Cara Mengatasi Tangkapan Sinyal WiFi Lemah di HP Android

Hallo Elppaster, di artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman seputar masalah HP (smartphone). Xiaomi Redmi 7A saya sinyal WiFi nya lemah, kurang kuat. 

Jadi kalau jarak HP dari Akses Poin WiFi agak jauh, lebih dari 3 meter biasanya sinyal WiFi lemah atau bahkan tidak tertangkap, padahal HP lain masih bisa nangkap sinyal di jarak 4-5 meter.

Terus pas main game Mobile Legends juga ping nya sering merah walaupun HP sudah didekatkan dengan perangkat WiFi (sekitar 1-3 meter), auto lag kalau main MLBB.

Ingat ya sinyal lemah (kadang ada kadang tidak/harus dekat hotspot baru ada) beda dengan tidak bisa tangkap sinyal WiFi sama sekali.

Singkatnya langsung saya bongkar Xiaomi Redmi 7A saya, lalu saya cek mesinnya, dan ternyata ada konektor sinyal yang copot..

Jadi di mesin itu biasanya ada konektor untuk menghubungkan modul sinyal WiFi ke casing belakang agar tangkapan sinyal dari antena yang tertanam di casing bisa ditangkap lebih banyak oleh modul sinyal WiFi di mesin.

Ya kalau di TV itu ibaratnya ada antena luar yang nyambung ke mesin TV, kalau di HP Android biasanya antena terluarnya itu di casing belakang.

Jadi saya lihat di casing belakang Redmi 7A itu ada pin konektor, lalu saya cocokan dengan pin di mesin, dan ternyata ada satu pin di mesin yang hilang.. Kalau di casing itu ada 2 pin, tapi di mesin cuma ada 1, jadi fix ini masalahnya..

Setelah diagnosa masalah selesai, langsung saya eksekusi dengan memasang pin konektor yang hilang tersebut. Part saya ambil dari mesin lain yang sudah rusak, karena jarang ada yang jual online part tersebut, ga tau kalau di toko sparepart HP offline.

Setelah saya tambahkan pin yang hilang, langsung fix sinyal WiFi tertangkap dengan normal lagi.

Intinya si pin konektor yang dari mesin semuanya harus konek ke pin casing. Selain pin copot juga kadang pin konektor sudah tenggelam sehingga perlu dijengatkan lagi dengan menggunakan pinset. Selain itu pin di casing juga kadang karatan sehingga tidak konek. Trik lain bisa juga konektor di casing di solder agar lebih tebal seperti ini..

Namun perlu diingat, ini hanya penyebab masalah tangkapan sinyal WiFi lemah, bukan tidak ada sinyal sama sekali. 

Jika sinyal WiFi sama sekali tidak terdeteksi maka kemungkinan masalah hardware, seperti IC RF/WTR, jalur, atau masalah software. 

Sedangkan untuk masalah external ya biasanya terhalang tembok, pake casing berbahan metal, masalah perangkat WiFi, dan lain sebagainya.

Setidaknya semoga menambah wawasan!

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Tangkapan Sinyal WiFi Lemah di HP Android"