Iklan Header

3 Tips Membuat Rutinitas Pagi yang Produktif by Sherly

Seringnya saat kita bangun tidur masih sulit untuk ngumpulin nyawa dan fokus untuk memulai aktivitas ya teman-teman.

Pertanyaannya sebetulnya simple dan bisa dibilang sepele tapi impact-nya bisa luar biasa karena bagi Saya setidaknya saat kita gagal memulai hari maka seharian, hari kita bisa jadi bakal sibuk bukan lagi produktif.

Dan Saya pribadi nggak suka tuh mengetahui bahwa hari itu sering sibuk namun nggak produktif karena waktu nggak bisa diulang dan waktu nggak akan nunggu kita siap.

Maka nggak ada pilihan lain selain melayangkan dan mempersiapkan diri untuk semua kondisi dan situasi yang akan terjadi. 

Nah, salah satu yang ngefek dan jadi game challanging banget bagi saya adalah merancang pagi yang produktif

Oke kita langsung aja teman-teman ini dia 3 tips yang saya coba lakukan pasti kadang-kadang juga masih meleset. But at The End It's all about back to the track, karena konsistensi itu bukan berarti kita nggak pernah salah atau lalai konsistensi justru adalah saat kita salah saat kita berada di bawah De motivated saat semangat kita kendur gagal kita belum berhasil Dan lalai dengan kebiasaan baik kita maka kita tahu bahwa at the end kita akan dan harus kembali ke track yang seharusnya.

Tips yang pertama adalah keep it simple and easy, buat aktivitas kita menjadi sesuatu yang sederhana untuk dilakukan dan mudah untuk dipraktekkan. Nggak perlu neko-neko nggak perlu sulit sampai dia udah jadi rutinitas yang tanpa sadar kita lakukan sehari-hari.

Kalau saya misalnya kalau pagi bangun wajib minum air putih, lalu ke toilet ngeluarin sisa air kemarin, wudlu dan sholat karena saya adalah muslim berarti salat subuh ya terus akan nyeduh coffee itu adalah rutinitas yang terus saya lakukan dan saya yakin orang-orang sekitar cukup tau rutinitas itu.

Nah nanti sambil nyerumput kopi saya akan baca buku/kitab atau misalnya mikir sebentar 3-5 menit setelahnya kalau lagi agak santai saya olahraga ringan, tapi kalau sekali lagi agak padat kegiatannya maka cukup stretching singkat but simple and keeping it easy For The First Time wake up in the morning, itu harus.

Buat itu jadi aktivitas dan rutinitas yang akan kita jadikan kebiasaan, itu sebagai sesuatu yang gampang untuk dilakukan, mudah untuk diaplikasikan, itu harus! Caranya gimana lakukan yang kita suka teman-teman yang suka ngopi ya ngopi yang suka ngeteh yang ngeteh yang suka minum air putih hangat ya air putih hangat yang senang mandi misalnya ya langsung mandi yang senang baca buku baca buku yang jelas lakukan segala sesuatu secara mudah dan gampang.

Tips yang kedua adalah jangan cek notifikasi dulu di awal pagi, ini jadi kebiasaan produktif yang saya bangun beberapa waktu belakangan ini teman-teman, bahwa saat bangun tidur saya nggak mau cek notifikasi HP dulu. 

Alasannya sederhana karena saat saya check notifikasi Instagram misalnya ya atau cek email atau notifikasi WA, karena bisa membuat pikiran dan mindset saya akan langsung teralihkan ke situ, so I'm so sorry no WA notification in the morning plus no social media at my first rutin in the morning.

Efeknya pikirannya jadi nggak keganggu di pagi hari karena waktu pagi biasanya adalah Golden time saya untuk menulis untuk mikir maka saya cenderung menyingkirkan semua distraksi yang kiranya akan hadir, salah satunya adalah gadget.

Tips yang ketiga adalah one key important activity, what is important thing that I wanna do today? Kira-kira apa hal paling penting yang harus dilakukan atau harus diselesaikan hari ini? Sisanya akan turun menjadi skala prioritas kedua atau bahkan yang ketiga atau menjadi hal-hal yang akan sering di delegasikan, yang akan mendukung hal penting yang ingin diselesaikan di hari itu.

Contoh konkret misalnya, hari ini akan fokus pada seminar offline, maka bisa dipastikan saya nggak akan scripting di hari itu, atau hari ini akan fokus pada take video misalnya ya untuk beberapa program maka mulai dari scripting shooting finalizing akan dilakukan di hari itu.

Saat ini saya lakukan di pagi hari atau bahkan malam hari misalnya sebelum berganti hari maka yang saya rasakan adalah menjalani aktivitas dan kegiatan itu jauh lebih menyenangkan lebih tertata dan fokus pada target harian yang dikejar.

Beraktifitas dengan jauh lebih sadar dan bertanggung jawab itu menyenangkan teman-teman, dan sebaliknya, saat bagian ini tidak sering dilakukan di pagi hari, yang terjadi adalah ketidakjelasan, pindah dari satu ruangan ke ruangan lain, dari satu Zoom ke Zoom lain, buru-buru ambil kopi misalnya kembali ke meja kerja, nonton YouTube scrolling sosial media, dan lupa bertanya sebetulnya apa yang paling penting untuk dilakukan dan diselesaikan hari ini? 

Dan di akhir hari nanti saat mau istirahat saya barunyadar bahwa yang dilakukan hari ini hanya sekedar mengisi dan menghabiskan waktu bukan menyelesaikan target harian menuju target yang sudah ditetapkan.

Di akhir minggu misalnya, setelah diakumulasikan, ngerasa kok waktu berjalan cepat banget ya? Kayaknya belum melakukan apa-apa deh minggu ini, dan jujur ini perasaan yang gak enak, saya pribadi nggak suka dengan perasaan ini.

Nah teman-teman di sini bedanya mana manusia sibuk dan mana manusia produktif.

Dan sebetulnya ini juga bisa menjadi Tips atau lifehack yang bisa kita pakai selama 365 hari dalam setahun karena dengan sendirinya akan membawa kita dari satu titik ke titik selanjutnya yang sadar atau nggak sadar akan membuat kita lebih dekat dengan target yang udah kita tetapkan. And that is productivity! 

Terdengar sederhana memang, tapi benar-benar mengubah, bukan hanya tentang cara kita berpikir, namun juga pola aktivitas harian yang kita lakukan, yang ketika ini dilakukan secara konsisten, otomatis akan jadi habit, dari habit ketika dilakukan secara terus-menerus akan jadi karakter, dari karakter dengan sendirinya akan menjadi realitas dan fakta yang akan kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Ini meninggalkan satu rasa di diri sendiri sebelum istirahat setidaknya, bahwa ada hal penting yang dilakukan hari ini, meski belum selesai 100% hanya 30% misalnya, atau hanya 50%, tapi ada hal penting yang dilakukan yang mendekatkan diri kita pada target. Nggak papa besoknya dilanjut lagi atau kembali melakukan prioritisasi.

Nah teman-teman itu dia 3 tips yang bisa saya bagi untuk menjawab pertanyaan teman-teman tentang daily rutin saya di pagi hari khususnya. Semoga bisa membantu, ambil baiknya buang jeleknya, drop pertanyaan teman-teman di kolom komen untuk membuat diskusi tentang produktivitas.

Ini nggak selesai dan nggak berhenti di sini, selamat bertumbuh untuk kita semua and I will see you in the next time. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

By Sherly AR.

Posting Komentar untuk "3 Tips Membuat Rutinitas Pagi yang Produktif by Sherly"