Iklan Header

Servis HP: LCD Berkedip Berbayang VIVO Y81 Tanpa Ganti LCD

Halo elppaster, di artikel kali ini kita ada servisan HP dengan masalah LCD flicker atau berkedip, membuat efek seperti berbayang. 

Asumsi kebanyakan orang pasti akan menyalahkan pada LCD yang bermasalah atau terjadi kerusakan pada modul LCD. 

Tetapi di ternyata salah, karena setelah diganti LCD dengan yang baru pun memang pada awalnya normal, namun beberapa waktu kemudian muncul kedipan berbayang lagi. 

Kasus ini unik pada Vivo Y81. Kerusakan pada sebuah komponen sinyal dapat mempengaruhi LCD. Ini disebabkan karena jalur display itu sebagian besar berdekatan dengan area sinyal. Sehingga jika komponen sinyal bermasalah akan mempengaruhi ke display. 

Komponen tersebut adalah Osilator, adalah suatu rangkaian yang menghasilkan keluaran yang amplitudonya berubah-ubah secara periodik dengan waktu. Pada Vivi Y81 ini berfungsi untuk memperkuat sinyal. 

Oleh karena itu, kita coba ganti osilator dengan yang normal dengan cara kanibal dari mesin lain yang ada osilator nya seperti Oppo Neo 7. Atau ponsel lain yang memiliki osilator, biasanya terdapat di beberapa HP Oppo/Vivo jadul. Karena jarang yang jual komponen osilator nya saja, baik di toko sparepart offline maupun online. 

Setelah kita ganti, ternyata fix ya. LCD lama masih bisa dipakai dan tidak terjadi flicker lagi. 

Jadi ternyata kasus layar berkedip dan berbayang ternyata belum tentu terjadi kerusakan pada modul LCD. 

Bisa saja terjadi kerusakan pada komponen sinyal osilator. 

Walaupun memang kasus ini mungkin hanya terjadi pada smartphone tertentu saja seperti Vivo Y81 ini. Karena di HP ini jalur display bersamaan dengan jalur sinyal. 

Pada ponsel lain bisa jadi penyebabnya lain lagi. 

Semoga bisa menambah wawasan! 

Sumber inspirasi: Teknisi Ndeso. 

Posting Komentar untuk "Servis HP: LCD Berkedip Berbayang VIVO Y81 Tanpa Ganti LCD"