Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Samsung Galaxy M23 M33 M53 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini

Pemecahan masalah hp tidak mau nyala


Ada dua alasan umum mengapa Samsung Galaxy M series (M23, M33, M53) Anda tidak mau hidup. Salah satunya adalah kemungkinan pada hardware yang bermasalah yang mengakibatkan kegagalan sistem melakukan boting atau dihidupkan kembali. Ini biasanya terjadi ketika perangkat rusak secara fisik setelah jatuh atau ketika terkena air atau cairan. Alasan lainnya adalah bug software.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan baik secara software maupun secara hardware.

Solusi 1, Galaxy M23 tidak mau nyala: Lakukan soft/force reset


Hal berikutnya yang patut coba Anda lakukan adalah melakukan soft reset. Ini seperti mencabut baterai dan memasangk kembali yang mungkin dapat menyingkirkan bug juga.


Untuk melakukannya, cukup tekan dan tahan tombol Daya dan Volume (-) selama sekitar 10-15 detik. Setelah ponsel merestart, lepaskan tombol. Ini biasanya efektif dalam membersihkan bug yang berkembang ketika suatu sistem dibiarkan berjalan selama beberapa waktu.

Kami menyarankan Anda me-restart M23 Anda menggunakan metode ini setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi kemungkinan bug.

Untuk beberapa Galaxy M23, mungkin ada cara yang sedikit berbeda untuk sampai pada metode yang sama. Begini caranya:
  1. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Turun selama sekitar 10 detik atau hingga siklus daya perangkat. Biarkan beberapa detik hingga layar Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  2. Dari layar Maintenance Boot Mode, pilih Boot Normal. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menelusuri opsi yang tersedia dan tombol kiri bawah (di bawah tombol volume) untuk memilih. Tunggu beberapa saat hingga reset selesai.


Solusi 2: Galaxy M23 tidak bisa nyala, coba cas dulu


Isi daya ponsel Anda. Ini adalah hal kedua yang bisa Anda lakukan dalam kasus ini. Banyak Android dengan masalah ini biasanya akibat ponsel yang mungkin kehabisan baterai. Untuk memeriksa apakah itu masalahnya, yang harus Anda lakukan adalah membiarkan ponsel mengisi daya untuk beberapa waktu.

Dalam panduan ini, kami sarankan Anda mengisi daya setidaknya selama 30 menit. Pastikan Anda tidak mengganggu sesi pengisian daya dengan menghidupkan kembali ponsel. Jika perangkat Anda berhasil dihidupkan setelah itu, pastikan untuk juga mengkalibrasi ulang Sistem Operasi dan baterai dengan langkah-langkah ini:
  1. Kuras baterai sepenuhnya. Ini berarti menggunakan perangkat Anda hingga mati dengan sendirinya sampai tingkat baterai 0%.
  2. Isi daya telepon hingga mencapai 100%. Pastikan untuk menggunakan peralatan pengisian daya asli untuk perangkat Anda dan biarkan baterai terisi penuh. Jangan mencabut perangkat Anda selama setidaknya dua jam lagi dan juga jangan menggunakannya saat mengisi daya.
  3. Setelah waktu yang berlalu, cabut perangkat Anda.
  4. Nyalakan ulang perangkat.

Jika Anda memiliki alat Charger Doctor, coba diagnosa dengan alat tersebut untuk melihat arus yang masuk. Jika Ampere yang masuk kurang dari 0.4A maka kemungkinan terjadi masalah hardware seperti IC Power atau IC Cas.


    Solusi 3, Galaxy M23 tidak nyala tapi ada getar dan suara: Cek layar


    Alasan lain yang memungkinkan mengapa ponsel Anda dapat mati saat ini adalah layar yang rusak. Jika telepon masih bergetar, atau masih ada suara suara notifikasi, maka mungkin ada masalah dengan layar.

    Ini biasanya terjadi ketika perangkat jatuh dan layar hancur. Pada dasarnya, apa yang terjadi adalah layar rusak tetapi motherboard masih bekerja dengan normal. Namun, karena layar adalah pintu gerbang ke sistem, itu perlu diperbaiki terlebih dahulu agar Anda dapat terus menggunakan perangkat Anda.

    Jika layar tidak menyala sama sekali, Anda harus mengirim ponsel ke Samsung agar dapat diperbaiki terlebih dahulu. Jika mesinnya masih bagus, maka telepon Anda akan berfungsi normal setelah mengganti LCD.

    Solusi 4: Galaxy M23 tidak mau nyala, Periksa perangkat keras yang rusak


    Salah satu alasan paling umum mengapa perangkat elektronik atau telepon gagal dinyalakan adalah perangkat keras yang rusak. Apakah Galaxy M23 Anda terjatuh atau terbentur sesuatu yang sehingga mengakibatkan itu mati dan tidak mau nyala? Jika jawabannya adalah ya, maka Anda mungkin mengalami kerusakan fisik.

    Jika ada kerusakan parah pada motherboard saat ini, hanya ada dua opsi untuk Anda: Anda harus memperbaikinya atau menggantinya.

    Jika kerusakan perangkat keras berasal dari paparan air atau cairan. Coba cara klasik, yaitu jangan coba menghidupkan ponsel, dan rendam dalam beras 2-3 hari untuk mengeringkan. Lalu coba nyalakan.

    Namun, jika ada indikasi yang jelas bahwa perangkat tersebut mengalami kerusakan perangkat keras. Anda harus segera menghubungi Samsung Service Center agar mereka dapat memeriksa telepon dan memberi tahu Anda masalahnya.

    Kerusakan pada mianboard bisa banyak hal, termauk IC Power, eMMC/UFS, Chipset, shorts, dll.

    Solusi 5, Galaxy M23 tidak bisa hidup: Dapatkan bantuan dari Samsung


    Sebagaimana dibahas secara singkat di atas, panduan ini dimaksudkan untuk membantu pengguna Galaxy M23 yang mengalami kesulitan menyalakan perangkat mereka karena masalah yang terkait dengan perangkat lunak.

    Jika tidak ada saran di atas yang berhasil sejauh ini, Anda dapat mengasumsikan bahwa penyebabnya bukan pada software. Mungkin ada kesalahan perangkat keras yang tidak dikenal yang mencegah ponsel untuk memulai.

    Kunjungi Samsung Service Center di sekitar Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjut pada ponsel Anda.

    Posting Komentar untuk "Samsung Galaxy M23 M33 M53 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini"