Iklan Header

Samsung Galaxy A14 5G, Pake Dimensity 700, Jauh Lebih Kencang dari A13 Dulu

Kali ini kita bakal nyobain HP terbaru Samsung 2023, yang harusnya entry level ya, ini Samsung Galaxy A14 5G.

Saya penasaran sama nih HP Galaxy A14 kan harusnya entry level ya, biasanya 1 jutaan atau mentok-mentok 2 juta kecil, tapi HP ini harganya Rp. 2.999.000 alias 3 juta jatuhnya, udah masuk kelas mid range. 

Galaxy a14 midrange kayak enggak masuk aja, kalau saya tebak sih gara-gara ada 5G nya ya. HP yang udah support 5G mau enggak mau harus dibuntutin spek yang keren juga soalnya.

Enggak ada HP 5G yang mesinnya lemot sih, Galaxy A14 5G juga gitu. Spesifikasinya oke, dia pake Dimensity 700, RAM-nya 6 GB, internal 128 GB, layar Full HD 90hz, baterai 5000 mAh.

Kayak bukan entry level gitu. Gak tahu kenapa Samsung kasih nama A14 ke HP ini, kenapa enggak A24, A34. Nanti kita coba lihat sambil unboxing

Kotaknya tipis, dan kalau Samsung udah kasih kotak tipis ya biasanya nggak ada chargernya. 

Untuk warnanya ini dinamai Samsung dengan warna Dark Red ya, tapi kelihatan seperti ungu, cuma kalau ungu itu ada biru-birunya sih.

Kita langsung coba buka aja, cara bukanya pakai sistem slide ya bukan diangkat, berarti ini Galaxy A14 yang entry level, kalau hp-hp yang entry level memang biasanya slide, beda dengan kelas atas Samsung seperti S22 yang diangkat gitu.

Didalamnya ada:

  • Kabel USB type C to type C, warna putih oke kelihatan mahal
  • Ada buku petunjuk selembaran doang enggak ada casing enggak ada apa-apaan
  • SIM Ejector
  • Kertas IMEI
  • Unit Samsung Galaxy A14 5G

Tidak ada charger? Menurut info orang Samsung kalau Samsung Galaxy A14 5G dapetin charger di pembelian tapi bukan di dalam kotak, dia dikasihnya di luar kotak, jadi ada kotak terpisah gitu entah kenapa Samsung tiba-tiba kayak mau ngasih ekstra mungkin karena sering kita bully sering kita Sindir cuma itu kabar yang bagus sih. Semoga lain kali memang dari awal ada lah gitu ya.

Ini warnanya saya lumayan suka sih, dia ke inspirasi dari warna-warna S22 gitu kan, atau warna HP HP flagshipnya.

Ini kelihatan mantep finishingnya, ada tekstur ala-ala sir cooler gitu ya yang tipis-tipis gitu. Saya enggak pakai kuku aja dia bisa keluarin bunyi. Jadi soal fingerprint enggak bakal mudah nempel, cuma bahannya tentu aja dari polycarbonat.

Ada branding Samsung di bagian agak kebawah, juga ada triple camera ini kamera utama 50 megapixel tapi sisanya enggak usah terlalu banyak dipikirin sih soalnya 2 MP Makro sama 2 MP Depth.

Kalau dari desainnya lumayan tebel sih, saya ada baca speknya dia 9 mm cuma udah lupa gitu kalau 9 mm itu setebal apa.

Ternyata kalau dipegang lumayan tebal tapi enggak seberat itu. Beratnya 205 gram aja, kalau dipegang ini anda bakal ngerasain ini HP yang lumayan tebal, baterainya 5000 mAh soalnya.

Jadi ya ini kalau dari desain jelas entry level sih, soalnya ya dari plastik gitu-gitu cuma build quality-nya baguslah. 

Dipegang berasa solid, nggak kaleng-kaleng. Di sebelah kanan ada tombol power merangkap fingerprint, ada tombol volume.

Di bagian atas ada mikrofon, mantap ini sesuatu yang tidak bisa diikutin oleh semua brand HP kayak Infinix kemarin kita unbox harganya 3 juta, tapi microphone cuma satu di bawah.

Kalau Samsung paling murah pun termasuk A14 dia ada microphone di atas sama di bawah, jadi harusnya suara rekamannya bagus.

Di kanan ada SIM tray dia support triple slot, jadi bisa masuk 2 kartu Nano SIM sama satu MicroSD.

Di bawah ada headphone Jack, ada microphone, ada USB type C dan ada speaker.

Coba kita hidupin aja, loadingnya agak nunggu ya ini kayaknya udah 30 lebih detik deh. Samsung Galaxy A14 5G ini Androidnya udah versi 13, sama dia UI-nya, One UI Core 5.

Penampilan paling awal dari Samsung Galaxy A14 5G ini lagi-lagi desain layarnya kelihatan entry level karena bezelnya tebel ya, dari bawah dagunya tebal kanan kiri atas juga berasa lumayan tebal, dan desain poni yang kayak gini juga ya ini entry level sih.

Dari layar saya suka warnanya ini bagus, dia juga 90hz. Saya sudah coba scroll-scroll rasanya mulus, baru di awal-awal aja udah kayak ngasih kesan kalau isinya tuh bagus.

Refresh rate 90hz, Full HD tajam juga, warnanya saya suka. Kalau dari OS sih saya belum tahu infonya Samsung bakal kasih update berapa lama. Tapi yang pasti Samsung tradisinya bisa dua atau tiga tahun minimal, dan itu nggak bisa diikutin HP-HP yang jual spek doang sih ya.

Harus lihat sendiri lah kalau kualitas layarnya silahkan main ke galeri Samsung atau dealer apa atau percaya review ini karena juga ya mata saya harusnya seleranya sama-sama aja ya. Kalau bagus ya bagus aja sih.

Layarnya juga pas di sentuh tadi mulus, enggak seperti pendahulunya si A13 yang kurang smooth, A14 dari komponen lagi-lagi ini kualitas 5G, kualitas kelas menengah. Sayangnya nggak ada screen protector ya.

Soal speaker, ini masih mono dan kualitas suaranya standar. Dari volume cukup kenceng lah nggak kayak mendem. Bassnya B aja sih, nggak jelek. Sama mesin getarnya juga ini ala entry level.

Kalau dari performanya saya udah cek Antutu ini skornya Dimensity 700, di Antutu 9 skornya 332.000 jadi performanya kayak Helio G99 yang banyak dipakai di HP 2-3 juta juga, bahkan ada yang 4 juta pakai tapi itu ya brand-brand Oppo Vivo gitu sih. Bedanya Helio G99 sama Dimensity 700 ya ini udah 5G.

Kalau buat main game ML wah ini mulus sih kalau kita lihat di settingan refresh ratenya bisa Super (90Hz) ya, kalau 120Hz itu Ultra. Grafiknya high, refresh ratenya Super, ini kita main Brawl aja biar langsung rame heronya terus kita bisa spam-spam-in juga ya, ya mantap ini udah dibilang 5G-nya itu berasa di speknya, 3 jutanya itu berasa dispeknya, kalau nyari desain sih no, desainnya mirip kayak HP entry level.

Kalau main Genshin Ipact sih ini mirip kayak Helio G99 lah, bisa dapet 30-an FPS dengan sedikit patah-patah. Jadi nggak ada yang terkejut atau gimana performanya walaupun ini chipset hampir 2 tahun ini pokoknya. Udah setahun lebih dia masih tetap narik banget buat kerjaan-kerjaan kayak ginian.

Samsung A14 sudah punya NFC di sini, sip sip gitu dong jangan kalah sama Infinix.

Sekarang kita coba tes kameranya, ini Galaxy banget, kalau saya lihat sih kalau dari tajamnya oke, dari warna juga enggak seterang itu, tapi buat HP yang harganya 3 juta ini ya standar sih nggak bagus-bagus banget.

Buat hasil videonya sih dia mentok di 1080p 30 FPS saja, mau depan mau belakang sayangnya itu. Tapi kamera depannya bagus ya tadi fotonya, sama ini juga selfie muka saya kelihatan oke warnanya. Warnanya saya suka. Ada mode stabilisasi, walaupun gak ada OIS tapi pakai software aja (EIS).

Kesimpulan buat Galaxy A14 5G, kalau Anda bisa menerima desain depannya yang entry level banget mulai dari bezelnya, dari tebelnya, sama nggak ada aksesoris. Ini HP yang bagus sih, speknya bagus loh.

Tadi kita pakai buat main games dia bagus, layar juga menyenangkan buat dipakai, scroll mulus, warna enak tajam juga baterai 5000 mAh.

5G-nya yang bikin dia mahal, speknya oke, ada NFC, ini bakal jadi saingan hp-hp yang speknya tinggi sih, UI-nya atau software-nya juga update-nya lebih pasti. 

Galaxy A14 5G ini perbaikan yang cukup signifikan dari Galaxy A13 yang tahun lalu saya beli A13 agak kecewa karena processornya agak lemot, scroll sering patah-patah, apalagi buat games. Di A14 5G ini chipsetnya jauh lebih kenceng dan ada NFC juga.

Kalau mau beli, tunggu 1-2 bulan setelah peluncuran, biasanya HP Samsung bakal turun harganya. Makin worth it kalau harganya di kisaran Rp. 2.5 jutaan!

Sumber: GadgetIn.

Posting Komentar untuk "Samsung Galaxy A14 5G, Pake Dimensity 700, Jauh Lebih Kencang dari A13 Dulu"