Iklan Header

Masalah iPhone X Logo Baterai, Tidak Bisa Ngisi Walau Di Cas Lama

Halo elppaster, seperti biasa sambil seruput kopi dan melepas lelah dimalam hari. Kali ini kita mau berbagi pengalaman, ada servisan iPhone X masuk dengan masalah enggak bisa ngecas. Jadi pas dicolok cas cuma muncul logo baterai low merah, di cas lama pun gak ngisi-ngisi.

Penyebab masalah seperti ini mungkin banyak penyebabnya dan berbagai macam solusinya. Tapi setidaknya tidak jauh-jauh dari jalur cas dan baterai.

Seperti biasa untuk mengetahui kondisi mesin di tahap awal kita cek jalur cas menggunakan smart USB apakah ada arus yang masuk dengan normal atau tidak.

Dan setelah kita cek ternyata arusnya normal. Saat dicolok ternyata ada arus sebesar 2.3A dan itu adalah normal.

Untuk pengecekan lebih lanjut, kita bongkar iPhone-nya. 

Alat bongkar iPhone banyak yang jual di Shopee mulai harga 20rb-an.

Cara bongkar iPhone X mulai dari melepaskan dua buah sekrup bawah dekat casan, sekrup P2 bintang 5 berukuran 0.8mm.

Lalu panaskan pinggiran LCD (jika belum pernah dibongkar sebelumnya) karena modul LCD rapat menggunakan lem.

Angkat LCD dengan dengan suction cup dan congkel pinggirannya dengan opening tool. Hati-hati ada beberapa kabel flexible! Detailnya lihat di Youtube banyak.

Setelah dibongkar ternyata..

Ada 2 buah baut yang hilang, malah yang satu ring bautnya juga sudah tidak ada. Dan setelah kita buka pun di bagian dalamnya juga ada solasi..

Otomatis kita curiga kemungkinan konektor baterai longgar atau kurang kuat, sehingga arus keluar pasokan daya ke mesin dan arus masuk pengisian cas baterai bisa kurang stabil. Selain itu juga jika konektor tidak pas jalur ID baterai sebagai jalur informasi pengisian baterai bisa saja tidak berfungsi sehingga pengisian baterai normal tapi status dianggap sedang tidak ngecas, makanya muncul logo low bat padahal sebenarnya sedang ngecas.

Setelah kita cabut dan pasang kembali dengan kuat, lalu kita tempel solasi baru, dan kencangkan kembali penutup/plat konektor dan menambah sebuah baut yang hilang. Banyak yang jual baut di Shopee.

iPhone X normal kembali..

Jadi kesimpulannya penyebab iPhone X stuck di logo baterai dan tidak bisa ngisi walaupun di cas lama, di kasus kita ini adalah konektor baterai yang tidak terkoneksi secara sempurna.

Dulu pernah juga kejadian solderan baterai retak sehingga arus tidak stabil dan menyebabkan masalah seperti ini.

Penyebab lain bisa juga baterai terlalu habis dan masuk mode sleep sehingga harus disuntik dulu dengan power supply atau dengan battery activator atau ganti baterai.

Ok, itu sedikit berbagi pengalaman saja. Penyebab lain mungkin ada juga yang mengakibatkan stuck di logo baterai low merah.

Sumber foto: Teknisi Ndeso.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Masalah iPhone X Logo Baterai, Tidak Bisa Ngisi Walau Di Cas Lama"