Iklan Header

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Aspire 5 Slim (A514-55-537X), Bisa Upgrade RAM/SSD/HDD?

Sebuah laptop yang tipis apalagi kalau yang agak terjangkau biasanya punya masalah-masalah seperti susah di-upgrade gitu ya atau prosesornya kurang kenceng terus nggak ada tuh fitur-fitur baru seperti Thunderbolt gitu.

Yang satu ini punya semuanya RAM bisa diupgrade storage bisa ditambah Thunderbolt juga ada dan prosesornya juga kenceng karena pakai Intel Core generasi ke-12 ya.

Ini adalah Acer Aspire 5 Slim keluaran Tahun 2022.

Oke laptop yang satu ini ditujukan untuk kalangan pelajar dan pekerja katanya ya, yang membutuhkan laptop bertenaga nih katanya.

Nah kita langsung mulai aja lihat spesifikasi dasarnya:

Prosesor dia pakai Intel Core i5 1235u untuk unit yang kami uji Intel 7 base power 15 watt dia punya 10
Core 12 thread 2 performance score dan 8 efisien Core lalu dia juga punya 12 MB Intel Smart case.

Untuk sistem grafisnya dia pakai Intel UHD graphic dengan 80 execution unit. Hah Entar dulu ya perlu
diperhatikan bahwa integral grafiknya terbaca sebagai Intel UHD grafik karena dia menggunakan konfigurasi RAM single channel kalau udah di upgrade kedua channel integral grafiknya akan
otomatis terbaca sebagai Iris Xe graphics menarik ya tiba-tiba berubah namanya mungkin karena performanya meningkat otomatis itu ya. Nah dan ini tentu dia sudah mendukung Quick Sync Video dan akselerasi untuk AV1 ya. Mau single channel 2 channel dia support dua-duanya, cuma 2 channel lebih kenceng dan namanya berubah. 

Untuk RAM bawaannya 8 GB DDR4-3200MHz single channel, ini adalah RAM yang on-board tapi ada satu slot SODIMM kosong untuk upgrade ke dual channel. Emang sih masih DDR4 tapi justru ini yang menarik karena untuk saat ini harga keping SODIMM DDR4 itu jauh lebih murah dibandingkan keping DDR5, jadi kalau mau upgrade itu harganya nggak mahal di sini ya dan dia bisa di-upgrade total sampai dengan 24 GB.

Untuk SSD dia pakai 512GB NVMe PCI gen 4 dan masih tersedia satu slot, bukan slot NVMe atau
M.2 tapi SATA 2.5" yang bisa diisi SSD SATA atau Hardisk bahkan di sini ya. 

Nah untuk wireless connectivity dia pakai MediaTek wi-fi 6E tentunya udah wifi 6E, udah Gigabit wi-fi, multi user MIMO dan bluetooth-nya udah versi 5.0. 

Kapasitas baterai 53 watt hour. 

Dan sistem operasi dia pakai Windows 11 home, ditambah software MS Office Home & Student 2021.

Untuk body form factornya adalah clamshell atau sebuah laptop klasik, di sini materialnya adalah kombinasi aluminium untuk cover atas dan polikarbonat untuk sisanya ya. 

Desainnya polos simple mirip dengan seri Aspire 5 generasi sebelumnya. Kita bisa lihat ada logo Acer di bagian belakang, identitas Aspire juga ditulis di bagian belakang engsel. 

Untuk warna itu ada gray ada gray blue. 

Untuk dimensi panjang 32,8 cm lebar 22,1 cm dengan ketebalan 1,79 cm, bobot laptopnya aja di kisaran 1,5 Kg dan chargernya 150 gram jadi total bobotnya kalau di bawa-bawa adalah 1,65 kg.

Untuk display ini adalah panel IPS ukuran 14 inci resolusinya udah langsung Full HD 1920x1080 pixel, 60hz refresh rate-nya. Berdasarkan pengujian brightness indoor adalah di kisaran 251 nits. Sementara Gamut volumenya ada di 59% sRGB dan coverage ada di 59,6% sRGB. Permukaannya pakai lapisan anti galre jadi nggak ada pantulan-pantulan yang mengganggu gitu ya. Bingkai kanan kirinya juga cukup tipis dan di atas agak tebal karena terdapat webcam di situ. 

Untuk kameranya ini adalah kamera 720p 30 FPS dengan fitur temperal noise reduction atau TNR ya. Kualitas kamera bisa dibilang lumayan untuk meeting online dan microphone-nya jelas bisa menghilangkan noise di sekitar.

Microphone-nya memiliki fitur AI noise reduction menggunakan teknologi Acer purifite voice generasi terbaru. 

Untuk audio dia menggunakan dua speaker stereo terletak di bagian bawah kanan kiri laptop. Suaranya bukan yang paling lantang untuk kelas harganya tapi ini rapi suaranya ya keren suaranya. 

Untuk konektor di kiri ada satu DC-in ada satu ethernet port ada satu HDMI 2.1 ada 2 USB 3.2 gen 1 dan ada satu Thunderbolt 4. Di kanan ada satu audio Jack combo 3.5mm ada satu USB 3.2. 

Nah untuk keyboard dia pakai keyboard dengan layout khas Acer banget nih ya tombol powernya menyatu dengan layout keyboard terletak di pojok kanan atas, dan keyboard ini dilengkapi dengan backlight putih dengan dua tingkat kecerahan. 

Untuk touchpad ini tentunya precision touchpad ya tidak ada klik kanan dan kiri tapi sudah support multi gesture di sini. 

Nah untuk sistem keamanan ada scanner sidik jari yang mendukung Windows Hello juga. Login Windows jadi mudah dan cepat tanpa harus ngetik-ngetik password lagi. Posisinya ada di area pojok kiri atas touchpad. 

Untuk sistem pendinginnya dia pakai sistem pendingin aktif dengan satu kipas dan satu heatpipe intake dari bawah dan exhaust ke arah belakang. 


Itulah spesifikasi laptop Acer Aspire 5 Slim (A514-55-537X).

Harga MSRP untuk spesifikasi diatas adalah Rp. 10.399.000. Bagus sih ini spesifikasinya untuk harga 10 jutaan. Ditambah kemampuan upgrade nya yang flexible. 

Varian lain dengan tambahan diskrit GPU NVIDIA MX550 juga ada dengan harga di Rp. 11 jutaan.

Untuk performa lebih lanjut, nanti akan kita review, benchmark, gaming test dan ketahui kelebihan kekurangannya.

Sumber foto: Acer, JagatReviewTV.

Posting Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Aspire 5 Slim (A514-55-537X), Bisa Upgrade RAM/SSD/HDD?"