram, Twitter, mungkin TikTok?
Kita semua punya favorit masing-masing.

Namun favorit pribadi Anda tidak selalu menjadi platform terbaik untuk memasarkan bisnis Anda!
Untuk mencapai pelanggan Anda secara online, Anda harus pergi ke tempat yang mereka (target market Anda) kunjungi.

Secara pribadi, platform favorit saya adalah Twitter, tetapi saya tidak selalu berpikir bahwa itu adalah platform terbaik untuk bisnis, Anda tahu?

Tidak masuk akal jika Anda, misalnya, merupakan perusahaan penasehat keuangan, berada di Twitter atau bahkan Instagram. Anda mungkin lebih fokus pada Facebook karena ini lebih seperti platform layanan pelanggan.

Jadi saya pikir Anda harus mempertimbangkan siapa yang Anda ajak bicara dan jenis bisnis apa yang Anda promosikan, dan dari situ melihat platformnya.

Anda mungkin berpikir, cara terbaik untuk mencapai sebanyak mungkin orang, adalah dengan ada di setiap platform media sosial yang ada - benar? Tetapi jika Anda hanya satu orang, ini mungkin bukan penggunaan waktu terbaik.

Di Instagram - #makanan telah dipakai lebih dari 130 juta kali.

Jadi jika Anda akan membuka kafe baru yang keren, platform ini akan menjadi tempat yang tepat untuk memulainya. Karena sangat visual - dan cara terbaik untuk menarik audiens yang berbagi foto lezat dari apa yang bisa mereka makan untuk brunch.

LinkedIn adalah jaringan profesional (pekerja) terbesar di dunia.

Jadi jika Anda adalah pemasar lepas dan perlu menjangkau klien baru, ini akan menjadi tempat yang tepat untuk memulai. Dapatkan perhatian dengan memposting konten informatif - yang jelas menunjukkan seberapa banyak Anda tahu tentang hal yang Anda lakukan.

Pilih platform yang menawarkan peluang terbesar untuk Anda, dan berkembang dari sana.

2. Tentukan Tujuan Anda

Hanya ada satu cara untuk melacak kemajuan yang Anda buat. Yakni dengan menetapkan beberapa tujuan - dan mengukurnya.

Ada banyak hal yang bisa diukur di media sosial - tapi semua itu tergantung pada apa yang ingin Anda capai. Apa yang akan membawa Anda lebih dekat ke tempat yang Anda inginkan?

Ukur itu.

Banyak yang berbicara tentang pengembalian investasi di media sosial, dan di ruang pemasaran itu sangat sulit karena pengembalian investasi itu seperti konsep yang abstrak.

Satu keindahan dengan media sosial adalah Anda bisa mendapatkan fakta dan angka spesifik untuk berapa banyak orang yang telah melihat postingan itu, kategori usia, status hubungan, Anda benar-benar bisa menggali lebih dalam dan terutama dengan media sosial, Anda bisa melihat siapa yang berinteraksi dengan postingan Anda dan mendapatkan gambaran tentang siapa audiens Anda juga.

Jadi, bagaimana Anda menentukan tujuan Anda?

Jika Anda baru memulai, Anda ingin bisnis Anda dikenal. Jadi kesadaran merek bisa menjadi tujuan Anda.

Pastikan konten Anda dengan jelas mengekspresikan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Kemudian ukur kesadaran dengan melacak berapa banyak orang yang Anda jangkau dengan setiap postingan.

Jika Anda adalah bisnis yang lebih mapan, tujuan Anda mungkin untuk memperdalam hubungan Anda dengan komunitas Anda.

Buatlah konten yang menambah nilai bagi kehidupan mereka dengan menginspirasi, mendidik, atau menghibur mereka. Kemudian ukur keterlibatan dengan melacak berapa banyak komentar positif yang Anda terima.

Setiap platform media sosial memiliki analitik bawaan untuk membantu Anda mengukur dan melacak.

Jadi, Anda memiliki semua wawasan yang Anda butuhkan di ujung jari Anda!

3. Definisikan Gaya Anda

Saya suka kegiatan di luar ruangan jadi saya mengikuti akun Patagonia di Instagram. Feed mereka penuh dengan gambar-gambar yang menginspirasi orang untuk menjelajahi alam bebas. Saya suka apa yang saya lihat dan saya tahu apa yang bisa diharapkan.

Semua postingan media sosial Anda adalah perpanjangan dari merek Anda. Jadi pastikan konten Anda benar-benar mencerminkan diri Anda!

Ketika orang mendarat di feed Anda, terutama di Instagram, itu adalah toko Anda bagi bisnis Anda. Tanpa melihat posting individu, apa yang terlihat dari feed Anda? Apakah bersih, inspiratif, dan segar? Atau sibuk, penuh warna, dan menyenangkan?

Sebagai titik awal, kami selalu memberi tahu klien kami untuk membuat mood board untuk gambar dan ethos merek yang ingin mereka tunjukkan sebagai bagian dari strategi tersebut.

Di dunia sosial yang dipenuhi konten, bagaimana cara postingan Anda menonjol di antara yang lain? Bagaimana akan dikenali oleh komunitas yang mengikuti Anda?

Pastikan ada benang konsistensi yang berjalan melalui semua desain Anda. Mungkin itu palet warna Anda, gaya font, atau menggunakan filter foto yang sama.

Tapi, desain yang konsisten tidak harus membosankan!

Cara yang bagus untuk mencapai tampilan yang seragam tetapi tetap menarik adalah dengan membuat satu template untuk setiap jenis konten yang Anda posting. Jadi, satu gaya untuk meme, yang lain untuk video, dan yang lain untuk kutipan inspiratif.

Memiliki beberapa template yang sudah jadi juga akan menghemat waktu Anda ketika Anda sedang posting di mana saja!

Tujuannya adalah menciptakan tampilan dan nuansa yang unik yang komunitas Anda akan langsung kenali dan sukai. Tentukan gaya Anda dan tetaplah konsisten.

4. Jadikanlah Visual

Setiap saluran media sosial memberi Anda cara dan alat yang berbeda untuk memvisualisasikan ide-ide Anda. Ekspresikanlah - dengan tweet di Twitter - atau cuplikan di balik layar pada cerita Insta.

Ini semua tentang memvisualisasikan ide-ide Anda dengan cara yang paling menarik.

Anda perlu memikirkan format yang terbaik untuk menyampaikan pesan Anda. Ada begitu banyak format posting dan jenis yang tersedia sekarang, saya pikir sangat mudah untuk memilih sesuatu yang baru dan inovatif, tetapi Anda benar-benar perlu berpikir kembali tentang tujuan posting Anda. Apa yang ingin Anda sampaikan dan cara terbaik bagi audiens Anda untuk memahaminya.

Otak kita menyukai gambar.
Kita benar-benar memproses gambar 60.000 kali lebih cepat dari kata-kata!

Berita baiknya, platform sosial menawarkan banyak cara untuk mengubah pesan Anda menjadi konten yang menarik.

Infografis, jajak pendapat, karusel - kemungkinan tak terbatas!
Apakah Anda berbagi rutinitas latihan terbaru Anda? Tunjukkan panduan langkah-demi-langkah dengan posting karusel!

Memutuskan warna untuk jangkauan aktivitas fisik musim depan?
Gunakan jajak pendapat Instagram untuk memberikan pilihan pada pelanggan Anda!

Apa pun ide untuk posting Anda berikutnya - bersikaplah kreatif dengan alat yang ada di tangan, dan jadikanlah visual.

5. Warna, Kontras & Kejelasannya

Seberapa seringkah Anda menggulirkan feed dan tiba-tiba harus berhenti, karena postingan itu begitu bagus?

Desain sosial media yang indah dapat membantu konten Anda menonjol dari kerumunan. Mari kita cari tahu bagaimana!

Desain yang indah selalu menghentikan saya ketika saya melihat-lihat feed, apakah itu palet warna yang menonjol atau visual yang menakjubkan, itu selalu akan menarik perhatian Anda. Tetapi sebagai bisnis, setelah Anda mendapatkan perhatian mereka, sangat penting untuk benar-benar menyampaikan pesan yang ingin Anda tampilkan, jika tidak, tidak ada nilai dalam postingan tersebut. Itulah sebabnya kejelasannya sangat penting.

Jika Anda siap untuk membawa desain Anda ke level berikutnya,
Fokus pada tiga C - Warna. Kontras. Dan Kejelasan.

Warna-warna cerah dan tegas menonjol di atas halaman putih dan menarik perhatian.
Jadi bersenang-senanglah dengan kombinasi warna sederhana yang cocok untuk merek Anda.

Kontras membantu desain Anda muncul dari feed.
Coba kontras antara warna terang dan gelap - dan buatlah dampak dengan SKALA.

Kejelasan penting, karena audiens harus memahami pesan Anda dengan sekilas pandang.
Jaga kata-kata sekecil mungkin, ukuran font sebesar mungkin, dan biarkan visual berbicara.

Ikuti tiga C ini dan Anda akan merancang postingan yang menonjol di kerumunan.

6. Kuasai Video Anda

Video adalah apa yang kita sebut sebagai konten yang menarik perhatian. Gerakan, animasi, emosi! Kita tidak bisa melepaskannya dari pandangan.

Dan faktanya: video mendapatkan tiga kali lipat lebih banyak dibagikan dibandingkan dengan teks dan gambar yang digabungkan. Kabarnya: video sedang booming!

Jadi kami memiliki banyak klien yang ingin membuat video satu atau dua menit. Ini bagus untuk cerita merek di situs web Anda, tidak ada masalah.

Untuk media sosial, video harus singkat dan langsung menarik perhatian, karena kebanyakan orang berhenti menonton setelah tiga detik. Video harus memancing perhatian orang saat mereka menggulir layar media sosial, dan jika Anda meminta mereka untuk mengambil tindakan, maka video tersebut harus membuat tindakan itu menjadi proses yang singkat.

Ada banyak cara untuk membuat video yang menarik, tergantung pada tujuannya.

Menceritakan kisah tentang rantai pasokan etis Anda akan berbeda dengan mempromosikan diskon di musim tengah.

Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah video singkat yang menonjol.

Namun, terkadang Anda memerlukan kisah yang lebih panjang:

Kisah seharusnya membangkitkan emosi pada orang. Entah itu air mata tawa atau sedih - emosi akan membentuk koneksi dengan komunitas Anda. Jadi tanyakan pada diri sendiri - apa yang ingin Anda rasakan oleh audiens Anda.

Gunakan waktu Anda dengan bijak. Tiga detik pertama sangat penting. Itu adalah kesempatan Anda untuk menginspirasi audiens untuk terus menonton.

Dan jika Anda tidak memiliki anggaran untuk produksi yang mahal - jangan khawatir! Kamera ponsel Anda, dan alat video Canva, akan menjadi teman terbaik Anda.

7. Sesuaikan konten Anda

Ketika berbicara tentang media sosial, tidak ada ukuran yang cocok untuk semuanya. Jika Anda memposting konten di banyak platform seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn, Anda perlu menyesuaikan konten Anda untuk setiap platform.

Jika Anda ingin terlihat seperti ahli media sosial, pastikan postingan Anda memiliki ukuran yang tepat dan teks yang sesuai panjangnya.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kecil seperti restoran dan ingin memposting konten di media sosial, ada banyak sudut pandang dan jenis konten yang bisa diambil dari satu adegan. Anda bisa mengambil beberapa close-up, foto meja dari kejauhan, atau video panning dan mempostingnya di berbagai platform secara bersamaan agar Anda memiliki sedikit dari segalanya daripada hanya mendapatkan gambar kotak yang sama dan mempostingnya di setiap platform.

Setiap platform memiliki perbedaan - dari dimensi gambar hingga batas karakter teks.

Twitter memberi Anda 280 karakter per tweet. Di Instagram, dunia adalah telur ikan mas. Pastikan kata-kata yang Anda gunakan sesuai dengan gambar yang Anda tunjukkan.

Ketika datang ke dimensi desain, Canva adalah gurumu. Semua template kami disetel ke ukuran yang tepat sehingga Anda tidak perlu menebak-nebak.

Jika Anda menggunakan Canva Pro, coba Magic Resize. Pilih platform yang ingin Anda posting, dan dengan satu klik, akan mengubah satu desain menjadi banyak. Seperti sihir!

Tip saya: jangan letakkan elemen penting terlalu dekat dengan tepi halaman. Ini akan terpotong setelah diposting.

Jika ragu, cobalah dulu!

8. Edukasi, Inspirasi, Hiburan

Mencuri perhatian di media sosial bukanlah tugas yang mudah. Anda harus terus memposting konten dengan konsisten, tetapi tidak boleh mengulang hal yang sama berulang kali.

Terus menciptakan ide-ide baru untuk konten yang disukai komunitas Anda membutuhkan kreativitas yang serius!

Oleh karena itu, saya pikir proses inspirasi adalah bagian besar dari itu. Anda harus mengikuti akun yang tidak hanya merek yang melakukan hal-hal keren yang Anda suka dan melihat seperti bagaimana saya bisa mengambil beberapa pembelajaran dari itu dan menerapkannya pada strategi media sosial saya.

Jadi, jika Anda melihat merek yang melakukan pekerjaan video yang keren, Anda bisa berpikir bagaimana saya menerapkannya pada makanan atau lini pakaian saya atau apa pun merek Anda.

Namun, saya pikir pada akhirnya ini tentang melepaskan diri dari kotak bisnis dan berpikir dari perspektif kreatif dan kemudian mencoba menggabungkan keduanya untuk menghasilkan konten yang kreatif.

Jadi, bagaimana cara terus menciptakan ide-ide baru?
Kami punya tiga teknik untuk membantu: Edukasi. Inspirasi. Hiburan.

Edukasi adalah tentang memberdayakan.
Anda adalah ahli di bidang yang Anda tekuni!
Bagikan apa yang Anda ketahui dengan komunitas Anda - sehingga mereka dapat belajar dari Anda!

Jika Anda seorang florist, Anda bisa mengajari mereka tentang bunga apa yang mekar musim ini.

Inspirasi adalah tentang menjadi kreatif dan berbagi ide-ide baru. Mungkin cara baru yang menarik untuk menampilkan bunga di rumah Anda...

Anda bahkan bisa meminta saran dari komunitas Anda - mereka mungkin memiliki ide yang menginspirasi juga!

Jangan takut untuk menghibur, lucu, atau agak aneh.

Berapa banyak lelucon bunga yang lucu yang bisa Anda pikirkan?
Jika membuat Anda tersenyum, itu juga akan membuat audiens Anda tersenyum.

Jadi, coba-coba dan cobalah hal-hal baru! Saya percaya pada Anda :)

9. Merencanakan ke depan

Jadi, kamu sudah jelas tentang tujuanmu. Kamu telah merancang beberapa postingan yang indah. Saatnya untuk menjadi viral!

Belum juga. Ketika datang ke konten media sosial, cara merencanakan sama pentingnya dengan apa yang kamu posting.

Karena tidak cukup hanya memiliki akun media sosial, kamu harus menjaga agar tetap aktif!

Saya pikir saat kamu baru memulai, bisa sedikit hektik untuk melacak setiap bulan dan seringkali seperti ada hal-hal yang naik turun dan kamu bisa membuat dirimu sendiri gila, jadi saya pikir kamu harus menetapkan beberapa tujuan jangka pendek dari perspektif bulan ke bulan, tetapi juga berpikir jangka panjang, satu tahun dari sekarang apa yang ingin kamu capai dan hanya bekerja menuju itu.

Terkadang sulit untuk memikirkan sesuatu yang unik untuk diposting setiap harinya. Itulah mengapa merencanakan ke depan sangat penting.

Sisihkan waktu, ambil kalender, dan rencanakan kontenmu. Kamu bisa merencanakan mingguan, bulanan, atau triwulanan - sesuai yang cocok untukmu.

Apakah ada acara nasional atau hari libur yang akan datang yang dapat kamu buat konten yang relevan? Catatlah acara tersebut.

Jika kamu proaktif dengan jadwalmu, itu akan memberimu ruang untuk bereaksi juga - karena terkadang kamu tidak tahu apa yang ada di depan.

Berikut adalah tip untuk menjaga agar semuanya sederhana:
Kamu sudah merancang template yang berbeda untuk jenis konten yang berbeda, kan?
Ambil ini, dan tentukan satu jenis untuk satu hari dalam seminggu.

Kamu bisa memiliki: Senin Meme, Selasa Kutipan, dan Jumat Fakta Menarik.

Sekarang kamu bisa tidur nyenyak, mengetahui persis apa yang akan kamu posting minggu depan!

10. Bangunlah Komunitas Anda

Pelanggan bagus. Tetapi komunitas itu level berikutnya!

Jika Anda bisa mendapatkan sekelompok pengikut setia yang menyukai apa yang Anda lakukan, mereka akan menyebarkan kabar dan melakukan pemasaran untuk Anda.

Membangun komunitas tidak mudah! Ini membutuhkan lebih dari sekadar pengikut dan suka - semuanya tentang koneksi manusia.

Dan menurut saya, cara melakukannya adalah dengan mengikutsertakan mereka dalam perjalanan merek. Jadi Anda membuatnya menjadi percakapan bolak-balik bukan Anda selalu berbicara kepada pelanggan Anda. Anda berinteraksi dengan mereka secara teratur, jika mereka memberikan komentar pada foto Anda, Anda menjawabnya, jika mereka memposting sesuatu dan menandai Anda, Anda mengulanginya atau membicarakannya dengan mereka, memberi mereka penghargaan. Seperti, hal-hal semacam itu membuat orang merasa bahwa merek ini menghargai bahwa saya juga menyebut mereka atau berbicara dengan mereka dan dengan cara itu Anda merasa lebih terhubung dengan mereka.

Tunjukkan kepada komunitas Anda bahwa Anda menghargai mereka. Jika seseorang mengomentari postingan Anda, luangkan waktu untuk memberikan respons!

Tetapi jangan menjadi robot! Ingat Anda terhubung dengan manusia sungguhan.

Sebelum Anda mengirimkan, bacakan balasan Anda dengan keras. Apakah itu sesuatu yang akan Anda katakan kepada seorang teman? Jika tidak, mungkin tulis kembali, sampai terdengar tepat.

Saya tahu apa yang Anda pikirkan: Banyak tanggapan! Sedikit waktu!

Tetapi cari rutinitas yang cocok untuk Anda.
Anda bisa mulai dengan mengabdikan 30 menit sehari - saat Anda naik kereta atau minum kopi di pagi hari.

Tujuan Anda adalah untuk membangun komunitas yang berinteraksi dengan Anda dan satu sama lain - itulah yang dimaksud dengan media sosial.

Berikut adalah bonus: Konten yang membuat orang berbicara akan membantu mengalahkan algoritma dan mendorong postingan Anda lebih tinggi dalam guliran.

Semakin banyak alasan untuk terhubung!

11. Buatlah jejakmu

Anda telah menemukan fokus Anda, membuat banyak konten yang disesuaikan, dan menjadwalkannya semua. Selamat.

Sekarang setelah Anda telah melakukan semua kerja keras itu, apa yang selanjutnya? Tidak ada yang akan tahu itu ada, kecuali Anda mempromosikannya dengan gigih.

Ya, satu hal yang harus saya katakan tentang menempatkan tautan ke mana-mana, seperti yang sudah dilakukan oleh banyak orang selama ini, itu bagus, tetapi selain itu Anda harus membuat orang-orang ingin melakukannya. Hanya menempatkan logo Facebook di suatu tempat bagus, tetapi jika orang tidak menyukai produk Anda, kemasan Anda tidak menarik, atau pengalaman Anda tidak luar biasa, mereka tidak akan melakukannya.

Anda jauh lebih baik membuat mereka berkata, "oh Tuhan, "kemasan ini luar biasa" atau "pengalaman ini sangat bagus sehingga saya ingin membagikannya dengan teman-teman saya".

Media sosial adalah bagian penting dari campuran pemasaran, tetapi tidak harus bekerja sendiri!

Pikirkan SEMUA cara berbeda yang digunakan pelanggan Anda untuk berinteraksi dengan bisnis Anda - baik secara online maupun offline. Semua itu adalah kesempatan bagi Anda untuk membuat jejakmu.

Misalnya, jika Anda menjalankan kedai kopi, Anda dapat menambahkan tautan media sosial Anda ke dalam menu, mungkin juga menambahkan tagar Anda sehingga pelanggan dapat berbagi foto seni kopi Anda yang indah.

Atau jika seseorang telah memesan dari toko online Anda, tambahkan catatan terima kasih kecil di paket mereka dengan tautan media sosial Anda dan dorong mereka untuk mengikuti dan berbagi foto pesanan mereka.

Sentuhan kecil ini dapat terasa sangat personal.

Hal yang paling penting adalah memanfaatkan setiap kesempatan untuk menjangkau pelanggan Anda dan membuat jejakmu di dunia.

Posting Komentar untuk "11 Tips Menguasai Sosial Media Untuk Memasarkan Bisnis Anda"