Iklan Header

Review Realme 10 Pro+ 5G, HP Desain Bagus Doang? Kamera Kalah Sama 9 Pro+

Kenalin HP ganteng HP cantik terbaru tahun 2023 dari Realme. Realme 10 Pro Plus, asli kalau anda nyari HP kelas mid range yang kelihatan mahal gayanya selangit desain cakep depan belakang tampang realme 10 Pro plus ini pasti bikin salfok.

Realme 10 Pro plus HP kelas menengah tapi gaya flagship layar depannya seksi melengkung di kanan kirinya alias curve screen bezel atas bawahnya juga nyaris simetris sama-sama tipis lagi saya belum pernah lihat HP mid-range yang bezelnya bisa seminim sekembar gini.

Panelnya juga enggak kaleng-kaleng ya udah AMOLED 10 bit alias punya 1,07 miliar warna color gamut-nya luas di 100% DCI-P3 support HDR 10 Plus, peak brightness di 800 Nit, sama ada sertifikasi flicker-free dari TUV Rheinland juga.

Realme pun ngebanggain soal durability kacanya, enggak cuma ganteng doang mereka cerita kalau layar nih HP udah ngelewatin 28.000 kali micro drop test hp-nya dijatuhin dari ketinggian 10 cm layar hadap ke bawah 28.000 kali. 

Kedengaran mantap ya tapi sepengalaman saya main ke pabrik ini tes yang umum buat semua HP sih.

Kayaknya realme sekedar ngingetin aja sekalian lebih nekenin soal kualitas layarnya kalau kayak gini 28.000 kali enggak ada masalah, ini layar yang serius bukan teknologi sepele. Mereka juga cerita kalau teknologi layar ini hasil investasi R&D (Research & Development) yang nilainya 230 miliar.

Well HP pun butuh modal ya buat grow up, dan saya akuin hasil investasinya berasa, selama make realme 10 Pro plus feelingnya memang mewah serasa megang HP yang mahal banget gitu.

Layarnya bisa dibilang yang the best buat mid-range, framenya tipis, ringan di 170 gram aja, desain belakang juga elegan.

Buat varian Hyper Space Gold yang saya pegang sekarang dia punya efek unik nih cahaya yang dipantulin punya bentuk garis-garis kayak prisma, plus kalau dilihat dari dekat ada efek manik-manik juga, biar hp-nya lebih blink lagi.

Kalau anda enggak suka desain yang lumayan ngejreng gini ada satu varian warna lain yang namanya Dark Matter, keren banget namanya Realme 10 Pro plus, HP yang seksi menarik sampai saya tahu harga resminya bikin saya agak dek gitu.

Buat harga varian RAM 8 GB + ROM 128 GB dibandrol Rp. 5.999.000,- sedangkan buat RAM 12 GB + internal 256 GB harganya Rp. 6.999.000,- 

Ini harga yang wow sih kayak bukan seri angka lagi selisihnya lumayan jauh dari sang abang Realme 9 Pro plus.

Buat yang belum tahu realme 9 Pro plus itu HP yang bagus banget sampai dapetin rekomendasi keras dari kami, tapi buat kategori 4-5 juta.

Sementara Realme 10 Pro plus jatuhnya udah main di kategori 6-7 juta! Naiknya 2 step dalam satu generasi itu drastis.

Kalau misalnya nih HP bisa pertahanin kualitas 9 Pro plus yang jempolan ditambah upgrade layar cantik tadi, saya masih bisa ngerti lah, enggak bakal se terkejut tadi.

Upgrade loncat harga loncat sesuai, tapi di 10 Pro plus dia maju satu langkah di layar, tapi mundur 2 langkah, pertama soal harga dan kameranya.

Soal kamera ini nih yang sayang banget, di rekomendasi Realme 9 Pro plus kemarin karena kameranya bagus banget sampai saya ungkit-ungkit pas ngereview iPhone 14 Pro setahun kemudian.

Oh ya buat yang bilang kamera (belakang) Realme 9 Pro bisa ngimbangin bahkan lebih bagus dari iPhone 14 Pro di kondisi low light, yang memang kan dulu saya ada bilang kalau Realme 9 Pro Plus itu bagus banget low-light-nya. 

Reputasi pendahulunya udah bagus lah, tapi tak tahu mengapa di Realme 10 Pro Plus OIS-nya jadi gak ada, sisa EIS, sensornya pun diganti, angka megapixel-nya memang naik sih, sekarang udah 108 MP, tapi hasil fotonya berasa turun. 

Kalau misalnya kita lihat hasil jepretan 10 Pro Plus tanpa dibandingkan sama series 9, kualitasnya memang sudah oke buat standar HP kelas menengah ya. 

Pas motret siang-siang dia terang, detailnya oke, ada sedikit over sharpen ala Realme yang enggak masalah udah biasa, warna juga sedikit over saturate tapi menarik mata. Dynamic-range juga oke, enggak masalah buat HP mid-range, ini sudah pas buat HP kelas menengah.

Motret di low-light juga masih berasa terang plus kelihatan lumayan tajam, cuma udah muncul banyak noise kalau ada bagian yang terlalu gelap.

Buat banyak orang ini udah lolos standar bagus lah, tapi nggak ada faktor wow kayak kemarin yang low light-nya bersih banget. Buat ngerekam video juga lebih stabil 9 Pro Plus.

Perekaman 4K 30fps ya kalau langitnya bagus enak ya HP-nya dimanjain gitu kameranya. Soalnya kalau kamera sebagus apapun kalau langitnya abu-abu gitu asap semua kurang maksimal. 

Saat pakai mode biasa aja 1080p kalau misalnya nggak aktifin fitur stabilisasinya memang berasa agak goyang dikit ya, agak getar-getar gitu, tapi ada fitur stabilisasi coba dihidupin. Nah kalau fitur stabilisasinya dihidupin langsung lebih oke sih jauh lebih oke dan dia ke crop sedikit aja memang harus di-crop karena dia pakai sistem Elektronik Stabilization ya jadi pakai software bukan pakai hardware dan kalau misalnya kita tembakin ke Matahari backlight banget masih tetap kelihatan sih muka saya, jadi HDR-nya bagus dan saya saranin buat aktifin stabilisasinya sih soalnya jauh bedanya dan ke crop-nya juga enggak terlalu dekat.

Soal spek lain kayak mesin yang dipakai justru ini yang dijaga sama Realme ya. Realme 10 Pro Plus tetap pakai Dimensity 920 bukan Dimensity 1080 yang lebih baru kayak yang di India.

Di Indonesia chipset-nya tetap 920 yang umurnya udah setahunan, soal ini saya nggak ambil pusing sih Dimensity 1080 itu cuma upgrade super minor, dari 920 angka benchmark-nya mirip, clock speed-nya naik dikit, fabrikasi juga sama, beda yang paling berasa cuma kalau Dimensity 1080 dia udah support sensor kamera 200 MP, yang enggak guna di HP ini kan dia 108 MP jadi enggak butuh.

Kalau ngomongin performa ya 920 sama aja, chip yang udah bisa ngejalanin segala macam game kok. 

Main MLBB itu ya udah mainin berapa match tuh tapi tetap mulus maksimal kok tetap terjaga di 60fps setting high. 

Main PUBGM juga aman jaya, setting maksimal bisa kena Smooth Extreme 60 FPS, jadi frame rate-nya mulus terus, nggak ada masalah sih.

Main Genshin Impact juga aman-aman aja asal settingannya pake yang lowest bisa dapat rata-rata di 38 FPS.

Baterai juga aman, kapasitasnya 5000 mAh main MLBB setengah jam cuma kemakan 7%, PUBGM setengah jam juga 7%, Genshin setengah jam cuma 13%. Ini udah oke, Youtube sejam aja dia 6 sampai 7%. 

Charge juga kenceng kalau Realme yang punya charger 67 watt Super VOOC, colokin 17 menit sudah masuk 50%, kalau mau sampai penuh 48 menit udah full.

Performa baterai no problem, di Realme 10 Pro plus fitur-fitur juga aman, speaker sudah stereo, vokalnya jernih, detailnya bagus, bass nya cukup.

Sensor gyroscope udah hardware, ada NFC, USB type C, mesin getar juga udah sedap, buat SIM tray ya tipenya dual SIM, jadi enggak bisa diselipin kartu micro SD tambahan.

Intinya soal fitur enggak perlu dibahas panjang lebar semuanya udah sip, udah lolos buat sebuah HP mid-range. 

Saya sudah enggak fokus membahas yang lain sih, sejak tahu harga Realme 10 Pro Plus yang saya pikirin tuh cuma satu. Kok bisa gitu ya, kalau harganya dijaga kayak generasi kemarin saya masih bisa ngerti lah, artinya realme ngasih pilihan buat konsumen.

Strategi yang umum kok brand lain juga pakai, sering banget seri baru dapetin upgrade di bagian A tapi down grade di bagian B. 

Maju satu langkah mundur satu langkah, harganya sama kok dipilih dipilih. Kita coba ambil contoh Realme 10 Pro Plus ini deh, anggap aja harganya 5 jutaan. 

Kesimpulan saya bakal kayak gini; dengan duit Rp. 5 juta kalau anda demen sama desain yang indah lekukan di sana sini cakep depan belakang, Realme 10 Pro Plus enggak ada lawan, the best di kelasnya. HP mid-range rasa flagship mantap. 

Tapi kalau anda senang sama kamera yang garang low light bersaing sama kamera HP flagship, Realme 9 Pro Plus jawabannya, pokoknya mitrain rasa flagship mau pilih manapun Realme menang. 

Mereka bisa jualan HP, konsumen seneng karena dapat HP sesuai kebutuhan, mau desain atau mau kamera pilih aja, itu kalau harga kedua hp-nya sama.

Tapi kenyataannya beda, kalau anda demen sama desain Realme 10 Pro Plus. Anda harus nambah duit lumayan banyak ya, 1-2 juta, kameranya juga nggak sebagus sama yang 9 Pro Plus, jadi damage-nya double.

Realme emang ada ngasih bonus Air Purifier atau Realme Band 2 sih, biar berasa lebih good deal. 

Tapi ordernya harus cepat karena jumlahnya limited, jadi enggak berlaku buat setiap pembelian.

Saran saya kalau Anda memang terlena sama tampang Realme 10 Pro Plus yang cantik ganteng ini, karena saya akuin ini the best buat seri mid range, ini desainnya gila sih.

Ya mending tunggu beberapa bulan setelah peluncuran, pengalaman saya biasanya hp-hp yang cara jualannya pakai bundling-baling itu turun harganya lumayan cepat ya.

Tunggu sampai menyentuh harga 5 juta atau kalau bisa kepala 4 itu mantap, itu baru boleh pertimbangin.

Kalau sekarang harga Realme 10 Pro Plus ini masih kepedean sih, semoga Realme enggak lupa akar mereka ya. Spek tinggi harga rendah, semoga enggak lupa, mentang-mentang sekarang ganteng dia. 

Sumber foto: GadgetIn.

Posting Komentar untuk "Review Realme 10 Pro+ 5G, HP Desain Bagus Doang? Kamera Kalah Sama 9 Pro+"